Kenari Peliharaan Anda Berbulu Kusam? Berikut Ini Penyebabnya

Bulu kenari yang semula berwarna cerah bisa saja menjadi kusam. Ada dua faktor yang menyebabkannya. Ketahui dan lakukan tindakan perawatan untuk mengembalikan kemilau bulu kenari.

Bulu kenari memiliki warna-warna yang indah dan menarik, tergantung jenisnya. Ada kenari kuning, merah, hijau, biru, putih, dan yang memiliki warna-warna cerah lainnya. Hal itulah yang menjadi daya tarik kenari sehingga sering dipelihara para pencinta burung.

Sayangnya, kenari yang tadinya memiliki bulu indah, lama-lama dapat menjadi kusam. Hal tersebut dapat disebabkan oleh dua hal berikut ini.

1. Kurangnya Produksi Minyak

Source - flickr
Source – flickr

Bulu yang kusam dapat disebabkan oleh kurangnya produksi minyak pengilap bulu. Burung kenari memiliki benjolan kecil di bagian atas pangkal ekor. Jika ditekan, benjolan tersebut akan mengeluarkan cairan. Kenari akan mengoleskan cairan tersebut ke bulu-bulunya dengan bantuan paruh. Faktor usia menyebabkan berkurangnya produksi minyak pada kenari.

2. Kesalahan Saat Penjemuran

Source - flickr
Source – flickr

Jika Anda sering menjemur kenari terlalu lama, sebaiknya hentikan kebiasaan itu mulai sekarang. Sering kali beberapa orang menjemur kenari, lalu melakukan pekerjaan lain. Tidak jarang, mereka lupa memindahkannya ke tempat teduh, padahal sudah dijemur lebih dari 1 jam.

Selain itu, waktu jemur yang terlalu siang juga dapat menghilangkan lapisan lilin di setiap bulu. Padahal, lapisan tersebut berguna dalam melembapkan bulu kenari. Jemurlah kenari sekitar tidak lebih dari pukul 10.00 WIB. Lama menjemur maksimal satu jam.

Saat kenari basah kuyup, sebaiknya tidak langsung menjemurnya di bawah sinar matahari. Diamkan dahulu sampai tidak lagi air menetes dari bulu kenari. Jika Anda menjemur langsung kenari yang basah kuyup, warna bulu akan mudah kusam. Selain itu, bulu juga akan keriting. Keindahan warna kenari dengan bulu yang sehat tidak akan didapatkan.

Nah, jika bulu kenari telanjur kusam, jangan khawatir. Lakukan cara-cara berikut ini untuk merawatnya.

1.Beri Minyak Ikan

Cara memberikan minyak ikan adalah mencampurkannya pada makanan. Minyak ikan dapat Anda berikan sekali sehari. Cara ini juga dapat Anda lakukan untuk mencegah bulu kenari kusam di kemudian hari. Jadi, sekali waktu Anda dapat memberikan minyak ikan tanpa menunggu bulu kusam.

2. Beri Makan Sayuran Hijau

Source - pixabay
Source – pixabay

Sayuran hijau mengandung vitamin dan betakarotin yang sangat baik untuk menjaga kecerahan warna bulu. Selain itu, dengan mengonsumsi sayuran akan membuat bulu kenari mulus.

Contohnya sawi hijau. Selain untuk mengembalikan keindahan bulu, sawi hijau juga memiliki antioksidan yang menjaga kekebalan tubuh kenari. Sawi hijau dapat diberikan langsung pada kenari tanpa dicampurkan pada biji-bijian. Pasang pengait dari kawat pada kandang kenari, lalu petiklah satu lembar sawi secara utuh dan gantungkan di dalam kandangnya.

3. Mandikan dengan Tepat

Selain makanan, hal yang dapat Anda lakukan untuk merawat bulu kenari yang kusam adalah memandikan kenari dengan beberapa bahan campuran.

Anda dapat menambahkan 2 sendok makan cuka apel ke dalam air yang akan digunakan untuk memandikan kenari. Cuka apel dapat membersihkan kotoran yang menempel pada bulu. Selain itu, cuka apel akan mencegah kutu menempel pada bulu.

Air campuran jeruk nipis juga dapat membersihkan kotoran dan lemak yang menempel. Bulu kenari akan tampak bersinar dan sehat jika bersih tanpa kotoran. Cukup tambahkan 5 tetes jeruk nipis pada 1 liter air mandi.

Cara-cara di atas dapat Anda praktikkan untuk merawat bulu kenari. Selain kusam, persoalan lain seputar bulu biasanya adalah kerontokan. Akan tetapi, persoalan ini juga dapat diatasi dengan pola hidup dan makanan sehat.

Ternyata, tidak hanya pemiliknya saja yang harus menjalankan pola hidup sehat. Kenari pun juga harus dijaga dan dipantau gizi dan kesehatannya. Selain itu, pemberian makanan yang bergizi akan membuat kenari Anda dapat berkicau dengan merdu. Selamat memelihara kenari!

Tinggalkan Komentar