Tips Perawatan Burung Macaw Yang Baik dan Benar

Jenis burung kicauan berparuh bengkok saat ini banyak dipelihara. Jenisnya pun juga bermacam macam. Salah satunya adalah burung macaw.

Burung macaw adalah jenis burung Paruh Bengkok yang memiliki badan dengan ukuran yang besar. Spesies Macaw ini ada juga yang memiliki nama lain Blue and Gold Macaw (BnG).

Tips Perawatan Burung Macaw yang Benar
Tips Perawatan Burung Macaw yang Benar

Jenis burung ini memiliki habitat dan juga berkembangbiak di hutan yang berada di hutan tropis Amerika Selatan, Peru, Brazil, Varzea, Trinidad, Venezuela selatan, olivia, serta di Paraguay, Panama.

Burung macaw juga memiliki perilaku yang sangat unik dan juga memiliki tingkat intelegensi yang cukup tinggi. Oleh sebab itu burung ini sering diikutsertakan pada acara sirkus dan memamerkan kepandainya.

Meskipun burung ini kesannya liar di habitatnya, namun burung macaw ini juga merupakan burung yang gampang jinak dan mudah beradaptasi pada lingkungan dengan situasi yang bermacam macam.

Tips Perawatan Burung Macaw yang Benar

Bagi anda yang punya keinginan memelihara burung macaw, berikut ini tips perawatan burung macaw yang baik dan benar:

Kandang Burung Macaw

Kandang Burung Macaw
Kandang Burung Macaw

Pada saat burung macau maka kandang untuk macaw paling tidak memiliki lebar kurang lebih 1,5 meter. Kemudian untuk kandanganya tingginya 2 meter. Ini juga merupakan ukuran minimal kandang untuk burung macaw yang besar.

Anda bisa membuat kandang dari kawat halus atau juga besi. Dalam kandang burung macaw bisa dilengkapi dengan tangkringan dari batang kayu yang tidak bergetah.

Sebab jika tangkringannya terbuat dari kayu yang bergetah bisa meracuni burung tersebut jika sering mematuknya.

Pada bagian kakinya bisa dirantai, atau bulu sayapnya di potong sedikit agar dia tidak terbang jauh.

Dan apabila anda memelihara burung macaw lebih baik anda beri makan dalam waktu dua kali sehari yaitu pada saat pagi dan sore. Anda juga bisa memberikan air minum yang juga dalam keadaan baru setiap kali memberi makanan.

Kebersihan makanan dan minuman juga penting untuk anda perhatikan di dalam menjaga kesehatan burung peliharaan anda ini.

Mainan Untuk Burung Macaw

Untuk burung Macaw yang kita pelihara juga terkadang merasakan stress.

Maka dari itu untuk menjaga psikologis dan juga melatih keterampilannya dalam sehari hari burung Macaw perlu setidaknya 15 menit untuk kita latih dan juga untuk diajak bermain.

Ciri ciri burung Macaw yang mengalami stres dapat diamati dari perilaku burung tersebut.

Misalnya saja seperti susah makan, kerap teriak dengan suara keras dan bahkan burung Macaw bisa mencabuti bulunya sendiri. Dan hal yang seperti ini tidak bisa dibiarkan berlama lama dan harus segera ditangani.

Untuk mengatasi apabila parrot yang kita pelihara tersebut mengalami stres yaitu dengan cara memberi nya mainan yang dapat digigit.

Anda juga perlu mengajak berinteraksi, akan tetapi sebelum Anda beri mainan pastikan terlebih dahulu memberikan mainan yang aman untuk burung Macaw.

Mandikan Burung Macaw

Tips perawatan burung macaw selanjutnya yaitu pemandian. Memandikan Macaw harus kita lakukan paling tidak dalam seminggu 3 x atau 2 hari sekali.

Untuk proses pemandiannya cukuplah mudah seperti halnya dengan cara memandikan burung kicau yang disemprotkan pada bagian tubuhnya hanya dengan memakai air bersih biasa tanpa dengan campuran apapun (sabun/shampoo).

Sesudah dirasa jika bulu Macaw basah kuyub, selanjutnya bisa dikeringkan dengan menaruhnya ditempat yang ada sinar matahari lalu anginkan di tempat sejuk.

Makanan Burung Macaw

Untuk memelihara burung macaw, makanan sebaiknya diperhatikan. Jenis pakan untuk mereka tergolong mudah.

Karena burung macaw suka makan buah-buahan dan biji-bijian. Namun sebaiknya jangan diberikan buah alpukat ataupun coklat.

Tinggalkan Komentar