Racikan Makanan Burung Cendet Agar Rajin Bunyi

Burung Cendet adalah jenis burung peliharaan yang merupakan jenis burung pemakan serangga. Untuk pemelihara yang tidak bisa memberikan pakan alami untuk burung Cendet, maka kebanyakan memberikan pakan buatan di pasaran.

Akan tetapi, tidak semua makanan burung Cendet memiliki kandungan yang bergizi. Padahal makanan yang bernutrisi sangatlah dibutuhkan oleh burung peliharaan untuk menjaga kesehatan tubuhnya.

Maka dari itu, para pemelihara burung cendet mencari racikan makanan burung Cendet yang bergizi. Hal ini bertujuan supaya burung Cendet bisa lebih rajin bunyi setelah diberi racikan pakan tersebut.

Racikan Makanan Burung Cendet

Racikan Makanan Burung Cendet
omkicau.com

Untuk membuat racikan makanan burung Cendet sangat sederhana, dan mudah sekali untuk anda terapkan.

1. Racikan Makanan Burung Cendet agar Rajin Bunyi

Untuk membuat racikan makanan burung Cendet supaya bisa menjadi gacor dan juga rajin bunyi, anda bisa menyiapkan bahan seperti tomat 2 buah dan juga tahu putih secukupnya.

Anda juga bisa menambahkan ikan ukuran sedang sebanyak 1 kg. Siapkan juga telur ayam 2 butir dan tepung jagung 2 kg.

Cara membuat makanan ini sebaiknya ikan dibersihkan dan digiling menggunakan penggiling daging. Selanjutnyatahu putih dan tomat dipotong. Selanjutnya dicampur dengan daging ikan dan juga telur.

Kemudian campurkan lagi dengan tepung jagung. Tumbuk cangkang telur sampai halus, kemudian dicampurkan pada adonan tepung jagung.

Sesudah tercampur merata, bahan dikeringkan dengan memakai oven selama 20-30 menit, lalu dijemur di bawah sinar matahari.

2. Racikan Pakan Cendet Berprotein Tinggi

Bahan-bahan yang diperlukan yaitu tomat 2 buah, wortel 3 buah, voer ayam 1/2 kg, ikan segar 1/4 kg. Tambahkan juga jangkrik atau belalang kering 1/4 kg dan uah gojiberry 1/4 kg.

Untuk membuatnya anda bisa memotong tomat dan haluskan sampai halus.

Ikan dipotong dan digiling. Jangkrik atau belalang bisa dihaluskan. Kemudian buah gojiberry langsung diblender hingga halus.

Campurkan seluruh bahan dalam satu blender. Kalau bisa setiap bahan diblender sendiri-sendiri. Apabila seluruh bahan telah halus, campurkan menjadi satu wadah dan diaduk-aduk hingga merata.

Cetak adonan dengan mesin pencetak voer atau dibiarkan dalam bentuk adonan. Jemur bahan adonan pakan Cendet di bawah matahari selama beberapa jam hingga kering.

Tips Memberikan Racikan Makanan Cendet

Tips Memberikan Racikan Makanan Cendet
burungnya.com

Anda bisa mengurangi porsi makanan burung Cendet yang lama dan ditambahkan sedikit racikan makanan burung Cendet bergizi. Untuk minggu pertama porsi pakan lama 70 persen dan racikan pakan Cendet yang baru 30 persen.

Minggu berikutnya, porsi racikan makanan burung Cendet yang baru ditambah menjadi 50 persen banding 50 persen.

Kemudian, di minggu yang ketiga amati perilaku burung Cendet, apakah dia telah terbiasa dengan racikan pakan Cendet yang baru atau belum.

Apabila belum terbiasa, maka porsi racikan makanan Cendet tetap ditambah menjadi sebanyak 70 persen. Minggu keempat baru racikan makanan Cendet diberikan dengan utuh.

Penggantian makanan burung Cendet ini dengan bertahap ini bisa membantu Cendet untuk beradaptasi. Jika diganti pakan secara langsung, pada umumnya burung Cendet merasa kaget, stres, serta macet bunyi.

Racikan pakan Cendet ini terbuat dari bahan yang alami, sehingga kemungkinan besar racikan makanan burung cendet ini tidak memiliki efek samping. Melainkan jika, bahan-bahan yang dipakai telah basi atau busuk.

Jika sudah begitu maka bisa mengganggu kesehatan burung Cendet. Jadi, pilihlah bahan-bahan terbaik dan masih fresh supaya burung Cendet merasakan khasiatnya.

Dengan diberikan makanan yang bernutrisi, maka burung Cende peliharaan anda akan memiliki kicauan yang berkualitas.

Tinggalkan Komentar