Ciri Kenari Wortel Dengan Warna Merah dan Cara Perawatannya

Burung kenari adalah salah satu jenis burung yang banyak digemari oleh para pecinta burung kicauan yang ada di berbagai macam wilayah di dunia. Hal ini disebabkan oleh suara kicauannya yang terdengar merdu dan bervariasi. Akan tetapi, ada juga yang memiliki daya tarik dari bulu. Misalnya saja seperti kenari wortel dengan warna merah. Ciri kenari wortel ini memang cantik sekali.

Kenari merah juga banyak disebut dengan nama kenari wortel oleh sebagian besar orang. Burung ini merupakan salah satu jenis burung kenari yang populer mempunyai bulu indah dan begitu banyak disukai di pasaran.

Hal ini pastinya disebabkan karena burung ini memiliki corak warna yang begitu jelas. Kemudia merahnya juga tampak cerah dan sangat menawan . Tak hanya itu saja, suara kicau yang dihasilkan pun juga cukup memuaskan saat didengarkan oleh para kicau mania.

Namun, sayang sekali saat ini nampaknya para kicau mania sedang khawatir isu tentang kecurangan para penjual kenari. Karena mereka memalsukan warna merah yang ada pada bulu kenari wortel ini. Hal ini menjadikan para peternak merasa bingung dan sulit membedakan mana kenari merah yang asli atau yang buatan.

melbournecanary.org

Tak hanya itu saja, ada juga isu kecurangan adanya penambahan bahan kimia yang bahaya yang dicampur di makanan kenari wortel ini. Tujuannya tak lain supaya bulunya berwarna merah. Keadaan yang seperti ini memang sangatlah disayangkan.

Maka dari itulah, pada kesempatan kali ini, akan diulas mengenai bagaimana cara membedakan warna merah asli dan juga warna buatan pada perawatan kenari wortel. Selain itu juga akan diulas mengenai ciri kenari wortel yang bisa anda ketahui.

Ciri Kenari Wortel Dengan Warna Merah

Karena harga burung kenari warna merah di pasaran yang terus mengalami kenaikan, maka ada penjual yang berlaku curang dengan cara memalsukan warna pada burung kenari. Mereka melakukan penipuan jenis burung ini dengan memproduksi burung kenari merah yang hanya abal-abal.

Dengan menggunakan bahan-bahan kimia yang harganya murah, mereka akan meracik dan mencampurkannya pada makanan supaya bulu burung kenari tersebut dapat berwarna merah. Ada juga yang memalsukan dengan cara menyemprotkan dan memandikan kenari secara berulang-ulang menggunakan cairan merah yang pekat.

Memang akan terasa sulit untuk pembeli maupun peternak yang hendak menangkarnya. Sebab, kecurangan yang seperti ini dilakukan pada waktu kenari tersebut akan mabung. Dengan begitu, warna merah kenari yang palsu akan sulit sekali untuk dikenali.

Akan tetapi, guna mencegah penipuan itu ada tips yang bisa dilakukan untuk mengecek atau meneliti ciri burung kenari wortel atau kenari merah sebelum anda memutuskan untuk membelinya.

Lihat Bagian Paruhnya

Untuk cara yang pertama ketahui ciri kenari wortel di bagian paruh, kaki dan juga pada bagian batang bulu kenari tersebut. Jika warna merah yang terlihat itu terlalu tajam serta tampak luntur dapat dipastikan kenari wortel itu palsu.

Periksa Ring Di Bagian Kaki

Periksa juga ring yang ada di bagian kakinya. Kenari merah yang asli pada umumnya akan dijual dengan memiliki identitas yang jelas. Misalnya saja seperti menggunakan ring atau bahkan juga dilengkapi dengan sertifikat. Dengan begitu, hasil persilangan dari burung kenari merah itu bisa langsung dideteksi dengan identitas itu.

Tunggu Saat Kenari Mabung

Apabila anda semuanya mau untuk bersabar, anda bisa mengecek pada saat burung kenari itu mabung. Aka tetapi langkah yang seperti ini membutuhkan waktu yang cukup walaupun hasilnya bisa dipastikan.

Cabut Sebagian Bulunya

Anda semua juga dapat melihat ciri kenari wortel warna merah yang asli atau palsu denga cara mencabut bulu dada burung kenari peliharaan anda, namun cabutlah beberapa helai saja. Sesudah itu, dalam waktu 2 sampai dengan 3 minggu anda semua bisa menyaksikan warna bulu asli yang baru saja tumbuh dari burung kenari tersebut.

Akan tetapi, pastikanlah selama 7 hari pertama sesudah pencabutan, burung kenari tidak diberi makanan yang diberikan tambahan berupa obat pewarna.

Cara Perawatan Kenari Merah Yang Benar

Dengan terus naiknya harga jual burung kenari warna merah, ternyata masih ada cara yang benar supaya bisa memperoleh burung kenari wortel warna merah super. Jika anda semua benar-benar mengerti tentang persilangan burung kenari merah, maka ciri burung kenari wortel warna merah ini bisa dikenali dengan baik.

Namun, apabila anda semuaya kesulitan di dalam memahaminya, anda semuanya dapat menggunakan cara lain. Yakni harus bergantung pada alam. Jadi, berbagai macam hal yang kita butuhkan juga telah disediakan di alam ini.

Berilah Pakan dari Alam

Pada saat anda semuanya mencoba beternak burung kenari merah maka anda semuanya bisa menggunakan hasil alam. Yang pastinya juga terdapat kandungan banyak beta carotene untuk dijadikan sebagai zat perangsang pigmen merah yang ada pada bulu burung kenari wortel.

themarthablog.com

Perlu anda ketahui, jika beta carotene tersebut banyak terkandung pada makanan berupa buah dan juga beraneka sayuran. Diantaranya seperti pada paprika merah, tomat, berbagai macam jenis ubi-ubian, brokoli dan juga ada di wortel.

Pemberian beragam buah dan juga sayuran tersebut bisa diolah sedemikian rupa. Da setelah itu bisa langsung dicampurkan di dalam makanan burung kenari merah yang anda pelihara tersebut.

Untuk perawatan burung kenari merah ini bisa dilakukan dengan cara memberikan asupan makanan yang di dalamnya terdapat kandumgan beta carotene yang tinggi. Ini baik sekali untuk burung kenari merah peliharaan anda.

Cara Pemberian Pakan Bahan Kimia

Akan tetapi, apabila anda semuanya ingin menggunakan bahan kimia, walaupun sebenarnya ini kurang dianjurkan, anda semuanya bisa mencampurnya dengan canthaxanthin di dalam makanan burung kenari tersebut.

Untuk pemakaian zat kimia ini pada umumnya juga dipakai oleh para peternak yang ada di inggris untuk dimanfaatkan sebagai pakan ternak unggas yang ada disana. Cara yang bisa anda lakukan yaitu dengan mencampurkannya pada makanan maupun pada minuman burung kenari. Terlebih lagi pada saat burung kenari wortel merah anda sedang dalam keadaan mabung.

Semua itu bisa anda lakukan berlanjut sampai masa mabung dari burung kenari merah selesai. Tujuannya tak lain agar warna merah yang diperoleh bisa terus dipertahankan. Akan tetapi, bagaimana pun juga perawatan dari burung kenari merah yang baik dan benar yaitu menggunakan makanan kenari merah dari bahan yang alami.

Dengan begitu, target para peternak burung kenari untuk bisa menghasilkan warna merah yang merah asli dan kondisinya sehat bisa terwujud tanpa tertipu adanya trik yang abal-abal. Maka, ketahuilah ciri kenari wortel yang asli dan akurat, agar anda tidak tertipu saat membelinya di pasaran.

Jika anda bisa memilih kenari merah yang asli, hal yang harus anda lakukan yaitu merawatnya dengan sebaik mungkin. Jika bisa, anda bisa menernakkannya agar bisa menghasilkan burung kenari merah yang berkualitas terbaik.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar