Karakteristik Burung Elang Laut Perut Putih, White Bellied Sea Eagle

Burung Elang Laut Perut Putih (Haliaeetus leucogaster) memang sangat populer burung pemangsa sebagai jenis burung Elang Laut Putih. Elang Laut Perut Putih juga merupakan burung pemangsa yang berasal dari keluarga Accipitridae.

Johann Friedrich Gmelin pada tahun 1788 juga menjelaskan jika Elang Laut Perut Putih ini memiliki keterikatan dengan Elang Laut Sanford yang berasal dari Kepulauan Solomon. Yang mana keduanya dianggap untuk dijadikan sebagai superspecies.

Karakteristik Burung Elang Laut Perut Putih

Karakteristik Burung Elang Laut Perut Putih, White Bellied Sea Eagle
flickr.com

Elang Laut Perut Putih yang usianya dewasa memiliki ciri khas yaitu serba putih mulai dari bagian kepala yang berwarna putih, dada, sayap bawah, serta pada bagian ekor lebih pendek dari sayap pada saat dilipat.

Sedangkan untuk bagian atas memiliki warna abu-abu serta bulu terbang yang di bawah sayap hitam kontras dengan warna putih.

Sama halnya dengan banyak burung pemasangsa yang lainnya, Elang Laut Perut Putih yang berjenis kelamin betina sedikit lebih besar jika dibandingkan yang jantan.

Bahkan besarnya bisa mencapai sampai dengan 90 cm dengan rentang sayap yang bisa mencapai 2,2 m dan berat 4,5 kg. Kemudian untuk yang berjenis kelamin jantan kurang lebih sekitar 70–85 cm.

Lalu untuk bagian rentang sayap 178 sampai dengan 218 cm dengan berat tubuh 1,8 sampai dengan 2,9 kg. lalu untuk karakteristik Elang Laut Perut Putih yang remaja atau yang lebih dikenal dengan juvenil mempunyai bulu yang warnanya coklat.

Sebab, dengan cara yang bertahap warna dari Elang Laut Perut Putih ini akan diganti dengan putih sampai dengan usia lima atau usia enam tahun.

Habitat Burung Elang Laut Perut Putih

Habitat Burung Elang Laut Perut Putih
hbw.com

Elang Laut Perut Putih ini bisa ditemukan pada berbagai macam daerah. Kemudian burung ini sering terlihat berputar-putar sendirian atau berkelompok di atas perairan.

Bahkan juga kerap terlihat mengunjungi pesisir, area sungai, rawa-rawa dan juga mengunjungi danau yang ada hingga ketinggian 3000 m. Bahkan untuk Elang Laut Perut Putih ini juga di jadikan sebagai fauna identitas dari Kabupaten Jepara.

Perkembangbiakan Elang Laut Perut Putih

Untuk perkembangbiakan Elang Laut Perut Putih yaitu pada saat musim kawin jenis burung ini bisa dikatakan cukup bervariasi. Diantaranya seperti di Pulau Kalimantan dan juga Asia tenggara Januari sampai dengan bulan Juli.

Sedangkan untuk yang di Jawa dan juga di Sulawesi musim kawinnya merupakan beberapa bulan, namun sebagian besar yaitu saat bulan Mei hingga pada bulan Oktober.

Sarang dari burung Elang ini cukup besar, yaitu dengan lebar 1,2 sampai dengan 1,5 m dan jika digunakan dengan menerus ukurannya bisa mencapai 3 m. Lalu untuk kedalamannya yaitu 0,5 sampai dengan 1,8 m.

Sarangnya disusun dengan menggunakan dedaunan yang berwarna hijau, rerumputan dan juga terbuat dari rumput laut. Untuk jumllah telurnya paling banyak yaitu dengan jumlah 2 butir. Sedangkan untuk masa pengeraman 40 sampai dengan 45 hari.

Untuk anakan dari burung Elang ini akan diasuh oleh induknya, yaitu dengan variasi makanan seperti ular laut, kura-kura serta penyu kecil. Elang ini juga akan makan berupa burung-burung air seperti penggunting laut, petrell, camar, cikalang, pecuk serta burung cangak.

Ketika berburu, caranya memang hampir mirp dengan burung Elang Bondol Haliastur indus. Yakni sering terbang berputar sembari mengawasi permukaan air. Lalu selanjutnya akan meluncur ke mangsanya saat mangsanya sudah terlihat.

Mangsa dari jenis burung ini akan ditangkap dan dicengkeram dengan menggunakan bagian cakarnya yang kuat dan juga tajam.

Tinggalkan Komentar