Kenari Impor atau Cukup Lokal Saja?

Anda bingung memilih kenari impor atau lokal? Ketahui dulu jenis-jenis kenari lokal dan kenari impor, serta pertimbangkan dari segi bujet dan tujuan pemeliharaan.

Bagi orang yang mengerti kenari, biasanya lebih memilih kenari impor. Sebut saja kenari yorkshire, holland, roller, atau border.  Kenari tersebut memiliki bentuk yang lebih menawan, warna yang indah, serta suara yang merdu. Namun, memilih untuk apa dulu? Dipelihara atau diternak?

Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Kenari impor biasanya lebih mahal daripada lokal, meskipun di satu sisi dapat mendatangkan keuntungan berlipat ganda jika diternakkan. Bagi Anda yang memiliki uang pas-pasan, tetapi ingin memelihara kenari, jenis lokal dapat menjadi pilihan.

Kenari lokal juga terdiri dari beberapa jenis sebagaimana varian impor. Biasanya kenari ini diberi nama berdasarkan warnanya.

1. Kenari Merah

Source - tokopedia
Source – tokopedia

Kenari ini sebetulnya berwarna oranye. Akan tetapi, orang-orang telanjur menyebutnya merah. Seluruh tubuhnya memiliki satu warna saja. Dengan warna yang mencolok tersebut, jenis ini termasuk yang digemari. Agar warnanya tetap bagus, kenari ini biasanya diberi makan wortel di sela-sela makanan utamanya.

2. Kenari Kuning

Source - pixabay
Source – pixabay

Kuning merupakan warna umum dari semua jenis kenari. Meskipun bernama kenari kuning, tubuh kenari ini juga dihiasi warna putih. Warna kuning pada kenari dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu kuning polos, kuning melanin, dan kuning lipochrome.

Kuning polos tentu saja seluruh tubuh kenari berwarna kuning. Kuning melanin merupakan warna dasar kuning, tetapi bulunya berwarna cokelat dan berpigmen hitam. Kuning lipochrome merupakan warna cokelat dan hitam yang dihilangkan, sedangkan yang tersisa adalah kuning. Oleh karena itu, cokelat dan hitam pada kuning lipochrome terlihat samar.

3. Kenari Putih

Source - youtube
Source – youtube

Kenari putih ini tergolong jarang ditemui. Warna putih pada kenari ini dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu putih dominan, putif resesif, dan putih silver. Pigmen cokelat dan hitam pada kenari dihilangkan sehingga berwarna putih dengan campuran cokelat dan hitam yang tipis, disebut putih resesif. Putih silver berupa paduan putih, cokelat, dan hitam.

4. Kenari Panda

Source - youtube
Source – youtube

Kenari panda merupakan kombinasi putih dan hitam. Bagian kepala sampai setengah badan dan ujung sayap biasanya hitam kecokelatan, serta lainnya berwarna putih. Bentuk ini cukup menarik sehingga digemari.

Selain keempat warna kenari lokal di atas, terdapat pula kenari sunkist dengan warna oranye, kenari biru, kenari hijau, dan kenari isabel (kenari dengan warna gelap). Jadi, kenari dapat dibedakan menjadi polos dan campuran—atau dikenal dengan bon.

Ada pula kenari lokal jenis filial atau biasa diberi inisial F. Kenari jenis ini merupakan hasil kawin silang antara kenari yorkshire dan lokal. F1 merupakan persilangan yorkshire jantan dan betina lokal. F2 adalah persilangan yorkshire jantan dengan F1, sedangkan persilangan antara yorkshire jantan dengan F2 menghasilkan F3.

Selanjutnya adalah  jenis AF dan AFS. AF merupakan persilangan F1 dengan lokal betina. AFS adalah persilangan kenari F1 dengan F1. Ada pula kenari loper atau lokal super, yaitu persilangan antara kenari AF dengan kenari lokal.

Ada satu hal lagi yang membedakan antara kenari lokal dengan impor, yaitu ketahanan tubuh. Kenari impor biasanya adalah tipe fighter ‘petarung’ yang memiliki stamina kuat. Sebaliknya, kenari lokal tidak memiliki tenaga sekuat itu.

Hal demikian tidak menjadi persoalan serius. Anda dapat memberikan biji-bijian berkualitas agar kenari tercukupi gizinya. Selain itu, Anda dapat menambahkan suplemen berupa vitamin untuk menjaga stamina kenari. Sekarang ini justru kenari lokal yang sering dilombakan sehingga lebih banyak yang memeliharanya.

Nah, Anda bingung untuk memilih memelihara kenari impor atau lokal? Tentukan dulu bujet Anda. Selain itu, pikirkan lagi tujuan Anda memeliharanya. Apakah untuk dilombakan secara profesional, atau untuk hiasan saja?

Jika sebagai hiasan dan pengobat kepenatan, kenari lokal cukup menghibur. Dengan hasil kawin silang dengan kenari impor, kicauannya pun tidak kalah merdu. Apalagi, jenis ini memiliki pilihan warna segar dan menarik. Silakan memilih kenari kesukaan Anda!

Tinggalkan Komentar