Makanan Bernutrisi untuk Burung Jalak Putih

Jalak putih sejak lama dikenal sebagai salah satu primadona burung jalak. Warna bulunya yang putih serta suaranya yang gacor menjadikan burung cantik ini kian diburu oleh para pencinta burung. Namun sayangnya, perawatan yang kurang tepat terkadang membuat burung yang cukup aktif ini menjadi lebih pendiam dan jarang berkicau.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan agar jalak putih lebih sehat dan aktif adalah melalui pemberian makanan bernutrisi. Berikut beberapa menu yang bisa Anda berikan agar jalak putih Anda semakin lincah dan gacor.

1. Voer

Source - ajikukilo
Source – ajikukilo

Di habitat aslinya, jalak putih memang hanya mengonsumsi makanan langsung dari alam. Namun mengingat semakin berkurangnya jumlah makanan di alam, Anda bisa memperoleh nutrisi makanan penggantinya dengan lebih mudah melalui pemberian voer.

Voer untuk burung mengandung cukup banyak nutrisi, seperti karbohidrat, protein, vitamin, mineral, dan lemak, untuk memenuhi kebutuhan energi hariannya. Untuk memilih voer yang tepat, Anda bisa memperhatikan informasi yang tertera pada kemasan. Voer yang berkualitas tidak mengandung bahan-bahan berbahaya, seperti pengawet dan pewarna, serta selalu menyertakan informasi kandungan gizi.

2. Buah-buahan

Source- pixabay
Source- pixabay

Aneka jenis buah segar memang baik untuk kesehatan. Tidak hanya untuk manusia, tetapi juga untuk jenis burung kicauan, seperti jalak putih. Buah segar mengandung cukup banyak vitamin yang berguna bagi metabolisme tubuh jalak putih agar tidak mudah sakit sehingga bisa selalu aktif berkicau. Beberapa jenis buah yang bisa Anda berikan antara lain: pepaya, pisang, apel, dan pir.

3. Telur Rangrang (Kroto)

Source- infoagribisnis
Source- infoagribisnis

Jika Anda mendengar kicauan yang begitu nyaring dari lomba kicau burung, bisa jadi rahasianya ada pada pemberian menu makanan ini. Kroto memang sudah dikenal oleh para pencinta burung sebagai menu andalan yang mampu menjadikan para burung semakin gacor. Kandungan protein yang cukup tinggi pada kroto dapat membuat jalak putih semakin berstamina sehingga menjadikannya lebih aktif dan mampu berkicau dengan volume suara yang lebih keras.

Pemberian kroto sebagai menu makanan jalak putih sebaiknya dilakukan dengan takaran yang tidak berlebihan. Sebab, jika diberikan terlalu banyak, burung akan kekenyangan dan malas berkicau. Di samping itu, pastikan juga bahwa kroto yang Anda berikan masih dalam kondisi yang segar. Kroto yang sudah basi dapat berbahaya bagi kesehatan jalak putih.

4. Jangkrik

Source - pixabay
Source – pixabay

Salah satu menu makanan yang cukup populer untuk jalak putih adalah jangkrik. Mengandung protein, lemak, dan asam amino yang cukup tinggi, jangkrik kerap digunakan sebagai nutrisi yang berguna untuk meningkatkan kemampuan berkicau, menjadikan jalak putih lebih bertenaga, serta tidak mudah lelah.

Jangkrik sebagai makanan burung, kini juga sudah banyak tersedia dengan bentuk bubuk dalam kemasan. Namun jika ingin menggunakan jangkrik segar, Anda perlu membuang kaki dan kepalanya terlebih dahulu. Jika tertelan, kaki jangkrik dapat merusak pita suara jalak putih. Hal ini tentu akan mengganggu kemampuan berkicaunya. Sementara itu, kepala jangkrik juga tidak diperlukan karena kandungan gizi terbesarnya hanya terdapat pada bagian tubuhnya saja.

5. Ulat Hong Kong

Source - emblog-emblogan
Source – emblog-emblogan

Ulat hong kong memiliki kandungan lemak dan protein yang tinggi. Meskipun memiliki banyak manfaat, tidak sedikit pencinta jalak putih yang menghindari jenis makanan ini. Padahal, jika diberikan dalam jumlah yang tepat, ulat hong kong mampu memberikan energi ekstra agar burung bisa gacor lebih lama.

Pemberian ulat hong kong dalam jumlah yang besar bisa membuat jalak putih mengalami kegemukan. Jika dikonsumsi dalam kondisi hidup, ulat tersebut juga bisa berbahaya bagi pencernaan burung. Agar bisa dikonsumsi secara aman, terlebih dahulu Anda harus memastikan bahwa ulat tersebut sudah bersih dan mati. Caranya, rendam ulat ke dalam air panas sampai mati, lalu buang bagian kepalanya. Ulat hong kong yang bersih sudah siap menjadi menu makanan bergizi untuk jalak putih Anda.

Dengan pemilihan menu makanan yang sehat serta takaran yang tepat, jalak putih bisa semakin aktif dan lebih gacor. Selamat mencoba.

Tinggalkan Komentar