Ciri Khas Burung Kerak Ungu dan Kebiasaan Hidupnya

Burung kerak ungu adalah jenis burung kicauan yang mungkin sudah sering anda jumpai. Ciri khas burung kerak ungu yaitu warna tubuhnya memang tampak berwarna ungu kehitaman.

Sebenarnya burung kerak ungu lebih banyak dikenal dengan sebutan burung jalak nias. Kerak ungu (Acridotheres tristis) untuk daerah penyebarannya banyak terdapat di berbagai negara di Asia.

Namun, untuk burung kerak ungu ini bukanlah merupakan burung endemik asal Indonesia meskipun ada yang menyebutnya dengan nama burung jalak nias. Apabila di luar negeri, burung kerak ungu ini ada di Cina, Afganistan, India, serta di kawasan Asia Tenggara.

Burung Kerak Ungu
burungocehan.link

Tak hanya itu, penyebaran burung kerak ungu yang ada di berbagai negara seperti halnya di Indonesia ini disebabkan marakanya penjualan burung ini. Dan sengaja dilepaskan di alam liar, serta kemampuan adaptasinya yang dapat mengalahkan burung yang asli ada di daerah yang dijadikan sebagai tempat tinggalnya.

Ciri Khas Burung Kerak Ungu

Ciri khas burung kerak ungu ini yaitu bulunya didominasi oleh warna kecoklatan di bagian atas tubuh dan dadanya. Sedangkan untuk bagian atas kepalanya hingga pada bagian tenggorokan dan di bagian sayapnya memiliki warna kehitaman.

Kemudian, di bagian kaki serta pada bagian paruhnya dilapisi warna kekuningan. Selain itu, terdapat juga warna putih yang terlihat jelas pada bagian sayap saat terlihat saat dikepakkan.

Ciri Khas Burung Kerak Ungu
jenisburung.co

Untuk ciri khas burung kerak ungu yang lainnya yaitu terdapatnya kulit tanpa bulu yang melingkar di sekitar mata serta berwarna kekuningan. Ada juga ukurannya yang tergolong sedang atau tidak terlalu besar yang panjangnya kurang lebih sekitar 24 cm.

Habitat Burung Kerak Ungu

Sedangkan ketika kerak ungu sedang ada di alam liar, burung kerak ungu banyak berada di pinggiran hutan yang tak begitu jauh dengan pemukiman manusia. Selain itu untuk jenis burung jalak ini juga sering dijumpai di area terbuka yang langsung bersentuhan dengan manusia.

Misalnya saja berada di pertamanan kota, pekarangan rumah, dan juga di wilayah persawahan. Pada umumnya, burung kerak ungu hidup berkoloni yang menghinggapi pepohonan untuk bisa sekedar istirahat maupun untuk mereka berburu makanan.

Bahkan, burung kerak ungu ini juga dinilai mampu untuk beradaptasi dengan berbagai kondisi. Bahkan kerak ungu juga bisa hidup berbarengan dengan burung jalak lainnya seperti burung jalak suren dan jalak kerbau.

Makanan Burung Kerak Ungu

Pada umumnya, burung kerak ungu ini suka berburu makanan dengan kawanannya. Burung ini akan memakan apapun , sebab termasuk omnivora.

Sedangkan untuk jenis makanan yang biasanyapada umumnya disantap oleh burung kerak ungu diantaranya berupa buah-buahan, biji-bijian, serangga, nektar bunga, tikus, cacing, siput, sampai dengan laba-laba.

Dan ketika burung ini berburu makanan, burung ini kerap mencarinya di atas permukaan tanah dan dilakukan dengan sendiri-sendiri.

Karakter Burung Kerak Ungu

Burung kerak ungu termasuk jenis burung yang karakternya sulit atau lama sekali untuk menjinakkannya. Sebab, kerak ungu adalah jenis burung yang lincah dan sangat suka sekali berkicau. Dengan demikian, akan menjadikannya jarang menurut kepada pemiliknya. Namun, anda bisa melatihnya mulai dari trotolan.

Kicauan Burung Kerak Ungu

Burung kerak ungu memiliki keahlian untuk menirukan berbagai jenis suara kicauan dari burung lain bahkan juga bisa menirukan manusia. Selain itu, ciri khas burung kerak ungu jika dari segi suaranya yaitu memiliki ritme kicauannya memang bisa dikatakan agak cepat dan memiliki tempo yang lama.

Tinggalkan Komentar