Tips dan Cara Merawat Burung Anis Kembang Di Musim Hujan

Burung Anis Kembang adalah salah satu dari jenis burung Anis yang memiliki daya tarik tersendiri dari kicauan dan juga motif bulunya. Perlu anda ketahui, jika burung Anis Kembang ini juga banyak dipelihara oleh para pecinta burung kicauan.

Jika dipelihara dengan baik dan benar, maka burung ini bisa memiliki kualitas suara yang bagus. Di dalam memeliharanya anda harus memperhatikan pola perawatan. Yaitu dari mulai pemandian, penjemuran dan juga pemberian makanan yang tepat.

Perawatan yang anda lakukan pastinya akan memberikan dampak bagi burung Anis Kembang. Maka dari itu, sangatlah penting untuk melakukan perawatan, termasuk juga cara merawat burung Anis Kembang di musim hujan.

Sebagai pemelihara, anda sebaiknya mengetahui seperti apa keadaan burung Anis Kembang saat musim hujan tiba. Sebab, pada umumnya, burung akan mudah sekali terserang penyakit seperti pilek, mabung, serta menjadikannya lebih memilih diam.

Hal ini karena tubuh burung ini tidak sanggup menahan hawa dingin sebab hujan yang turun dalam waktu yang cukup lama. Terlebih lagi ditambah jika burung Anis Kembang itu berada kondisi daerah bersuhu dingin seperti halnya di perbukitan. Jadi, rawatlah burung Anis Kembang tidak terserang penyakit pada waktu melewati musim hujan.

Cara Merawat Burung Anis Kembang Di Musim Hujan

Cara Merawat Burung Anis Kembang Di Musim Hujan
manukgacor.com

Cara merawat burung Anis Kembang di musim hujan tidaklah terlalu merepotkan pemiliknya. Yang perlu anda perhatikan diantaranya yaitu kondisi pakannya, multivitamin, dan fasilitas pendukung supaya tubuhnya bisa tetap hangat. Sedangkan untuk tips sederhana dalam merawatnya seperti berikut ini:

Memperhatikan Porsi Makan

Cara merawat burung Anis Kembang di musim hujan yaitu perlu disiapkan pakan berupa jangkrik, cacing, kroto, ulat hongkong, dan juga aneka macam buah-buahan.

Sedangkan untuk takaran yang bisa diperhatikan di dalam pemberiannya adalah:

  • Jangkrik bisa anda berikan kurang lebih tiga ekor pada pagi dan sore harinya.
  • Cacing juga dapat anda berikan pada hurung Anis kembang berjumlah sama yakni tiga ekor di pagi dan sore hari.
  • Dalam perawatannya, anda juga harus menambah kroto segar dengan takaran satu sendok teh pada saat pagi hari saja.
  • Dan ketika malamnya berikan juga ulat hongkong kurang lebih sekitar 3 ekor, dan
  • Jangan lupa setiap harinya burung juga harus buah-buahan segar.

Penjemuran dan Fasilitas Tambahan

Cara merawat burung Anis Kembang di musim hujan supaya terhindar dari penyakit pada waktu menunggu berakhirnya musim penghujan yaitu dengan memperhatikan kondisi penjemuran dan fasilitas tambahan yang diperlukan.

Dalam hal penjemuran bisa tetap rutin diberikan kepada burung Anis Kembang selama pagi hari. Yaitu ketika matahari sudah terbit. Dan pada saat pagi hari terjadi hujan maka dapat anda alihkan pada waktu sore harinya.

Perawatan Anis Kembang
caraputu.com

Jadi, selama satu hari itu burung Anis Kembang jangan sampai tidak merasakan panas matahari meskipun hanya sebentar saja. Tujuannya supaya tubuhnya tetap dapat menyerap vitamin D yang bisa menguatkan tulang serta bagian sayapnya.

Tak hanya itu saja, harus diperhatikan juga mengenai kondisi fasilitas tambahan yang dibutuhkannya. Diantaranya berupa memberikan sinar cahaya tambahan dengan menggunakan lampu yang dipasang di bagian atas sangkarnya.

Pemasangan lampu ini sangat bermanfaat untuk menjaga tubuh burung Anis Kembang agar dapat tetap hangat serta menjadikannya dapat terus berkicau tanpa harus takut mengalami macet bunyi.

Dengan menerapkan cara merawat burung Anis Kembang di musim hujan ini, maka anda tidak akan khawatir lagi jika burung anda terserang penyakit karena pengaruh cuaca.

Tinggalkan Komentar