Jenis Pakan Burung Cockatiel yang Terbaik dan Bernutrisi

Salah satu burung kicauan unik dan menarik yang banyak diminati yaitu burung cockatiel. Bicara mengenai burung cockatiel atau palk juga kerap dijuluki dengan burung parkit australia, ternyata masih banyak juga kicau mania yang bingung dengan jenis makanan burung cockatiel apa yang harus diberikan dalam mendukung pertumbuhan.

bukalapak.com

Jenis makanan yang diberikan akan sangat berpengaruh terhadap performa yang dimiki oleh burung yang anda pelihara, termasuk juga pada burung cockatiel ini. Selain itu, pakan yang diberikan untuk burung ini juga akan berpengaruh terhadap warna bulu yang dimilikinya.

Jenis Pakan Burung Cockatiel Terbaik

Jenis pakan burung cockatiel ini sebeanrnya juga sama dengan jenis burung paruh bengkok pada umumnya. Misalnya saja seperti lovebird dan parkit. Sebabm rata-rata orang akan memberi dia dengan pakan milet dan juga memberikannya pakan tambahannya berupa jagung.

Sebenarnya untuk jenis makanan itu saja sudah cukup, namun vitamin yang terkandung dalam pakan tersebut juga dinilai masih kurang. Sebab, di alam bebas jenis burung-burung ini akan memakan apa saja yang dikira cocok dan juga dapat dimakan oleh jenis burung peliharaan anda tersebut.

Faktor yang penting mengenai perawatan burung cocktail ini yairu dengan cara mempertimbangkan tentang asupan gizi untuk pemberian makanan untuk cockatiel. Seperti yang telah diketahui bahwa burung ini juga dikenal sebagai jenis burung yang sangat pemilih terutama untuk makanannya.

burungnya.com

Maka dari itu, sangatlah penting anda semuanya untuk tidak memaksakan cockatiel untuk memakan yang apa tidak disukai oleh burung tersebut. Apabila burung hanya senang makanan lain selain jenis pakan berupa biji-bijian maka hal itu tidak menjadi masalah. Yang terpenting anda memberikan variasi pada jenis makanannya tersebut.

Pada saat anda memberikan makanan pada burung seperti buah atau sayuran, maka hal yang terbaik yaitu dengan cara mencincangnya kecil-kecil. Selain itu juga mencampurkannya pada satu wadah. Dengan begitu mereka dapat memilih apa yang akan dimakannya.

Air Minum

Anda bisa memberikannya air minum yang telah matang dan dalam keadaan yang bersih. Selain itu usahakan minuman untuk burung cockatiel diganti setiap harinya dengan menggunakan wadah air minumnya yang juga dibersihkan.

Tujuannya tak lain untuk menghindari berkembangnya dan tumbuhnya lumut atau jamur yang bercampur dengan air minumnya. Sebab, jika air minum yang kotor bisa mengakibatkan penyakit pada burung yang meminumnya.

Biji-Bijian

Jenis pakan burung cockatiel yang bisa anda berikan selanjutnya yaitu biji-bijian. Cokatiel juga sangatlah menyukai biji-bijian seperti halnya millet putih, biji bunga matahari atau kwaci. Selain itu juga suka dengan biji-bijian lain yang sama seperti halnya yang diberikan pada burung sejenis paruh bengkok lain seperti burung parkit dan lovebird.

Sayuran

Sayuran juga termasuk jenis pakan yang terbaik untuk anda berikan kepada burung cockatiel anda. Untuk pakan jenis sayuran, anda semua bisa memberikan tauge atau kecambah, bayam, lobak hijau, brokoli, tomat. Aau bisa juga anda berikan parutan wortel, ubi ubian, jagung, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Buah-Buahan

Buah-buahan juga termasuk pakan bernutrisi yang bisa anda berikan pada burung paruh bengkok seperti burung parkit australia ini. Mangga, Pepaya, Apel, Pisang, Buah anggur, jeruk bisa anda coba berikan.

Akan tetapi, pastikan jika jenis buah-buahan tersebut tidak diberikan bersama dengan biji-bijinya. Sebab ada sebagian buah-buahan yang mempunyai biji yang tidak baik apabila nantinya dimakan oleh burung.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar