Cara Mengatasi Burung Ciblek Terlanjur Over Birahi Paling Cepat

Burung ciblek terlanjur over birahi sebenarnya bukan termasuk suatu masalah besar yang bisa untuk mengancam kesehatan dan jiwanya.

Namun, ternyata juga ada dampak serius yang akan menyerang burung ciblek anda. Diantaranya hilang konsentrasi dalam berkicau dengan cara mengeluarkan suara seperti memanggil lawan jenisnya.

Kemudian, jika anda amati pasti tingkah lakunya akan berubah menjadi lebih agresif.

Jadi, burung ciblek peliharaan anda akan mudah sekali marah ketika melihat burung pejantan lain yang ada di depannya.

Yang pasti, burung ciblek yang sedang over birahi itu selanjutnya akan menabrakkan dirinya pada jeruji sangkar, sehingga tubuhnya akan terluka.

Jika sudah begini, maka burung ciblek tidak akan bisa tampil maksimal pada saat bertanding nnantinya.

Ciri Burung Ciblek Over Birahi

Burung Ciblek Terlanjur Over Birahi
nl.wikipedia.org

Burung ciiblek terlanjur over birahi biasanya disebabkan oleh pemberian pakan serangga yang memiliki kandungan protein yang terlalu berlebihan.

Ciri burung ciblek over birahi ini tak hanya memengaruhi kicauannya, namun juga membuatnya kerap bermain dengan makanannya sebelum disantap.

Burung ini juga akan mudah mencabuti bulu-bulunya sendiri tanpa terkendali. Mengenai hal tersebut, anda harus bisa menjaga kondisinya supaya bisa tetap stabil.

Mengatasi Burung Ciblek Terlanjur Over Birahi

Dalam mengatasinya, anda perlu diambil tindakan supaya tingkat birahinya dapat normal kembali dan mendorongnya kembali berkicau sepertipada umumnya.

Karena, dampak terburuk yang dialami burung ciblek yang over birahi ini dapat menurunkan performa kicauannya menjadi enggan berkicau, bahkan akan menjadi macet bunyi.

Untuk penanganannya anda bisa melakukan bernagai hal seperti berikut ini;

Pengaturan Pola Pakannya

Mengatasi Burung Ciblek Terlanjur Over Birahi
jitunews.com

Burung ciblek terlanjur over birahi bisa dinormalkan kembali dengan cara mengatur pemberian pakannya.

Dianjurkan anda bisa kurangi pemberian porsi pakan yang terdapat kandungan protein tinggi yang diperoleh dari serangga seperti jangkrik, kroto, serta ulat hongkong.

Jika pada umumnya ciblek diberi sekitar 6 ekor jangkrik tiap hari, maka porsinya bisa anda kurangi menjadi 3 ekor saja tiap harinya hingga burung tersebut bisa menjadi normal kembali.

Bisa juga anda memberikan pakan serangga tersebut tidak diberikan tiap hari. Atau anda bisa menyelingi makanannya dengan menyediakan jenis pakan yang lain.

Tak hanya itu saja, supaya nutrisi burung ciblek bisa selalu terpenuhi, anda bisa menambahkan menu baru berupa sayuran yang memiliki fungsi untuk menormalkan kembali birahinya.

Sayuran yang punya peran di dalam menurunkan burung ciblek terlanjur birahi ini adalah mentimun.

Anada bisa memberikan buah mentimun pada ciblek dengan cara meletakkannya di sangkar dengan cara di gantungkan maupun diolah menjadi parutan dan jus.

Pengaturan Mandinya

Burung ciblek yang terlanjur over birahi dapat diatasi dengan menambah waktu mandinya.

Jika pada umumnya burung hanya dimandikan satu kali dalam sehari saja, maka bisa ditingkatkan menjadi dua kali pada saat waktu pagi serta sore hari.

Untuk pemandiannya, caranya memang beragam. Diantaranya mulai dengan menyemprot dengan menggunakan sprayer serta bisa juga memakai keramba mandi sendiri yang ditaruh pada sangkarnya.

Dengan frekuensi mandi yang ditambah, birahi pada burung ciblek bisa menjadi turun atau stabil.

Diletakkan Pada Sangkar Lawan Jenisnya

Jika pengaturan pola makan sudah anda terapkan dan pemambahan frekuensi pemandian juga sudah anda lakukan, namun belum membuahkan hasil.

Maka, anda bisa lakukan dengan memasukkannya ke dalam sangkar lawan jenisnya.

Cara ini dilakukan untuk mengatasi burung ciblek terlanjur over birahi. Dengan demikian dapat menurun jika sudah bertemu dengan lawan jenisnya secara langsung yang ada dalam satu sangkar.

Tinggalkan Komentar