Mengetahui Ciri Ciri Merpati Mau Bertelur Paling Mudah

Untuk peternak burung, penting untuk mengetahui kapan burung peliharaan tersebut akan bertelur. Dengan mengerti kapan burung akan bertelur, maka bisa mempersiapkan kepentingan untuk burung yang selanjutnya. Seperti halnya untuk para peternak merpati. Mengetahui ciri ciri merpati mau bertelur ini juga dinilai sangat penting.

wajibbaca.com

Jika tidak diketahui, maka pertumbuhan telur dapat terganggu, bahkan bisa jadi tidak akan menetas.Hal seperti ini pastinya akan dihindari. Maka dari itu, anda semuanya wajib mengetahui ciri-ciri merpati mau bertelur. Dengan demikian, bisa untuk mengantisipasi serta mempersiapkan perawatan burung peliharaan anda dan juga telurnya dengan lebih baik.

Ciri Ciri Merpati Mau Bertelur

Berikut ini beberapa ciri-ciri burung merpati mau bertelur yang bisa anda lihat untuk mengamati apakah burung merpati yang anda pelihara akan bertelur atau tidak.

1. Betina Terlihat Lebih Gelisah

Pada saat seorang burung merpati betina ingin bertelur, maka akan ada perubahan-perubahan psikis ataupun fisik pada dirinya. Perubahan fisik diantaranya yaitu pada bagian bentuk tubuh, warna tubuh, termasuk perubahan pada berat badan dan lain sebagainya.

Ciri-ciri mudah dilihat. Sebab, perilaku burung merpati yang ingin bertelur benar-benar berbeda jika dibandingkan dengan burung merpati yang belum mempunyai telur atau belum mengandung telur di dalam perutnya.

Indukan merpati betina akan terlihat lebih gelisah pada saat akan mengeluarkan telur dari dalam perutnya. Dan tanda ini mudah sekali untuk dikenali.

2. Mengumpulkan Jerami

Pada saat merpati betina ingin bertelur, maka ada juga perubahan fisik. Diantaranya meliputi perubahan bentuk tubuh, warna tubuh. Seperti halnya perubahan pada berat badan dan lain sebagainya.

Ciri ciri merpati mau bertelur diantaranya akan terlihat mengumpulkan jerami untuk membuat sebuah tempat pengeraman dan juga penetasan telur yang akan ia bawa. Sehingga, pada saat dia bertelur nanti telah tersedia tempat yang nyaman baginya untuk bertelur. Namun, jika sudah memiliki tempat yang nyaman, perilaku ini tidak akan ditampakkan.

3. Tidak Banyak Bergerak

Perubahan yang terjadi pada burung merpati yang ungin bertelur jika dari ciri psikis dapat diamati dengan mudah. Sebab ini berkaitan dengan perilaku. Meskipun dari segi perasaan tetap akan sulit untuk diamati.

Perubahan psikis-fisik akan terlihat burung merpati betina anda akan bertelur yaitu berkurangnya aktivitas gerak yang pada umumnya dilakukan olehnya. Pengurangan ini tidak berarti burung merpati betina anda akan ttampak benar-benar pasif seutuhnya. Namun, pengurangan ini mengacu pada penurunan kadar aktivitas. Antara lain seperti terbang, berlarian, dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. Perut Membesar

Salah satu perubahan fisik yang gampang terlihat khususnya untuk yang sudah sering mengamati burung merpati betina mereka yaitu pada bagian perut. Sebab, uukuran perutnya yang berbeda dari biasanya.

burungmerpati.com

Burung merpati betina yang akan bertelur telah memiliki telur di dalam perutnya. Keadaan yang seperti ini akan membuat ukuran perutnya membesar sampai pada saat akhir burung merpati tersebut ingin bertelur. Maka dari itu dengan memerhatikan bagian perut burung merpati, maka anda semuanya melihat apakah burung merpati betina anda dapat akan bertelur atau tidak.

Jika anda sudah yakin dengan dengan ciri ciri merpati mau bertelur, maka anda harus merawat burung tersebut dengan sebaik mungkin. Sebab, merpati anda akan menghasilkan anakan. Jika anda merawatnya dengan baik, maka anakan yang dihasilkannya juga bisa baik. Yang harus anda perhatikan salah satunya yaitu pada masalah pemberian makanan yang mengandung nutrisi.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar