Katuranggan Burung Perkutut dari Bentuk Tubuhnya

Burung perkutut adalah jenis burung yang banyak dipelihara oleh banyak orang di kalangan masyarakat.

Sudah diketahui juga jika burung perkutut merupakan satu dari ribuan jenis burung yang juga dikenal mempunyai potensi dan kemampuan suara yang cukup merdu.

Kicauan burung perkutut yang kita pelihara di rumah mungkin akan menjadikan kita selalu ingin terus merawat dan menjaganya.

Katuranggan Burung Perkutut
xcult-xcult.blogspot.com

Apabila memelihara burung perkutut, sebaiknya anda tau tentang katuranggan burung perkutut, yaitu pada bentuk badannya.

Kata katuranggan sebenarnya asalnya dari bahasa Jawa yang terdiri dari kata “Katur” yang artinya menyampaikan.

Sedangkan untuk kata “Angga” diartikan sebagai badan. Sehingga katuranggan diartikan sebagai pengetahuan yang harus dimiliki oleh pemelihara burung.

Yaitu mengenai bentuk-bentuk badan dari burung perkutut peliharaannya. Diantaranya seperti pengetahuan bentuk badan, paruh, kepala maupun pada bagian ekor dari burung tersebut.

Bisa juga ketika anda hendak membeli seekor burung perkutut, anda dapat memperhatikan katuranggan burung perkutut tersebut.

Anda juga harus tau apakah burung yang akan kita beli sempurna atau tidak. Jika kita semua mengetahui katuranggan dari burung yang ingin atau sedang kita pelihara, pastinya ada manfaatnya.

Katuranggan Burung Perkutut

Untuk anda semua yang ingin membeli atau mungkin yang telah memelihara burung perkutut, anda bisa melihat katuranggan burung perkutut ini dari segi bentuknya.

Untuk bagian pertama yang sebaiknya kita perhatikan yaitu pada bentuk dari kepala atau paruh burung perkutut.

Sebab burung perkutut mempunyai bentuk kepala dan bentuk paruh yang bervariasi.

Burung Perkutut
Burungnya.com

Dengan melihat bentuk kepala serta bentuk paruh burung, anda dapat menyimpulkan karakter suara seperti apa yang dikuasai oleh burung yang anda pelihara.

Berikut beberapa katuranggan bentuk kepala burung perkutut yang dapat anda pelajari.

Kepala Perkutut Bulat

Kepala burung perkutut yang bentuknya bulat seperti halmnya mata uang, pada umumnya jenis burung ini diperkirakan memiliki kemampuan suara yang cukup bagus.

Bahkan burung ini akan terus berkembang hingga umurnya 24 tahun. Apabila telah sudah melebihi dari angka umur tersebut, pastinya kualitas suaranya lama kelamaan akan menurun.

Kepala Perkutut Ngepel

Katuranggan burung perkutut jika dilihat dari bentuk kepala perkutut yang menyerupai buah burahol atau biasa dinamakan perkutut ngepel.

Burung perkutut yang seperti ini merupakan jenis perkutut terbaik dari jenis perkutut lainnya.

Ciri-ciri burung ini pada umumnya mempunyai bentuk badan yang memiliki ekor runcing. Kemudian untuk suara yang dihasilkannya juga terdengar cukup jelas dan juga bersih.

Kepala Perkutut Lonjong

Kepala perkutut yang memiliki bentuk lonjong seperti halnya buah jambe termasuk jenis burung perkutut terbaik yang dapat dikatakan wajib anda miliki.

Sebab untuk jenis burung seperti ini memiliki suara merdu yang dapat bertahan sampai tua.

Kepala Perkutut Seperti Biji Nangka

Jika anda merupakan penggemar burung perkutut, maka perkutut yang bentuk kepalanya menyerupai biji nangka harus anda miliki.

Sebab, untuk burung perkutut ini diperkirakan memiliki kemerduan suara yang cukup bagus.

Bahkan juga dapat bertahan hingga usianya tua seperti burung perkutut yang bentuk kepalanya lonjong seperti halnya buah jambe.

Bentuk Paruh Burung Perkutut

Katuranggan burung perkutut jika dilihat dari bagian paruhnya. Yaitu burung perkutut yang mempunyai bentuk paruh seperti pelepah pisang, bentuk badan yang seperti buah kelapa muda dan ekor yang pendek meruncing.

Jenis yang seperti ini bisa diperkirakan burung jenis seperti ini termasuk kategori cukup baik jika Anda pelihara di rumah.

Katuranggan burung perkutut yang memiliki bentuk paruh seperti butiran padi, bentuk badan seperti buah nangka dan ekor panjang. Kemudian yang pada bagian belakang agak tumpul ini merupakan kategori perkutut yang cukup baik.

Tinggalkan Komentar