Model dan Tipe Kandang Burung Parkit yang Ideal

Tipe kandang burung parkit kebanyakan dibuat dari bahan kawat ruji atau ram. Hal ini dikarenakan agar tidak mudah rusak. Akan lebih baik lagi apabila memilih model dan tipe dari kandang burung parkit yang lebih kuat.

Burung parkit suka menggigit-gigit benda yang ada di sekitar. Oleh karena itu, kandang haruslah dibuat dari bahan yang berkualitas agar kuat.

Model dan Tipe Kandang Burung Parkit

Model dan Tipe Kandang Burung Parkit yang Ideal 1
parkit-murah.blogspot.com

Kandang parkit sebaiknya harus sesuai dengan beberapa syarat ketentuan. Kandang yang baik dan ideal, akan terkena sinar matahari saat pagi. Pada siang hari, akan terlindung dari sinar matahari secara langsung karena dapat menyebabkan kandang mempunyai suhu yang tinggi.

Letakkan kandang burung jauh dari suara yang bising. Karena suara yang terlalu bising akan membuat burung kebingungan. Hal ini akan menyebabkan burung menjadi stress dan nafsu makan dapat menurun.

Ditinjau dari segi tujuan kandang burung parkit, jenis kandang dibagi menjadi tiga macam. Yang pertama adalah kandang dengan sistem pasangan. Yang kedua kandang dengan sisem beberapa pasangan dan yang terakhir adalah kandang sistem besar atau volitere.

Sistem Kandang Pasangan

Sistem kandang pasangan adalah sistem kandang yang mempunyai ukuran yang relatif sangat kecil. Biasanya hanya digunakan untuk memelihara satu pasang burung parkit saja.

Ukuran kandang pasangan biasanya berukuran sekitar 40x40x30 cm. Sistem yang diterapkan dengan ukuran yang sedemikian rupa, untuk memurnikan pasangan serta menilai produktivitas induk. Selain itu juga untuk menyilangkan dari kedua induk, supaya anakan yang dihasilkan sesuai dengan yang diharapkan.

Lahan yang terbatas dan sempit juga tidak menjadikan masalah untuk dapat memelihara burung parkit. Karena kandang yang dibutuhkan tidak terlalu besar, sehingga tidak memakan banyak tempat.

Keunggulan lain dari sistem ini, dapat menilai produktivitas induk dan menghasilkan keturunan yang sesuai dengan keinginan. Keturunan dan kesehatan akan lebih mudah terkontrol.

Tidak hanya memiliki kelebihan, sistem kandang pasangan terntunya juga mempunyai beberapa kelemahan. Kelemahannya adalah apabila memelihara dalam jumlah banyak, maka dalam pemeliharaananya kurang efektif dan efisien.

Modal yang dikeluarkan akan lebih banyak. Karena harus membuat beberapa atau banyak kandang. Dari segi lain adalah produktivitas dari burung parkit umurnya akan lebih pendek.

Sistem Kandang Beberapa Pasang

Model dan Tipe Kandang Burung Parkit yang Ideal 2
republikparkit.blogspot.com

Maksud dari sistem ini adalah sangkar dibuat untuk memelihara beberapa ekor burung parkit dengan bentuk sedemikian rupa. Untuk menampung empat pasang burung parkit anda dapat membuat kandang dengan ukuran 90x90x90 cm.

Dengan ukuran kandang yang agak besar, maka kesehatan dari burung mudah terkontrol. Selain itu juga keturunannya dapat dikendalikan.

Namun, di sisi lain juga memiliki kekurangan, akan butuh modal yang lebih banyak. Untuk budidaya burung parkit dalam skala yang besar akan butuh kandang yang banyak, sehingga modal pun perlu ditambah.

Produktivitas parkit pada umumnya akan berumur pendek. Perlu pemeliharaan yang ekstra untuk mengontro tiap-tiap kandangnya.

Sistem Kandang Volitere

Sistem kandang volitere atau sistem kandang besar merupakan sistem kandang untuk memelihara puluhan pasang burung parkit. Kandang dibuat relatif lebih besar dari jenis kandang pasangan dan kandang beberapa pasangan. Hal ini dengan tujuan agar burung dapat dengan leluasa bebas bergerak.

Sistem volitere dapat menampung lebih banyak burung parkit. Anda akan lebih menghemat biaya apabila akan memelihara dalam jumlah yang bersar. Karena cukup dengan membuat atau memiliki satu kandang saja, produktivitas burung parkit juga dapat lebih lama.

Akan tetapi, sistem volitere juga mempunyai kekurangan. Membutuhkan lahan yang luas untuk menempatkan kandang yang besar. Selain itu, kesehatan dari burung akan sulit untuk dikontrol.

Biarpun memiliki masa produksi yang lama, tapi kualitas dan kuantitas dari anakan cenderung lebih sedikit. Dalam sistem kandang volitere, memiliki tipe kandang burung parkit yang berbeda. Diantaranya adalah kandang model battery biasa dan kandang model battery panggung.

Kandang Batteri Biasa

Model kandang ini dibuat dengan bentuk yang memanjang. Mempunyai beberapa bagian ruang dengan ukurang yang telah ditentukan, biasanya disertai dengan lantai menggunakan cor semen. Lantai yang terbuat dari cor semen dapat menyerap panas hingga ke dasar tanah.

Namun, apabila memasuki musim hujan, temperatur udara dalam kandang akan dingin. Sehingga, burung parkit dengan mudah dapat terserang berbagai macam penyakit. Yang paling banyak menyerang biasanya adalah jenis penyakit pada pencernaan.

Kandang Batteri Panggung

Apabila anda ragu dengan tipe battery biasa, maka anda dapat mencoba pilihan satunya lagi yaitu tipe battery panggung. Pada model hampir sama dengan battery biasa, hanya saja battery panggung disertai dengan panggung.

Pada saat musim hujan, battery panggung akan berfungsi lebih baik bila dibandingkan dengan battery biasa. Suhu akan relatif stabil dan ternak pun tidak akan mudah terserang penyakit.

Burung yang sakit membutuhkan tempat tersendiri untuk merawatnya. Untuk itu, perlu juga dibuat sebuah kandang untuk karantina. Karena, burung yang sakit akan kalah bersaing dengan burung yang sehat saat sedang mengkonsumsi makanan.

Kandang karantina dapat dibuat dengan ukuran 100x60x60 cm dengan tinggi paada kaki 20 cm. Bahan kandang dapat dibuat dari bahan kawat ram. Agar lebih hangat, dapat dibuat dengan tambahan penutup kain.

Sebaiknya anda membuat model dan tipe burung kenari yang ideal. Pilihlah bahan yang mudah menyerap panas. misalnya saja untuk atapnya, akan lebih baik menggunakan genteng yang dilapisi dengan kawat ram atau kayu untuk penyangga.

Periksa kandang secara rutin atau berkala. Jangan sampai ada lubang yang bisa membuat burung keluar atau terlepas. Lubang juga dapat memungkinkan tikus atau sejenisnya msuk kandang.