Manfaat Pakan Perkutut untuk Lovebird yang Harus Anda Tahu

Tahukah anda jika beberapa dari jenis pakan burung perkutut ternyata bermanfaat bagi burung lovebird. Bahkan manfaat pakan perkutut untuk lovebird juga banyak sekali. Sebab, kedua jenis burung ini sama-sama merupakan jenis burung pemakan biji-bijian.

burungnya.com

Lovebird merupakan burung yang memiliki ukuran tubuh kecil, antara 13 sampai dengan 17 cm dengan berat 40 sampai dengan 60 gram. Lovebird ini juga merupakan jenis burung yang bersifat sosial. Saat ini sudah banyak sekali orang yang memelihara lovebird untuk dijadikan sebagai burung peliharaan di rumah dan juga dijadikan sebagai burung lomba.

Manfaat Pakan Perkutut untuk Lovebird

Nah, untuk menjaga nutrisi pada lovebird, anda bisa memberikan jenis makanan untuk burung perkutut. Berikut ini adalah manfaat pakan perkutut untuk lovebird yang harus anda ketahui.

1. Millet untuk Perbaikan Suara

Untuk jenis pakan perkutut yang bisa anda berikan pada Lovebird pertama ini adalah millet. Di dalam biji milet memiliki banyak khasiat yang bagus untuk burung berbulu indah ini. Jika anda merupakan pecinta burung yang sudah lama, pastinya bisa mengenal makanan jenis ini. Sebab, millet merupakan sejenis biji-bijian yang memiliki warna putih serta kekuning-kuningan.

Jenis makanan ini pas sekali untuk burung lovebird yang bermanfaat untuk menjadikan burung lovebird gampang dalam mengeluarkan kicauannya. Akan tetapi, apabila anda memberikan millet dalam jumlah berlebih juga bisa menjadikan lovebird malah malas untuk berkicau. Sehingga bisa dikatakan jika, manfaat pakan perkutut untuk jenis millet untuk lovebird ini yaitu sebagai perbaikan suara.

2. Jemawut untuk Proses Pertumbuhan

Jenis makanan perkutut berikutnya yang memiliki manfaat banyak untuk lovebird yaitu jemawut. Memang para pemula mungkin belum begitu mengenalnya. Jemawut ini merupakan satu makanan utama untuk burung perkutut. Yang mana juga termasuk ke dalam jenis biji-bijian yang mirip seperti milet. Akan tetapi terdapat sedikit perbedaan dari millet. Sebab, untuk warna jewawut ini yaitu orange.

suksesperawatan.blogspot.com

Di dalam biji jemawut ini kaya akan protein yang dinilai sangat tinggi. Dengan demikian, jenis makanan ini sering di rekomendasikan untuk lovebird juga. Manfaat pakan perkutut untuk lovebird ini yaitu sebagai proses pertumbuhan supaya bisa lebih cepat.

3. Ketan Hitam untuk Menghangatkan

Ketan hitam juga termasuk pakan perkutut yang dapat di rekomendasikan untuk lovebird dan banyak manfaatnya. Ketan hitam ternyata bisa membantu burung lovebird untuk menghangatkan tubuhnya. Dengan demikian, dinilai bagus sekali di berikan pada cuaca yang dingin. Bisa juga diberikan pada saat sedang dalam kondisi yang kurang sehat.

4. Kacang Hijau untuk Pembentukan Kecerdasan

Makanan utama perkutut yang bisa diberikan lovebird selanjutnya adalah kacang hijau. Kacang hijau ini bisa anda berikan pada Lovebird secara rutin. Manfaat kacang hijau untuk lovebird dapat membantu burung menjadi tumbuh dengan cepat.

Tak hanya itu aja, manfaat kacang hijau yang lainnya diantaranya yaitu sebagai pembentuk otak makin cerdas. Dengan demikian, burung bisa menjadi lebih pandai. Pemberian kacang hijau ini juga dapat dengan cara di loloh secara langsung. Mengenai aturan perendamannya antara waktu 6 sampai dengan 8 jam. Tunggu kacang hijau benar-benar berkembang serta empuk.

5. Beras Merah untuk Perkembangan Reproduksi

Makanan yang lainnya yaitu beras merah. Di dalam beras merah ini ada beberapa yang bermanfaat bagi lovebird. Beras merah sangat baik untuk perkembangan bagi lovebird. Kandungan zat yang ada pada beras merah diantaranya berupa vitamin E. Yang mana bisa bermanfaat untuk membantu perkembangan reproduksi burung.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar