Mengetahui Perawatan Burung Cendet Di Masa Mabung

Mabung adalah fase yang biasa terjadi pada setiap jenis burung kicau, tak terkecuali untuk jenis burung Cendet. Fase mabung ini akan ditandai dengan rontoknya semua bulu-bulunya.

Akan tetapi, ketika burung tersebut telah memasuki masa mabung, pada umumnya berpengaruh pada tingkat kegacorannya yang menjadi berkurang. Bahkan juga ada perubahan bulu yang terlihat agak kusam dan juga kering.

Bagi burung Cendet yang sedang adalah masa mabung, sebaiknya diberikan perawatan yang lain tidak seperti biasanya. Hal ini dilakukan supaya proses mabungnya berjalan lancar sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Perawatan burung Cendet di masa mabung memang sangat penting dilakukan oleh pemiliknya. Karena, pada umumnya burung Cendet yang sedang mabung akan terjadi perubahan sikap dan juga pada kicauannya.

Selain itu juga ada perubahan sikap yang terlihat di bagian karakternya yang mulai agak manja kepada pemiliknya supaya bisa memperoleh perhatian lebih dibanding hari biasanya.

Perawatan Burung Cendet Di Masa Mabung

Perawatan Burung Cendet Di Masa Mabung
omkicau.com

Burung Cendet yang sedang ada dalam fase mabung, sebaiknya tidak diikutkan dulu dalam acara perlombaan. Sebab, hal tersebut bisa buruk dalam kondisi mabungnya yang bisa menjadi berlangsung semakin agak lama. Oleh sebab itu, perawatan burung Cendet di masa mabung harus dilakukan dengan baik dan benar.

Pemandian dan Penjemuran Bisa Dihentikan Sementara Waktu

Ketika Cendet sedang ada dalam masa mabung, maka sebaiknya anda jangan dulu memandikan dan juga menjemurnya. Hal ini ditujukan supaya proses mabung yang dijalaninya bisa berjalan dengan lancar.

Selain itu juga tidak dijumpai bulu yang lama rontoknya. Kemudian kualitas bulu yang tumbuh tidak tampak bagus. Dengan melakukan penjemuran burung Cendet yang lagi mabung, ternyata bisa juga menghambat tumbuhnya bulu-bulu baru karena pori-pori kulit kepanasan.

Jika anda ingin memandikan burung peliharaan anda, maka bisa dilakukan ketika seluruh bulu telah rontok dan ditandai dengan tumbuhnya bulu-bulu yang baru. Begitu juga dengan penjemuran dilakukan ketika tubuh burung sudah ditumbuhi oleh bulu-bulu baru dan terlebih dahulu juga harus dimandikan.

Sangkar Sebaiknya Dijaga Tetap Kondusif

Ketika masih ada dalam masa mabung berlangsung, sebaiknya anda meletakkan sangkar burung Cendet di tempat yang tenang dan juga dipastikan aman. Tujuannya supaya burung Cendet tidak berubah menjadi giras. Bisa juga menjadi takut dan akhirnya berujung stres.

Oleh sebab itu, bisa disimpulkan jika tempat terbaik bagi sangkar burung Cendet yaitu jauh dari keramaian. Entah itu dari keramaian manusia ataupun burung sejenis. Karena bila burung Cendet hingga stres maka bisa menghambat proses mabungnya yang menjadikan bulu-bulunya lama rontok.

Memperhatikan Masalah Pakan

Burung Cendet Mabung
ozankicaumania.com

Untuk perawatan burung Cendet di masa mabung, sebaiknya anda menyediakan pakan berupa voer yang disantapnya dengan voer ayam broiler, saat Cendet masih fase mabung. Hal ini bertujuan supaya mempercepat rontoknya bulu-bulu yang terdapat pada tubuh burung Cendet.

Tak hanya itu saja, anda juga harus pula pakan tambahan (Extra Fooding) yang porsinya dapat anda tambahkan selama masa mabung itu berlangsung.

Jika pada umumnya burung Cendet yang lagi tidak mabung bisa makan jangkrik sebanyak dua hingga tiga di pagi serta pada saat sore hari.

Maka saat menjalani masa mabung dapat menambah porsinya hingga menjadi lima sampai enam ekor jangkrik pada pagi dan sore hari.

Hal ini bertujuan supaya burung Cendet yang lagi memasuki masa mabung bisa tercukupi segala kebutuhan nutrisi tubuhnya. Oleh sebab itu, dengan dicukupkan pakan pokok serta ekstra foodingnya, maka dapat memperlancar proses mabung yang dijalaninya itu.

Tinggalkan Komentar