Cara Menstabilkan Lovebird Jantan Pada Saat Dilombakan

Banyak pecinta burung kicauan khususnya lovebird yang menilai jika burung lovebird yang jantan sulit diikutkan dalam perlombaan. Hal ini disebabkan rata-rata lovebird yang berjenis kelamin jantan kurang stabil. Jadi anda perlu melakukan cara menstabilkan lovebird jantan.

Banyak sekali perilaku membuat pemelihara burung lovebird merasa khawatir. Sebab, pada umumnya burung gelisah, ngeruji dan hanya naik turun tangkringan saja pada saat berada di arena lomba.

Dalam acara perlombaan burung kicauan khususnya lovebird ngekek, rata-rata para pecinta burung kicuan sering menggunakan burung lovebird betina untuk dijadikan momongan.

Sebab, sudah banyak diketahui jika lovebird betina justru bisa bagus performanya dan juga bisa berprestasi di berbagai event, entah itu lokal atau nasional. Namun, ada sedikit kelemahan dari lovebird betina.

Antara lain adalah kadang lovebird yang betina ini terlihat ngleper atau birahi jika di dekatkan dengan lovebird jantan yang bertipe fighter. Akan tetapi, yang harus anda perhatian yaitu hal terpenting dalam bermain lovebird adalah karakter dengan burung yang kita rawat.

Sehingga, para pemelihara bisa memahami karakter dari lovebird peliharaan masing-masing, sebab cara menstabilkan lovebird jantan tidak bisa dilakukan cepat hingga prestasinya bisa stabil baik pada area perlombaan.

Cara Menstabilkan Lovebird Jantan

Cara Menstabilkan Lovebird Jantan
birdsnow.com

Cara menstabilkan lovebird jantan bisa anda lakukan, sebab lovebird jantan biasanya sering emosi dan birahinya cepet muncul. Dengan demikian, lovebird yang jantan ini biasanya susah dikontrol.

Bahkan juga ada beberapa pemelihara burung berparuh bengkok ini yang sudah berulang kali mencoba membawa gacoan lovebird jantan untuk diikutkan lomba.

Akan tetapi, biasanya hasilnya tidak ada karena burung hanya berputar-putar serta merasa gelisah di kandang. Maka dari itu, anda bisa melakukan cara menstabilkan lovebird jantan dengan perawatan harian yang benar.

Perawatan Harian Lovebird Jantan

Pakan harian yang baik yaitu full milet putih. Sehari-hari, burung sebaiknya tidak dikerodong, namun anda bisa mencoba memberi sekat supaya tidak melihat lovebird yang lainnya.

Pada saat pagi hari, burung sebaiknya mandi, selanjutnya bisa dijemur sekitar 3 jam mulai pukul 08.00 sampai dengan jam 11.00.

Sesudah dijemur, burung sebaiknya anda anginkan di teras sampai pukul 16.30. Setelah itu, lovebird bisa anda masukkan dalam rumah.

Dan ketikan pukul 21.00, lovebird sebaiknya dimandikan, selanjutnya anda bisa mengangin-anginkan (di dalam rumah) dan diistirahatkan hingga esok hari.

Perawatan Lovebird Jantan Sebelum Lomba

Perawatan Lovebird Sebelum Lomba
arenahewan.com

Cara menstabilkan lovebird jantan bisa dilakukan sebelum perlombaan. Perawatan dilakukan H-5 lomba. Yang mana, sebelum dilombakan burung sebaiknya anda karantina di ruangan tersendiri.

Sedangkan untuk tipe rawatan masih seperti rawatan harian. Pada saat H-3, pakan bisa mulai diganti dengan menggunakan pakan kemasan. Hariyang selanjutnya, burung bisa mulai full kerodong sampai dengan hari perlombaan tersebut.

Apabila lomba dilakukan pada hari Minggu, sebaiknya ketika hari Jumat pagi burung peiharaan anda dimandikan dan juga dijemur. Anda bisa menggunakan jenis pakan kemasan, dengan pakan tambahan yaitu seperti satu batang kangkung.

Dan ketika H-1, makanan dan juga air minum sebaiknya dicek. Burung tak perlu mandi, anda bisa langsung dijemur sebentar dan diberi 1 batang kangkung, selanjutnya burung bisa kembali dikerodong.

Pagi sebelum burung lovebird jantan lomba, burung bisa dimandikan terlebih dulu. Selanjutnya, burung bisa dijemur sampai kering dan juga dikerodong.

Dua jam sebelum naik gantangan, sebaiknya anda bisa memberikan 1 batang kangkung. Anda tidak boleh putus asa didalam melakukan cara menstabilkan lovebird jantan ini.

Tinggalkan Komentar