Cara Melindungi Bulu Burung Pleci Agar Tidak Kusam

Memelihara burung pleci tentunya tidak hanya memperhatikan masalah kicauannya saja. Perawatan pleci juga harus diperhatikan bulunya. Sebab bulu juga berperan penting bagi burung pleci.

Hal yang paling jelas tampak dari fungsi bulu pada burung pleci yaitu dapat melindunginya dari sengatan matahari.

Bisa juga untuk menjaga suhu tubuhnya supaya tidak merasa kedinginan. Tak hanya itu, bulu burung pleci juga bermanfaat untuk menarik perhatian lawan jenisnya.

Biasanya dilakukan dengan mengibas-ngibaskannya sambil menari dan juga sambil berkicau.

Jadi, dengan mempunyai bulu yang rapi dan berwarna indah menjadikan burung pleci dapat semakin percaya diri untuk berkicau dan bisa menantang lawan-lawannya.

Burung yang juga banyak dikenal dengan nama burung kacamata ini pada dasarnya mempunyai corak bulu yang warnanya terang atau cerah.

Kecerahan bulu pada burung pleci sebaiknya tetap dijaga supaya bulunya jangan sampai kusam maupun rusak.

Jika bulu burung pleci kusam dan rusak, maka bisa berdampak buruk pada dirinya. Dampak buruk yang akan terjadi jika bulu burung pleci semuanya memiliki warna yang cerah atau terang.

Sebab bisa berubah menjadi , dengan demikian hal itu bisa menurunkan semangatnya untuk berkicau.

Penyebab Bulu Kusam Pada Burung Pleci

Penyebab Bulu Kusam Pada Burung Pleci
ocehankenari.blogspot.com

Terjadinya perubahan warna bulu burung pleci yang menjadi kusam itu merupakan tanda bahwa burung itu sedang dalam keadaan tidak sehat.

Kemudian, dampak selanjutnya yaitu tidak hanya akan malas berkicau saja tapi bergerak lincah seperti biasanya bisa saja dilakukannya untuk sementara waktu.

Bulu burung pleci yang terlihat kusam pada dasarnya disebabkan oleh kesalahan perawatan yang dilakukan oleh pemeliharanya.

Dan untuk perawatan itu pun juga terdapat banyak sekali. Diantaranya bisa saja sering mengganti pakan voer dalam rentang yang berdekatan.

Bisa juga karena terlampau lama dijemur dalam waktu menjelang siang hari atau jarang memandikannya.

Atau burung pleci anda terlalu dibatasi untuk mengkonsumsi buah-buahan dan juga sayuran hijau.

Cara Melindungi Bulu Burung Pleci Agar Tidak Rusak

Cara Melindungi Bulu Burung Pleci Agar Tidak Rusak
burungnya.com

Cara melindungi bulu burung pleci agar tidak mengalami kerusakan ataupun menjadi kusam, sebaiknya anda perlu melakukan langkah-langkah pencegahan seperti berikut. Sedangkan untuk langkah-langkah pencegahan tersebut ialah sebagai berikut:

Rutin Memberikan Buah-buahan

Cara melindungi bulu burung pleci bisa anda lakukan dengan memberikan buah-buahan dan sayuran untuk dijadikan sebagai pakan wajib bagi burung pleci.

Pemberian buah-buahan serta sayuran bermanfaat sekali untuk menjaga warna bulu burung supaya tidak kusam. Selain itu bisa juga bisa memperkuat bulu-bulunya agar tidak mudah rontok.

Tidak Terlalu Sering Mengganti Voer

Sebaiknya anda tidak terlalu sering untuk melakukan penggantian voernya. Voer yang pada umumnya diberikan pada burung pleci biasanya mempunyai perbedaan dengan jenis voer lainnya.

Enta itu dari segi merk, warna, dan bentuk. Perbedaan itu pastinya tidak sama kandungan gizi dan bahan dasar yang dipakai untuk membuat voer.

Dengan demikian, pada saat burung pleci telah diberikan, maka satu jenis voer tertentu usahakan jangan menggantinya dalam waktuyang berdekatan.

Penjemuran Burung Pleci

Cara melindungi bulu burung pleci selanjutnya yaitu jangan menjemur burung ini dengan berlebihan.

Jemurlah saat pagi hari sekitar jam 07.00 hingga pukul 10.00 pagi dalam jangka waktu 30 menit saja.

Jika dijemur terlalu lama maka bisa menghilangkan zat minyak yang terdapat pada bulu burung yang memiliki fungsi untuk pelindung bagi bulunya.

Rajin Memandikan

Perlindungan bulu burung pleci bisa dilakukan dengan rajin melakukan pemandian pada pagi ataupun sore hari dan dilakukan setiap hari.

Dengan rutin dimandikan, maka burung pleci bulunya bisa segar dan terhindar dari nberbagai macam kotoran.

Tinggalkan Komentar