Cara Mengatasi Cucak Jenggot Galak Karena Over Birahi

Burung ucak jenggot termasuk jenis burung kicauan yang memiliki suara beset yangterdengar kasar dan juga rapat. Sehingga burung ini dapat dimasukkan dalam jenis burung masteran untuk jenis burung lomba.

Cucak jenggot ini suara kicauannya juga cocok di jadikan masteran burung kicau seperti pada burung cendet, lovebird, kacer, murai batu dan lain lain.

Untuk cucak jenggot yang bisa rajin bunyi biasanya malah cucak jenggot yang berkelamin betina, akan tetapi untuk burung cucak jenggot yang berkelamin jantan jika dirawat denganbaik pasti bisa gacor.

Cucak Jenggot Over Birahi
Cucak Jenggot Over Birahi

Jika melakukan perawatan yang benar dan konsisten pasti akan sangat berpengaruh pada semua jenis burung kicauan. Saat memelihara cucak jenggot pastinya sering yang menjumpai berbagai macam permasalahan, seperti cucak jenggot jadi galak.

Cara Mengatasi Cucak Jenggot Galak

Cucak jenggot terkadang menjadi galak dan sering mematuki tangan pemilik / pemeliharanya ketika akan mengganti pakan dan air minum. Perubahan perilaku seperti ini pada umumnya disebabkan birahi burung yang tinggi.

Apabila dibiarkan, hal ini pasti akan mengganggu tampilannya. Cucak jenggot memang termasuk jenis burung yang gampang over birahi. Keadaan seperti itu disebabkan karena pola rawatan yang kurang tepat, khususnya dalam masalah pakan.

Pada beberapa kejadian, cucak jenggot betina yang banyak dilombakan atau dijadikan masteran pada umumnya akan bertelur ketika mengalami over birahi.

Cara Mengatasi Cucak Jenggot Galak
Cara Mengatasi Cucak Jenggot Galak

Perilakunya yang lain yang berubah yaitu burung selalu mencabuti bulu-bulunya dan sering seruduk ketika dilombakan. Setelah itu burung akan berubah menjadi galak.

Di dalam cara mengatasi cucak jenggot galak, maka perawatan yang tepat sebaiknya anda diterapkan untuk meredam perilaku dan keadaan birahi cucak jenggot peliharaan anda.

1. Pengembunan

Cara mengatasi cucak jenggot galak bisa dilakukan dengan mengembunkannya dengan rutin saat pagi hari, atau sebelum matahari terbit. Dengan melakukan pengembunan maka birahinya jadi lebih stabil dan juga bisa membantu meningkatkan stamina burung.

2. Pemandian

Jika pada umumnya burung dimandikan satu kali dalam sehari, untuk mengatasi cucak jenggot galak bisa dimandikan lebih sering lagi. Bisa 2-3 kali sehari saat pagi, siang, dan sore atau saat malam hari.

3. Kurangi Penjemuran

Saat masih dalam masa terapi, burung cucak jenggot lebih baik tidak dijemur dulu. Apabila anda akan menjemur untuk mengeringkan bulu setelah mandi, anda bisa lakukan pada durasi yang pendek, atau cukup dianginkan pada tempat yang teduh.

4. Pemberian Full Buah

Tak hanya mandi dan jemur saja, pemberian pakan sebaiknya juga terus diperhatikan. Selama terapi pemulihan, pemberian pakan berupa voer bisa anda kurangi.

Bisa terus anda berikan buah-buahan yang bervariasi, misalnya pepaya, pir, buah naga, atau jenis buah lainnya yang banyak mengandung air.

5. Kurangi Makanan Tambahan

Buah-buahan adalah makanan pokok cucak jenggot saat masa terapi. Pemberian pakan tambahan berupa serangga dapat anda kurangi porsinya. Khususnya jangkrik dan ulat hongkong.

6. Pengumbaran

Cara mengatasi cucak jenggot galak karena over birahi juga bisa dilakukan dengan menempatkan cucak jenggot dalam kandang umbaran. Sebab bisa untuk menjaga kondisi fisiknya dan juga bisa mengurangi birahi burung.

7. Jauhkan Dari Burung Lain / Sejenis

Di dalam mempercepat proses pemulihan, maka burung cucak jenggot sebaiknya jangan diperlihatkan dulu dengan burung sejenis atau burung kicauan lain yang telah gacor.

Lakukan cara tersebut dengan sabar dan teratur agar burung cucak jenggot peliharaan anda bisa menjadi normal kembali dan bisa anda jadikan sebagai burung masteran.

Tinggalkan Komentar