Mengenal 3 Jenis Burung Lark dan Karakteristiknya

Salah satu jenis burung yang memiliki ciri khas yang sangat mirip dengan burung branjangan yaitu burung lark. Burung lark ini adalah jenis burung kicauan yang juga bisa mengeluarkan kicauan yang lantang dan penuh dengan isian. Maka banyak yang memelihara burung jenis ini. Perlu anda tahu, jika ada 3 jenis burung lark yang bisa kita jumpai.

hbw.com

Jenis Burung Lark

Berikut ini adalah jenis burung lark yang harus anda ketahui lengkap dengan ciri-cirinya.

1. Mongolian Lark (Melanocorypha mongolica)

Mongolian lark termasuk jenis burung yang dikenal juga dikenal dengan julukan bailing atau pakling. Jenis burung ini yang dulu banyak dipelihara oleh para penggemar burung kicauan. Mongolian Lark memang dikenal istimewa. Sebab, hanya bisa diperoleh dengan cara mengimpornya dari negara China, Russia, serta Mongolia.

Ciri khas jenis burung ini yaitu pada bagian kepala atau jambulnya berwarna merah. Selain itu juga mempunyai slap warna putih yang ada pada bagian sayapnya. Lalu, untuk bagian bulu ekor lebih panjang jika dibandingkan dengan bagian sayap (tidak sejajar)

Dalam membedakan jantan dan betina memang bisa dilihat dari fisiknya. Mulai dari ukuran tubuh, bentuk paruh dan juga mata. Mata burung jantan terlihat lebih besar dan lebih berkilau, dengan jarak antara mata dan pangkal paruh yang cukup dekat. Sedangkan yang betina, mata lebih kecil dan terlihat berkaca-kaca. Jarak mata dan pangkal paruh sedikit lebih jauh jika dibandingkan burung jantan.

Alis burung jantan warnanya juga lebih putih, dengan bentuk yang panjang dan bersambungan sampai belakang kepala. Sedangkan untuk alis yang betina betina cenderung tidak terlihat / tidak tegas, dan tidak terhubung sampai pada bagian belakang kepala.

Untuk bagian kaki burung jantan rata-rata panjang dan juga tampak kekar. Beberapa di antaranya juga mempunyai kaki yang berwarna merah. Namun ada juga yang berwarna lain. Burung betina rata-rata juga mempunyai kaki pucat, tidak jenjang. Sedangkan untuk cengkeraman tidak sekuat burung jantan.

Warna kalung atau pita hitam yang terdapat pada bagian leher burung jantan lebih tebal dan juga lebih memanjang sampai membentuk setengah lingkaran. Sedangkan untuk burung betina cenderung lebih pendek dan sempit.

2. Tibetan Lark (Melanocorypha maxima)

Untuk anda semunya yang belum mengerti ragam jenis burung lark, tentunya akan menganggap pailing / pakling yang dijual di pasaran hanya memiliki satu jenis saja. Padahal di pasaran masih ada Tibetan lark dan Calandra lark.

Sama halnya dengan burung mongolian lark, burung tibetan lark (Melanocorypha maxima) juga hanya dapat dijumpai di wilayah Bhutan, India, dan juga di wilayah China. Dengan demikian, ada importir maupun agen importir yang mendatangkannya dari luar negeri.

picfair.com

Untuk karakteristik dari burung tibetan lark diantaranya pada bagian kepala tibetan lark memiliki ukuran lebih kecil daripada mongolian lark. Kemudian, untuk bagian paruhnya juga lebih tipis dan lebih pendek. Warna kaki biasanya juga berwarna kemerahan.

3. Calandra Lark (Melanocorypha calandra)

Calandra lark ini juga mempunyai ukuran tubuh seperti tibetan lark. Untuk jenis ini juga banyak dijumpai di pasar-pasar burung. Selain memiliki harga yang masih relatif terjangkau, kemampuan berkicaunya juga tidak kalah dengan kerabatnya mongolian lark.

Perlu anda ketahui, jika jenis burung lark yang benama Calandra lark juga diyakini sebagai salah satu jenis lark yang paling mudah bunyi dari pada dengan jenis lainnya. Jadi, tak ada salahnya jika memilih jenis burung ini untuk dipelihara.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar