Cara Mengatasi Burung Cucak Ijo Kegemukan yang Efektif

Cara mengatasi burung cucak ijo kegemukan harus dilakukan sesegera mungkin. Hal ini dikarenakan cucak ijo yang mengalami kegemukan akan membuatnya malas bunyi. Bagi anda yang memelihara cucak ijo untuk diperdengarkan suaranya tentu saja akan merasa dirugikan dari masalah kegemukan tersebut.

ocehan-kenari.blogspot.com

Supaya anda tak kecewa atau merasa dirugikan, pastikan anda mengatasi cucak ijo yang gemuk secara cepat dan tepat. Guna memudahkan penanganan tersebut, pastikan anda selalu memperhatikan cucak ijo yang anda piara. Amati setiap perubahan yang terlihat pada cucak ijo anda.

Cara Mengatasi Burung Cucak Ijo Kegemukan

Pada kesempatan kali ini, kami akan ajak anda untuk mengetahui apa saja cara mengatasi burung cucak ijo kegemukan. Pastikan anda menyimak ulasan yang kami bagikan sampai selesai agar burung tak menjadi malas bunyi.

Banyak Mandi

Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi cucak ijo gemuk ialah memberikan perawatan banyak mandi. Saat burung cucak ijo dimandikan sampai kondisinya basah kuyup, mulanya mungkin akan menggigil. Namun anda tak perlu khawatir.

Perasaan menggigil membuat burung lebih banyak bergerak agar bisa meningkatkan suhu tubuhnya. Pada umumnya, burung akan terlihat mengibas-ngibaskan bulunya. Dalam hal ini, anda bisa menjemur burung cucak ijo di bawah terik matahari. Lakukan penjemuran burung cucak ijo di pagi hari karena sinar matahari belum terlalu panas.

Memindahkan Ke Kandang Umbaran

Selain banyak mandi, burung juga bisa lebih banyak bergerak apabila anda memindahkannya ke kandang umbaran. Anda bisa memindahkannya dalam kurun waktu beberapa jam saja. Dengan burung lebih banyak bergerak, maka proses pembakaran lemak yang ada di dalam tubuhnya bisa berjalan secara baik. Seperti yang diketahui, tumpukan lemak menjadi salah satu penyebab obesitas.

Banyak Jemur

youtube.com

Banyak jemur termasuk salah satu cara mengatasi burung yang gemuk, termasuk cucak ijo. Dalam hal ini, ada dua alasan mengapa cara ini perlu untuk dilakukan. Alasan yang pertama ialah menjemur burung bisa membuatnya membakar lemak yang ada di dalam tubuhnya. Dengan berkurangnya lemak di dalam tubuh, burung bisa lebih cepat mengalami penurunan berat badan.

Selain itu, alasan yang kedua yaitu menjemur bisa membuat burung merasa lebih cepat haus. Dengan demikian, burung akan lebih memilih untuk minum dan tak banyak makan. Dikarenakan burung tidak banyak makan, maka berat tubuhnya tak akan bertambah. Kegemukan pun bisa teratasi secara baik.

Terapi Sauna

Burung yang gemuk juga bisa diatasi dengan menerapkan terapi sauna. Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu menjemur burung di bawah sinar matahari sampai berkeringat. Lakukan penjemuran burung dalam keadaan dikerodong.

Terapi ini memang terbilang ekstrim. Maka dari itu, pastikan anda tidak menerapkan terapi ini pada burung yang kondisinya kurang fit. Jika dipaksakan, maka akan berbahaya bagi kesehatan. Selama burung menjalankan terapi sauna, anda harus selalu memantaunya.

Pastikan anda menghentikan sauna apabila burung sudah terlihat lemas. Kondisi burung yang mangap-mangap juga menjadi pertanda bahwa terapi ini sudah harus dihentikan. Anda bisa mengulangi terapi sauna ini di keesokan harinya.

Pembedahan

Cara mengatasi burung cucak ijo kegemukan yang satu ini bisa dilakukan apabila terdapat lipoma atau benjolan lemak besar yang ada di bagian perut atau pangkal ekor. Pembedahan dilakukan untuk mengeluarkan lemak tersebut dari dalam tubuhnya. Cara ini hanya bisa dilakukan oleh ahlinya. Maka dari itu, anda jangan coba-coba apabila ingin burung tetap selamat.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar