Mengetahui Obat Gurah Alami Burung Kicauan Yang Serak

Terkadang burung kicauan yang anda pelihara mengalami serak. Namun, hal tersebut dapat anda atasi dengan memberikan ramuan herbal supaya suara kicauan yang dikeluarkannya bening kembali. Ramuan herbal tak hanya bisa untuk mengobati suara serak pada burung. Namun juga diyakini bisa menjadikan stamina burung tetap prima.

Suara serak burung dapat disebabkan oleh banyak sekali faktor, salah satunya yaitu dengan terjadinya infeksi pada tenggorokan yang diakibatkan karena kaki jangkrik yang termakan atau adanya dahak.

klanggenan.com

Obat gurah alami burung kicauan bisa berupa ramuan herbal yang terbuat dari bahan-bahan alami yang ada disekitar kita. Dengan demikian bisa menjadi sangat aman untuk burung yang sedang serak. Ramuan herbal juga sudah banyak dijual di toko burung. Namun, apabila anda semua ingin membuatnya sendiri dirumah, anda juga bisa melakukannya dengan mudah.

Obat Gurah Alami Burung

Burung yang mengalami tenggorokan serak pastinya kicauannya bisa menjadi tidak keras, tidak nyaring, tidak jelas alunan suaranya. Bahka juga dapat dikatakan jika kicauannya menjadi jelek. Ini semua pastinya bisa mengurangi tampila burung kicauan anda. Terlebih lagi jika burung tersebut akan diikut sertakan dalam lomba.

Dan hal yang seperti ini pastinya bisa menjadikan bingung serta harus segera dicarikan solusinya. Suara serak juga dapat menyerang burung kicau apa saja. Misalnya saja seperti Murai batu, tledekan, kenari dan khususnya untuk burung Kacer. Dan pada umumnya, suara serak pada burung kacer atau burung kicau lain ini terjadi disebabkan oleh beberapa faktor.

Sedangkan untuk cara mengobati suara serak pada burung kacer dan juga burung kicau lainnya sebenarnya dapat anda lakukan dengan beberapa cara sederhana. Yang mana bisa disesuaikan dengan penyebab awal mulanya suara serak tersebut terjadi. Obat gurah alami burung bisa dilakukan berdasarkan faktor penyebabnya.

Akibat Salah Pakan

Penyebab pertama burung kicauan yang serak yaitu dengan pemberian pakan yang salah atau tidak tepat. Dan hal tersebut biasanya terjadi akibat pemberian kroto yang sudah basi. Karena dalam kroto yang sudah basi dan sudah tidak baik untuk dikonsumsi burung.

Biasanya di dalamnya terdapat mikroba yang begitu membahayakan kesehatan burung. Termasuk juga pada masalah suara serak pada burung. Solusi yang dapat kita lakukan yaitu dengan memberikan kroto yang benar-benar masih segar dan juga terjaga kualitasnya. Selain itu, burung kicauan yang mengalami gangguan suara serak bisa disebabkan pemberian voer yang sudah apek, atau sudah rusak kualitasnya. Dengan demikian, anda dapat menggantinya dengan voer yang baru ditambah dengan kroto dengan kombinasi dengan cara seimbang.

Akibat Gangguan Saluran Pernafasan

omkicau.com

Burung yang memiliki suara akibat gangguan atau infeksi saluran pernapasan. Dalam hal infeksi saluran pernapasan, ini dapat dipengaruhi akibat kebersihan sangkar maupun kandang yang menjadi penyebab utamanya.

Dengan adanya kotoran yang menumpuk, maka dapat mengakibatkan banyak jamur dan parasit yang terdapat pada sekitar sangkarnya tersebut. Selain itu juga bisa disebabkan karena sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan sebelumnya.

Yang harus anda ketahui juga, jika pada umumnya jenis infkesi saluran pernapasan pada burung didominasi oleh dua macam. Diantaranya berupa infeksi tungau kantung udara dan juga Psittacosis.

Sedangkan untuk untuk solusinya yang harus dilakukan, pastikan kebersihan sangkar atau kandang, kerodong, dan juga tempat pakan dan minum harus selalu bersih higienis. Sedangkan untuk obat gurah alami burung kicauan ini bisa dilakukan dengan cara menyemprot atau mencuci sangkar, kerodong, tangkringan serta wadah pakan dan juga minumnya.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar