Tips Mudah dan Cepat Mengatasi Lovebird Mogok Makan

Dalam memelihara burung kicauan seperti halnya lovebird, anda perlu memperhatikan berbagai kondisi yang menyangkut dengan kebersihan, mengatasi lovebird mogok makan, melatih kicauan, kebutuhan pakannya, dll.

Sebab, kesemuanya itu akan berpengaruh pada tingkat stres serta kejinakan burung lovebird pada pemeliharanya.

Terlebih, lovebird merupakan jenis burung yang tidak hanya indah pada warna bulunya, akan tetapi juga mempunyai kemampuan untuk menirukan ucapan atau kata-kata dari pemiliknya.

Oleh sebab itu, lovebird banyak sekali dipelihara oleh orang-orang yang berasal dari berbagai macam negara, termasuk juga di Indonesia.

Mengatasi Lovebird Mogok Makan

Mengatasi Lovebird Mogok Makan
lovebirdcomunity.blogspot.com

Memelihara burung lovebird pastinya juga terkadang menjumpai berbagai macam permasalahan.

Diantaranya seperti hilangnya nafsu makan lovebird peliharaan anda. Lovebird yang mengalami permasalahan mogok makan sayur maupun pakan yang berupa buah-buahan yang menjadi makanan pokoknya pada umumnya terjadi karena ada sebab tertentu.

Lovebird peliharaan anda yang mengalami masalah mogok makan ini dapat terjadi karena tersedak pada saat menelan buah atau sayur yang menjadikannya trauma.

Bisa jadi burung ini tidak mengenal jenis buah atau sayur yang diberikan padanya, dan sejak kecil jarang diberikan pakan buah atau sayur.

Dengan demikian, anda harus melakukan berbagai macam tindakan supaya nafsu makan burung lovebird peliharaan anda yang sempat mogok bisa segera dihentikan.

Dengan demikian, kesehatan burung ini juga menjadi tidak terganggu. Oleh sebab itu, anda harus melakukan berbagai macam cara mengatasi lovebird mogok makan agar kembali sehat.

1. Berikan pakan buah-buahan dan juga sayuran yang sudah dinilai aman dikonsumsinya.

Anda harus mengetahui, jika tidak semua jenis buah-buahan yang biasa diberikan dan dikonsumsi oleh burung lovebird itu aman.

Sebab ada yang dampaknya dapat berakibat buruk pada kesehatan.

Salah satunya yaitu pakan berupa buah alpukat yang sangat tidak disarankan diberikan untuk diberikan kepada burung lovebird maupun jenis burung kicauan lainnya.

Oleh sebab itu, berikanlah pakan berupa buah-buahan dan juga sayuran yang memang aman dimakan. Diantaranya seperti pepaya, kangkung, jeruk, pisang, dan buah yang aman lainnya.

2. Bersihkan buah-buahan beserta sayuran yang akan dimakan burung lovebird

Makanan Lovebird
yashabirdfarm.blogspot.com

Kemudian, pakan lovebird yang berupa buah-buahan dan sayuran yang akan dimakan lovebird, sebaiknya terlebih dahulu harus dicuci bersih dengan air.

Bisa juga anda merendam jenis pakan tersebut sejenak dengan zat pembersih buah dan sayuran.

Pencucian buah-buahan dan sayuran itu tujuannya untuk menghilangkan bakteri ataupun zat kimia yang menempel. Dengan demikian, burung yang memakannya tidak akan terserang penyakit berbahaya.

3. Memotong buah-buahan dan sayuran yang bisa menarik perhatian burung

Mengatasi lovebird mogok makan bisa diatasi dengan cara memotong pakan agar lovebird tertarik memakan buah-buahan dan sayuran.

Maka, anda bisa memotongnya dengan ukuran kecil. Buah dan sayur yang dipotong dengan bentuk yang bervariasi seperti bentuk bola, persegi, maupun bentuk persegi panjang.

Sesudah pakan dipotong ,maka bisa dicampurkan bersama biji-bijian dalam sebuah wadah agar bisa diberikan kepada burung lovebird.

Anda juga bisa membuat lovebird tertarik untuk memakannya jika dilakukan dengan meletakkan makanan lovebird pada ujung jari sambil menyuapi langsung ke paruhnya.

Hal ini bertujuan supaya burung tidak merasa takut dan menganggap jika pakan yang disodorkan itu dinilai aman untuk dikonsumsi.

4. Menggantung buah atau sayur dengan tali

Langkah yang selanjutnya yang bisa dilakukan dengan supaya burung lovebird kembali memakan buah dan sayuran yaitu dengan menggantung buah atau sayur. Akan tetapi, terlebih dahulu buah atau sayur dipotong, lalu gantung memakai tali di tengah sangkar.

Mungkin cara ini bisa mengatasi lovebird mogok makan agar bisa kembali normal dan sehat seperti sebelumnya.

Tinggalkan Komentar