Mengetahui Keunikan Burung Toucan dan Perkembangbiakannya

Toucan merupakan salah satu jenis burung unik yang bisa dijumpai di wilayah Amerika Tengah dan juga di Amerika Selatan. Keunikan burung toucan ini yaitu pada ukuran paruh yang terlihat begitu besar.

Tak hanya itu saja, meskipun memiliki sepasang sayap, akan tetapi burung toucan tidak begitu ahli dalam menggunakan sayapnya untuk terbang. Bahkan untuk berpindah tempat burung ini melakukan dengan cara melompat.

Keunikan Burung Toucan
Keunikan Burung Toucan

Terdapat kurang lebih 40 spesies burung toucan, keseluruhannya dapat dengan mudah dikenali sebab ukuran paruhnya yang besar. Yang pada umumnya memiliki warna cerah. Untuk ukuran di setiap spesies mungkin juga berbeda.

Toco toucan merupakan jenis yang paling besar dan paling terkenal, burung ini panjangnya kurang lebih 75 cm. Kemudian untuk spesies toucan yang paling kecil yaitu Aracar toucanet. Lain halnya dengan toco toucan, sebab panjangnya hanya sekitar 35 cm saja.

Habitat Burung Toucan

Burung toucan ini sebenarnya asalnya dari hutan hujan Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Toucan khususnya biasa hidup di hutan hujan antara Mexico dengan Argentina.

Burung ini juga dijadikan sebagai ikon hutan hujan. Burung toucan memiliki peranan yang cukup penting untuk hutan hujan.

Sebab jenis burung ini termasuk vector yang dapat membantu menyebarkan biji pepohonan yang buahnya sebagai makanan burung toucan.

Keunikan Burung Toucan

Keunikan burung toucan yaitu memiliki paruh yang sangat besar dari pada paruh dari jenis burung lain yang tubuhnya juga seukuran dengannya.

Bagian paruhnya ada yang berwana-warni dan biasanya berwarna terang. Meski besar, paruh ini sangat ringan dan kuat sebab strukturnya tidak pejal dan punya rongga berisi banyak udara.

Bulu toucan berwarna gelap kecuali di bagian leher serta sebagian bulu sayap dan juga ekor yang memiliki warna cerah. Panjang tubuhnyanya kurang lebih sekitar 65 cm dan panjang paruhnya sendiri sekitar 20 cm.

Paruh dari burung toucan memiliki panjang lebih dari sepertiga ukuran tubuhnya. Pada bagian lapisan luar paruhnya terbuat dari keratin, bahan yang ada pada kuku dan rambut.

Yang menjadikan paruh ini ringan yaitu lapisan paruhnya itu terdiri dari banyak lempengan kecil heksagonal yang menumpuk seperti atap sirap.

Tekstur paruhnya bagian dalam dapat disamakan dengan tekstur busa keras. Sebagian berongga, dan sebagian juga berupa rangka dan membran.

Dengan demikian, paruh tukan walau tampak besar tapi cukup ringan serta kuat. Dengan konstruksi paruh itu, menjadikan burung tukan bisa meredam benturan yang keras.

Bahkan bentuk paruhnya dapat dipakai sebagai model bagi para ahli mesin pada industri otomotif serta penerbangan.

Sebab alat industri yang diciptakan dengan meniru dari bentuk atau struktur paruh tukan akan bisa memberikan perlindungan yang semakin baik khsusnya untuk pengemudi kendaraan. Khususnya pada waktu terjadi benturan atau tabrakan.

Tak hanya pada paruhnya saja, akan tetapi keunikan burung toucan ini juga terdapat pada suaranya. Sebab suaranya mirip dengan suara katak tapi sangat kencang. Bahkan suaranya dapat terdengar sampai berkilo-kilo meter jauhnya di tengah hutan.

Perkembangbiakan Burung Toucan

Perkembangbiakan Burung Toucan
Perkembangbiakan Burung Toucan

Toucan sering hidup berpasangan atau pada kawanan kecil dengan jumlah kurang lebih enam burung. Kumpulan dari burung toucan dikenal menjadi kelompok burung yang suaranya berisik di hutan hujan.

Burung ini bersarang pada lubang pohon yang dibangun oleh hewan lain, seperti halnya burung pelatuk. Pada umumnya memiliki dua sampai empat telur. Induk jantan dan betina semua akan menjaga telur mereka.

Tinggalkan Komentar