Inilah Cara Beternak Burung Parkit Agar Cepat Bertelur

Burung parkit merupakan salah satu jenis burung kicau yang banyak diminati oleh banyak kalangan. Burung ini cantik dengan ukuran tubuh yang relatif kecil akan tetapi cukup indah.

Namun ada masalah yang kerap dialami oleh para pemelihara burung parkit. Diantaranya yaitu burung mereka tampak susah sekali bertelur.

Cara Beternak Burung Parkit Agar Cepat Bertelur

Cara Beternak Burung Parkit Agar Cepat Bertelur
Cara Beternak Burung Parkit Agar Cepat Bertelur

Jika anda memelihara burung parkit di rumah dan masih sulit dalam bertelur. Maka kemungkinan besar anda belum melakukan hal yang benar dalam cara beternak burung parkit agar cepat bertelur.

Memudahkan adaptasi dengan sarang

Cara beternak burung parkit agar cepat bertelur yaitu memudahkan adaptasi dengan sarang. Burung parkit merupakan salah satu jenis burung yang gampang stress.

Stress merupakan salah satu hal yang menjadikan burung parkit, atau burung jenis yang lainnya. Bisa juga jadi tidak ingin berkawin, atau mengalami masalah jiwa lainnya. Penyakit akan menjadikan masa hidupnya jadi semakin pendek.

Di dalam mengatasi hal tersebut, anda sebaiknya mempersiapkan kandang anda supaya tidak menjadikan burung parkit jadi gampang stress.

Langkahnya diantaranya yaitu dengan tidak menempatkan pada kandang yang kotor serta banyak gangguan. Berikan kandang yang luas bagi burung parkit.

Memberikan air campuran obat penghilang stress

Jika anda hendak menjadikan parkit anda bisa bebas dari stress, langkahnya yaitu dengan memberikan obat penghilang stress yang dicampurkan menggunakan air secukupnya.

Dengan menggunakan obat ini, tingkat stress burung parkit yang besar bisa dikurangi hingga bisa normal dan bisa cepat bertelur.

Obat untuk menghilangkan stress burung parkit ini pada umumnya di jual di pasar maupun di toko burung. Burung ini juga bervariasi harinya, anda dapat menyesuaikan dengan keperluan anda sendiri.

Akan tetapi, pastinya anda tidak harus memberikan obat untuk menghilangkan stress secara terus menerus setiap hari. Sebab dapat menjadikan burung parkit anda akan mengalami gangguan tubuh.

Anda hanya bisa memberikannya pada awal mula masa adaptasi di lingkungan barunya. Dan akan mengalami stress saat waktu tertentu saja.

Memberikan air campuran gula merah

Jika anda menginginkan burung parkit anda cepat menghasilkan telur, maka mereka harus punya tenaga yang besar untuk kawin. Kerap sekali burung parkit tidak mau kawin sebab mereka tidak punya tenaga yang cukup di dalam melakukan perkawinan dengan pasangannya.

Di dalam menanggulangi masalah lemahnya tenaga pada burung parkit anda, anda dapat membuat ramuan penambah tenaga untuk burung tersebut. Langkahnya juga sangat sederhana. Antara lain dengan membuat ramuan dari campuran air bersama gula merah.

Selanjutnya anda minumkan kepada parkit anda. Ramuan tersebut bisa menjadikan burung parkit anda punya tenaga yang semakin unggul sehingga bisa dipastikan jika burung parkit anda bisa siap kawin sewaktu waktu.

Namun ramuan ini jangan anda berikan setiap hari. Anda bisa memberikan pada waktu burung tampak tidak bersemangat atau tidak bertenaga bahkan malah menjauhi lawan jenisnya saja. Jika kebanyakan memberikan ramuan ini juga menjadikan tidak baik pada burung parkit anda.

Memberi makan tauge

Pemberian Tauge Agar Bertelur
Pemberian Tauge Agar Bertelur

Cara beternak burung parkit agar cepat bertelur selanjutnya yaitu dengan memberikan tauge. Burung parkit perlu makanan burung parkit yang punya kandungan protein cukup tinggi. Hal ini sangat diperlukan saat masa pertumbuhan dan saat masa perkawinan.

Menjadikan telur berkualitas pastinya memerlukan nutrisi, salah satunya memerlukan kandungan protein yang besar. Supaya nantinya telur mereka bisa menetas dengan sempurna.

Tinggalkan Komentar