Mengetahui Ragam Manfaat Kelengkeng Untuk Burung Kicauan

Burung ocehan yang memiliki kualitas suara yang baik dan juga memiliki performa yang baik pastinya tidak terlepas dari jenis makanan yang diberikan di setiap harinya. Selain serangga dan biji-bijian, jenis makanan lainnya yaitu berupa buah-buahan yang banyak mengandung asupan nutrisi yang cukup. Salah satu jenis buah yang baik untuk burung yaitu kelengkeng. Sebab manfaat kelengkeng untuk burung kicauan cukuplah banyak.

hellosehat.com

Kandungan Nutrisi Pada Kelengkeng

Buah kelengkeng merupakan salah satu jenis tanaman buah-buahan yang banyak hidup di Indonesia dan memang berasal dari Asia Tenggara. Buah kelengkeng ini memiliki daging yang lumayan tebal dan juga rasa yang manis. Di dalam buah ini banyak terdapat kandungan air.

Adanya jenis buah kelengkeng di Indonesia tidak hanya dikonsumsi oleh manusia saja. Akan tetapi juga dikonsumsi oleh makhluk hidup yang lain seperti halnya burung ocehan. Namun, perlu anda ketahui jika tidak semua dari jenis burung kicauan ini mau memakan buah kelengkeng yang berada di alam liar.

Kandungan nutrisi atau gizi yang terdapat pada buah kelengkeng ini cukuplah banyak. Diantaranya ialah Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C , sukrosa. Selain itu, didalamnya juga terdapat kandungan berupa glukosa, lemak, protein nabati, dan juga senyawa fitokimia.

Sedangkan untuk kadar gula yang terkandung pada buah kelengkeng mencapai 15,23 gram termasuk cukup tinggi dan juga kadar airnya sekitar 83%.

Manfaat Kelengkeng Untuk Burung Kicauan

Nah, ternyata buah kelengkeng ini mempunyai banyak sekali macam khasiat yang bermanfaat bagi burung ocehan yang mengonsumsinya. Salah satu manfaat yang didapatkannya yaitu bia menjadikan burung ocehan menjadi lincah, aktif, dan rajin berkicau.

Ini semua disebabkan oleh kandungan gula yang terdapat dalam buah tersebut yang tinggi. Sehingga bisa berfungsi sebagai tenaga maupun sebagai energi. Dengan demikian, burung kicauan akan jarang mengalami kelelahan.

Manfaat kelengkeng untuk burung kicauan yang selanjutnya yaitu untuk memperlancar pencernaan pada burung ocehan. Dengan demikian, untuk burung kicauan yang sulit mengeluarkan kotoran sanggup diberikan buah kelengkeng guna melancarkan sistem jalan masuk pencernaannya.

Selain itu, buah kelengkeng juga sangatlah bermanfaat untuk menambah nafsu makan burung kicaaun yang lagi ngedrop atau stres. Maka dari itu, supaya burung ocehan yang baru saja sembuh dari sakit atau sedang dalam perawatan sanggup diberikan buah kelengkeng. Tujuannya tak lain untuk memperbaiki nafsu makannya yang memburuk.

Dan yang terpenting harus anda ketahui yaitu bahwa buah kelengkeng juga sanggup menjadi obat penenang bagi burung ocehan yang saat itu sedang mengalami stres. Sebab, kandungan senyawa yang terdapat pada buah kelengkeng bisa melenturkan kinerja saraf dan juga bisa menormalkan detak jantung.

Cara Pemberian Kelengkeng Untuk Burung Kicauan

kelengkeng.co.id

Untuk mendapatkan manfaat yang baik, maka anda harus bisa memberiknnya dengan baik dan benar. Anda semuanya bisa memberikan buah kelengkeng untuk burung pemakan buah setiap hari. Bisa juga dengan diselingi berbagai macam jenis buah-buahan yang lainnya yang bervariasi.

Sebelum memberikannya, kupas terlebih dahulu kulitnya. Setelah itu, pisahkan biji dari buah kelengkeng selanjutnya berikanlah daging buahnya saja untuk disantap oleh burung ocehan yang anda pelihara. Atau apabila burung kicauan tersebut sudah terlatih serta sanggup membuka kulit buah tanpa kesulitan maka bisa diberikan buah kelengkeng secara utuh kepada burung ocehan tersebut.

Dengan berbagai macam kandungan nutrisi yang ada pada buah kelengkeng ini, burung kicauan anda bisa menjadi lebih sehat dan memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik lagi.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar