Penyebab Burung Cendet Nyepah Jangkrik Utuh Dan Cara Mengatasi

Memelihara burung cendet pastinya anda juga akan mengalami berbagai macam permasalahan. Dan salah satu permasalahan yang sering dialami oleh burung Cendet yaitu burung cendet nyepah jangkrik utuh.

Nyepah yang terjadi pada burung cendet ini merupakan salah satu hal yang dinilai biasa. Justru jika anda menjumpai burung cendet anda tidak nyepah, maka ini perlu sekali untuk dipertanyakan. Yaitu mengenai pakan apa yang telah diberikan dan seperti apa keadaan burung cendet tersebut.

jenisburung.co

Sepahan burung cendet ini terkadang berbentuk bulat atau lonjong. Sebenarnya ini termasuk ampas dari hasil sisa dari pencernaan burung dari pakan utamanya yang berupa voer.Maka dari itu, sepahan yang dikeluarkan oleh burung cendet ini warnanya akan sesuai dengan voer yang dimakan burung cendet tersebut.

Apabila voer yang dimakan burung cendet berwarna cokelat, maka untuk sepahan yang keluar dari paruh burung tersebut akan berwarna cokelat. Begitu juga apabila voer yang dimakan ini berwarna hijau, maka sepahan juga akan berwarna hijau.

Penyebab Cendet Nyepah Jangkrik Utuh

Nah, untuk masalah burung cendet nyepah, ternyata ada yag berbeda, yaitu keadaan dimana burung cendet nyepah jangkrik utuh. Untuk keadaan dimana burung cendet nyepah dalam bentuk jangkrik yang masih utuh ini juga masih sering terjadi.

Penyebabnya biasanya karena kondisi cendet yang saat itu kurang fit, baik dari segi fisik atau yang non-fisik. Cendet yang terkena stres akibat masalah tertentu atau kurang kondisi, juga dapat dikatakan sebagai hal yang menyebabkan cendet nyepah jangkrik.

Hal ini juga dapat disebabka karena burung cendet mengalami kurang enak badan, flu, demam atau ganguan yang lainnya. Akan tetapi kesemuaya ini tidak disadari oleh sang empunya.

Untuk keadaan yang seperti ini juga sangat berkaitan dengan kesehatan yang ada pada pencernaan burung. Maka dari itu, burung cendet yang mengalami gangguan pencernaan, juga akan sering dijumpai mengalami nyepah jangkrik utuh.

Sebetulnya, bukan hanya jangkrik saja. Akan tetapi untuk jenis EF apapun yang dimakan burung cendet yang mengalami masalah seperti ini misalnya seperti kroto atau ulat hongkong, juga dapat dikeluarkan lagi dengan utuh.

Meskipun burung cendet tersebut makan voer, akan tetapi tetap saja yang keluar sebagai sepah adalah jangkrik. Apabila itu tidak segera ditangani dengan baik, hal ini pada umumnya bisa akan berlangsung dalam waktu yang cukup lama.

Cara Mengatasi Cendet Nyepah Jangkrik Utuh

Untuk mengatasi cendet nyepah jangkrik utuh, anda dapat memberikan obat-obatan yang telah banyak tersedia di pasaran. Anda semua juga bisa memilih obat-obatan yang memiliki indikasi membuat burung fit.

burungnya.com

Akan tetapi, apabila anda ingin melakukan pengobatan secara tradisional, anda dapat mencoba memberikan jahe dan kunyit serta (daun) ginseng untuk burung. Keseluruhan bahan-bahan ini dapat anda parut untuk diambil sarinya. Selanjutnya diberikan pada burung cendet ini sebagai pengganti air minumnya.

Apabila anda semua sebagai pemelihara cendet ingin lebih praktis, maka anda cukup memberikan jahe, kunyit, dan (daun) ginseng tersebut pada jangkrik sebagai pakannya. Sebelum diberikan, sebaiknya anda belah terlebih dahulu. Atau bisa juga anda potong kecil-kecil semua bahan di atas, selajutnya anda bisa berikan pada jangkrik.

Dan pada waktu anda memberikannya pada burung, paling tidak 1 hari sebelumnya, jangkrik tersebut sudah diberikan makan bahan di atas. Tujuanya tak lain agar bahan-bahan di atas lebih meresap ke dalam tubuh jangkrik.

Tinggalkan Komentar