Cara Mengatasi Burung Anis Merah Ngedrop Paling Tepat

Ketika burung anis merah peliharaan anda tampak ngedrop, tentu saja anda harus segera mencari tahu tentang cara mengatasi burung anis merah ngedrop agar bisa kembali sehat dan berkicau.

Burung anis merah ini sebagai burung kicauan yang banyk disukai oleh orang-orang.

Sebab, burung ini memiliki keahlian dalam berkicau yang sangat rajin dan gayanya pada saat berkicau yang terlihat seperti sedang teler.

Demgan keunggulan yang dimilikinya itu, burung anis merah kerap menjadi jawara saat diikutkan dalam kontes burung di berbagai wilayah.

Namun, kelemahannya yaitu pada saat anis merah mengalami ngedrop pada mental dan fisiknya. Jika sudah begitu, anis merah menjadi malas berkicau dan tidak aktif dalam bergerak.

Ciri-Ciri Burung Anis Merah Ngedrop

Ciri-Ciri Burung Anis Merah Ngedrop
jitunews.com

Sebenarnya kondisi ngedrop yang dialami oleh burung anis merah ini juga sering terjadi pada jenis burung kicauan yang lainnya.

Pada umumnya, ciri burung anis merah yang sedang ngedrop baik itu pada mental ataupun fisiknya terlihat dari kicauan yang mulai jarang berbunyi.

Selain itu juga terlihat merasa takut saat dekat dengan lawannya, lebih memilih diam di tenggeran, lalu matanya berubah dan tampak sayu.

Selanjutnya, bulu-bulunya terlihat mengembang disertai dengan sayap yang merenggang.

Cara Mengatasi Burung Anis Merah Ngedrop

Cara Mengatasi Burung Anis Merah Ngedrop
peliharaburung.com

Jika burung anis merah yang akan dilombakan sudah ngedrop pastinya akan berpengaruh buruk pada penampilannya ketika bertanding.

Dengan demikian, anda harus mengembalikan semangat supaya burung anis merah tetap bisa berkicau merdu dan juga lantang.

Sedangkan untuk cara mengatasi burung anis merah ngedrop bisa anda lakukan dengan cara seperti berikut.

Memberikan Pakan Ekstra Fooding yang Variatif

Cara mengatasi burung anis merah ngedrop bisa dengan memberikannya pakan EF yang bervariasi. Antara lain seperti jangkrik, kroto, dan juga cacing.

Makanan tambahan yang bisa diberikan pastinya menghasilkan pengaruh baik bagi perbaikan mental atau fisiknya yang akan lebih bersemangat dalam mengeluarkan kicauannya.

Makanan tambahan yang diberikan dengan cara berseling setiap harinya atau waktu pemberiannya tidak bersamaan.

Contohnya, pada pagi dan sore hari burung anis ini bisa diberikan pakan jangkrik beberapa ekor dan tiap dua kali dalam seminggu diselingi dengan memberikan kroto.

Sama halnya dengan pemberian cacing yang dianjurkan supaya pemberiannya hanya dilakukan seminggu sekali.

Selanjutnya, pemberian ini dilakukan agar gizi yang diperlukannya terpenuhi dan membuatnya tidak mudah bosan ketika makan beragam jenis pakan.

Pengerodongan Anis Merah

Kelelahan yang menimpa fisik burung anis merah memang menjadi salah satu faktor yang menyebabkan burung anis merah ini ngedrop.

Maka dari itu, supaya stamina serta mentalnya kembali pulih dapat dengan rajin mengkerodongnya.

Pengerodongan untuk burung anis merah yang ngedrop waktunya bisa ditambah durasinya supaya bisa lebih banyak beristirahat.

Selain itu, waktu mengkerodong bisa dimulai saat burung anis merah setelah dilakukan penjemuran di pagi hari.

Kemudian, pada saat sore saat burung selesai dimandikan dan juga diangin-anginkan maka anda dapat mengkerodongnya kembali sampai dengan saat pagi lagi.

Menambah Waktu Penjemuran

Cara mengatasi burung anis merah ngedrop agar bisa kembali pulih yaitu dapat dengan memperhatikan durasi penjemurannya.

Jika, pada umumnya burung dijemur selama setengah sampai satu jam setiap harinya , maka untuk anis merah yang ngedrop bisa ditambahkan waktunya sekitar satu hingga satu setengah jam.

Cara mengatasi burung anis merah ngedrop demgan memperlama penjemuran ini tujuannya supaya mentalnya secara perlahan kembali kuat dengan sedikit lebih lama bisa memperoleh sinar matahari.

Tinggalkan Komentar