Manfaat Kacang Hijau Untuk Lovebird Sebagai Makanan Tambahan

Burung lovebird termasuk salah satu jenis burung kicauan yang sekarang ini sudah banyak dikenal dan juga banyak dipelihara di masyarakat. Hal ini disebabkan karena bentuk keindahan bulu dan kicauannya yang merdu dan terdengar sangat khas dengan gaya ngekeknya. Untuk bisa memperoleh bulu dan juga suara kicauan yang optimal, maka sebaiknya proses perawatan burung tersebut harus dilakukan dengan baik dan benar.

arenahewan.com

Dari beberapa proses perawatan yang ada, pemilihan jenis makanan ataupun ramuan sangat dibutuhkan dengan berbagai manfaat yang disesuaikan dengan kebutuhan burung tersebut. Salah satu diantaranya yaitu kacang hijau. Manfaat kacang hijau untuk lovebird ternyata juga sangat baik.

Manfaat Kacang Hijau Untuk Lovebird

Berikut ini beberapa manfaat kacang hijau untuk burung lovebird yang bisa diperhatikan pada pemilik burung dalam penjelasan dibawah ini.

1. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Bagi Lovebird

Manfaat kacang hijau untuk lovebird yang bisa anda ketahui yaitu untuk membantu dalam memenuhi kebutuhan nutrisi untuk burung tersebut. Kandungan yang ada di dalam kacang hijau yang cukup banyak. Dengan demikian, bisa menjadikan kebutuhan nutrisi bagi burung selalu terpenuhi. Dengan demikian, kesehatan serta proses di dalam tubuh selalu terjaga pada kondisi yang normal.

Beberapa kandungan nutrisi penting yang terdapat pada kacang hijau antara lain seperti potasium, fosfor , mangan , kalsium , magnesium , zat besi , zinc , selenium. Selain itu juga ada beberapa jenis vitamin, protein, asam amino, dan lain sebagainya.

2. Meningkatkan Kinerja Metabolisme Tubuh

Di dalam kacang hijau ini terdapat kandungan asam folat dan B1. Dimana kandungan tersebut bisa memberikan manfaat di dalam membantu meningkatkan kinerja metabolisme ataupun organ tubuh lovebird. Tujuannya supaya bisa berjalan dengan normal.

Keadaan metabolisme yang terjaga dengan baik ini bisa membuat burung lovebird dapat hidup secara normal. Selain itu juga tidak mudah mengalami berbagai macam kondisi permasalahan pada kesehatannya.

Metabolisme yang bisa berkerja dengan baik ini juga bisa membantu untuk menjaga pemenuhan kebutuhan senyawa yang penting untuk aktivitas tubuh dari burung tersebut.

3. Membantu Pembentukan Sel Otot dan Menguatkannya

Manfaat lain yang bisa anda dapatkan pada saat burung lovebird diberi pakan kacang hijau yaitu dapat membantu pembentukan sel sel otat serta bisa menjaganya supaya tetap kuat. Manfaat tersebut didapatkan sebab adanya banyak kandungan asam amiino serta protein yang penting untuk proses pembentukan sel sel otot yang ada pada burung lovebird.

go-dok.com

Otot yang masih terbentuk baru dan selalu terjaga kondisinya bisa untuk membantu meningkatkan penampilan maupun suara kicauan yang akan dihasilkan oleh burung lovebird tersebut. Sehingga, lovebird bisa memiliki kicauan yang ngekek.

4. Mencegah Terjadinya Masalah Kesehatan pada Burung

Manfaat kacang hijau untuk lovebird pada saat mengkonsumsinya secara teratur yaitu dalam mencegah terjadinya berbagai macam permasalahn kesehatan. Khusunya yang ada kaitannya dengan sistem pencernaan.

Karena, kandungan serat yang tinggi dalam kacang hijau ini bisa membantu menghindarkan burung dari masalah sembelit maupun diare. Dimana penyakit ini sering terjadi pada burung lovebird.

5. Mempercepat Pemulihan

Tak hanya itu saja, konsumsi kacang hijau pada burung lovebird juga bisa bermanfaat untuk mempercepat proses pemulihan yang terjadi pada tubuh burung. Yang mana biasanya diakibatkan karena adanya cedera maupun permasalah kesehatan.

Manfaat itu didapatkan sebab kacang hijau mempunyai kandungan protein, vitamin, serat, mineral, yang sangat baik serta diperlukan tubuh burung lovebird sedang dalam masa pemulihan akibat cedera atau sedang sakit tertentu.

Tinggalkan Komentar