Cara Mudah Membedakan Jenis Kelamin Anakan Sogok Ontong

Salah satu jenis burung yang bertubuh mungil yang banyak dijumpai di sekitar pekarangan maupun kebun yaitu burung madu. Burung madu adalah salah satu burung kicauan yang makanan utamanya berupa madu atau nektar yang terdapat di dalam tumbuhan maupun bunga-bunga.

Salah satu burung madu yang mudah anda jumpai yaitu burung Sogok Ontong. Burung Sogok Ontong ini memiliki ciri khas berupa warnanya yang kuning kehijauan. Makanan tamanya memang madu atau nektar yang mudah di dapatkannya di habitat sekitarnya. Untuk anda yang ingin memelihara burung ini saat anakan, anda harus bisa membedakan jenis kelamin anakan Sogok Ontong.

Cara Membedakan Jenis Kelamin Anakan Sogok Ontong

Untuk membedakan jenis kelamin anakan burung Sogok Ontong pastinya juga sangat mudah. Ini disebabkan karena ciri jantan dan betina sangat mudah untuk dikenali. Burung Sogok Ontong jantan ini ditandai dengan adanya bintik metalik yang berwarna hitam di bawah dagu burung. Kemudian, untuk burung Sogok Ontong yang betina tidak ada bintik apapun dan terlihat berwarna kuning polos.

pengicau.net

Untuk burung Sogok Ontong yang masih anakan atau yang belum keluar metaliknya, mungkin dinilai sangat susah. Terlebih lagi untuk anda semua yang masih awam pada burung yang juga disebut madu sriganti ini.

Karena, baik jantan maupun betina ini belum menunjukkan perbedaan apapun. Untuk hal ini, apabila berpatokan pada tanda di atas, pada bagian dagu burung masih sama-sama kuning polos atau belum ada metaliknya.

Akan tetapi apabila anda amati, perbedaan jenis kelamin anakan Sogok Ontong ini sebenarnya sudah bisa anda kenali dengan mudahnya. Burung Sogok Ontong yang berjenis kelamin jantan memiliki beberapa ciri yang sangat menonjol. Dengan demikian, akan bisa mempermudah anda semua di dalam menentukan jenis kelamin burung Sogok Ontong.

Ciri Burung Sogok Ontong Jantan dan Betina

memelihara.com

Sebenarnya, untuk perbedaan jenis kelamin Sogok Ontong jantan dan betinya ini memiliki ciri fisik yang sangat samar. Dengan demikian apabila dilihat sepintas saja akan nyaris tidak akan terlihat sama saja. Akan tetapi, apabila anda amati dengan saksama, maka akan terlihat beberapa perbedaan yang mencolok antara Sogok Ontong jantan dan yang berjenis kelamin betina.

Sogok Ontong Jantan

Untuk burung Madu Sriganti atau burung Sogok Ontong yang berjenis kelmin jantan ini mempunyai beberapa ciri, diantaranya sebagaimana berikut.

  • Alis berwarna kuning memanjang
  • Ekor sering mekar
  • Warna ekor yang ada di bagian atas hitam mengkilat
  • Warna bagian dada kuning tua cerah

Sogok Ontong Betina

Sedangkan untuk ciri Sogok Ontong yang berjenis kelamin betina ini mempunyai beberapa perbedaan dari Sogok Ontong jantan, seperti halnya berikut ini.

  • Pada bagian alis berwarna kuning pendek dan memutih
  • Ekor juga terlihat sering menyatu
  • Warna ekor bagian atas ngedof
  • Warna dada kuning pudar

Seperti itulah ciri dan cara membedakan jenis kelamin anakan Sogok Ontong jantan dan betina. Ciri fisik ini sebaiknya benar-benar anda pahami dengan benar. Tujuannya tak lain agar bisa memperolah hasil yang lebih akurat.

Kemudian, untuk hasil yang lebih akurat lagi, sebaiknya anda jangan hanya mengamati Sogok Ontong dari luar sangkar. Sebaiknya anda semua melihatnya dengan menangkap serta memegang Sogok Ontong ini.

Selanjutnya anda semua bisa amati bagian kepala Sogok Ontong dengan baik. Untuk cara yang seperi ini bisa lebih memungkinkan anda semua dapat lebih detail dalam mengamati Sogok Ontong.

Tinggalkan Komentar