Cara Perawatan Burung Samyong Agar Bisa Gacor

Burung Samyong adalah jenis burung kicauan yang asli dari Indonesia. Antara lain endemik dari pulau Nusa Tenggara yang sekarang ini telah menjadi burung kicau yang sangat dikenal pada kalangan penghobi burung kicauan.

Memang sampai sekarang ini belum banyak pecinta kicau yang menangkar burung samyong ini. Burung samyong yang dijual di pasaran pada umunya adalah hasil dari tangkapan muda hutan.

Meskipun dihargai dengan harga yang bisa dikatakan relatif mahal, burung samyong bakalan muda hutan ini justru akan cepat habis terjual.

Sama halnya dengan bakalan burung yang lainnya, burung samyong yang dirawat dari anakan tangkapan hutan pada umumnya lebih terasasulit dipelihara.

Dan terkadang banyak burung samyong yang justru akan mati. Kesulitan di dalam perawatan burung samyong anakan dari hasil tangkapan muda hutan ini yaitu sulit di dalam beradaptasi dengan lingkungannya yang baru.

Akan tetapi burung giras sebab trauma tangkapan dengan menggunakan jaring, burung belum dapat makan voer.

Perawatan Burung Samyong
Perawatan Burung Samyong

Burung samyong memang sudah banyak yang menjuluki dengan burung 1001 suara. Mengapa burung ini dijuluki seperti ini? Sebab burung samyong ini merupakan burung pintar yang dapat menirukan banyak variasi lagu yang berasal dari suara jenis burung lain.

Akan tetapi, burung yang gacor serta dikenal cerdas dalam menirukan banyak suara bruung lain merupakan burung samyong yang jenis kelaminnya jantan.

Apabila anda hendak memelihara burung samyong, maka pilihlah burung yang fisiknya terlihat sempurna atau tidak cacat.

Entah itu pada bentuk paruhnya, kuku kaki, bulu, mata, sayap dan lain sebagainya. Burung sebaiknya juga keadaan sehat, dan tidak ada masalah pada fisik burung yang akan kita pelihara.

Perawatan burung Samyong Agar Gacor

Sesudah anda memperoleh burung pilihan yang tepat, hal yang harus dilakukan adalah perawatan yang tepat. Supaya burung samyong anda bisa berlangsung hidup dan cepat gacor, anda sebaiknya melakukan langkah-langkah perawatan burung samyong.

Mandikan Burung

Sama halnya dengan merawat burung lainnya, dalam perawatan burung samyong sebaiknya juga dimandikan di dalam menjaga kesehatannya, keindahan bulunya dan juga bisa terbebas dari kutu.

Burung yang rajin serta rutin dimandikan pada tiap pagi dan sore hari akan tampak semakin lincah, gesit serta terlihat segar.

Cara memandikannya dapat dilakukan dengan cara disemprot atau juga mandi pada keramba, sesuai dengan pola perawatan anda.

Penjemuran

Jika anda menjemur burung samyong, maka jangan terlalu lama. Sebab burung samyong tidak tahan dalam terik matahari.

Paling tidak maksimal 1 jam selanjutnya teduhkan burung samyong. Bisa juga di gantung pada teras atau diletakkan dibawah pohon yang rindang.

Pemberian Pakan

Pakan Burung Samyong
Pakan Burung Samyong

Berikanlah makanan yang baik pada burung samyong. Sebab semua yang dilakukan tersebut tujuannya untuk kesehatan burung peliharaan anda itu.

Yang perlu diperhatikan kebutuhan nutrisi yang oleh burung samyong itu dapat terpenuhi, tujuannya agar burung tidak mengalami gizi buruk atau kekurangan nutrisi.

Multivitamin

Berikanlah vitamin tambahan bisa selama seminggu sekali, atau anda bisa berikan juga vitamin plus untuk membuat burung jadi semakin gacor.

Supaya burung lebih sehat serta terangsang dan juga cepat berkicau. Selain memberikan multivitamin, anda juga sebaiknya memberikan makanan tambahan yang berupa ulat hongkong, kroto, dan juga jangkrik.

Kebersihan Sangkar

Supaya burung samyong anda nyaman di dalam sangkar, maka kebersihan sangkarnya harus diperhatikan. Kemudian burung peliharaan anda juga sehat dan terangsang untuk berkicau.

Kebersihan sangkar juga berpengaruh pada pemiliknya. Sebab kotoran burung juga berbahaya serta membaw penyakit apabila tidak dibersihkan setiap harinya.

Tinggalkan Komentar