Mengetahui Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Anis Merah Ngecir

Anis merah ngecir, gesir, nglecir ini merupakan salah satu masalah klasik yang kerap menjadi sumber keluhan untuk pemelihara burung Anis Merah. Untuk masalah seperti ini memang sudah lama mengganggu pikiran penghobi. Dan masalah seperti ini hanya ditemukan pada burung Anis Merah saja.

Pada umumnya, penyakit yang eperti ini terjadi sebab kesalahan perawatan atau kurang pahamnya pemilik mengenai karakter burung yang dipeliharanya. Maka dari itu, ketahuilah karakter burung sangat penting. Apabila tidak, maka dapat menjadikan masalah-masalah prilaku seperti halnya ngecir.

Ngecir adalah istilah untuk burung Anis Merah yang mengalami gangguan prilaku yang menekukkan badannya membentuk U. Selain itu juga pada umumnya burung akan menggetarkan sayap seperti mengigil. Terkadang juga dikepakkan sayapnya dan menangkat kepala, serta berbunyi serr secara samar-samar.

Penyebab Burung Anis Merah Ngecir

rebanas.com

Burung Anis Merah Ngecir harus segera diatasi. Namun, sebelum tau cara mengatasinya sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu penyebab dari masalah burung Anis Merah yang seperti ini;

  1. Over birahi.
  2. Jadwal harian yang kerap diabaikan seperti mandi jarang.
  3. Proses penjemuran jarang.
  4. Durasi penjemuran terlalu lama.
  5. Jarang menjemur, sekali menjemur berdurasi lama.
  6. Tidak nyaman dengan tangkringan dalam sangkar.
  7. Tidak nyaman dengan sangkar, model, warna, serta ukirannya.
  8. Ingin kawin atau mau berjodoh, tapi tak dijodohkan.
  9. Mau mabung, masa mabung, atau pasca mabung.
  10. Tidak dalam kondisi fit.

Cara Mengatasi Anis Merah Ngecir

kicaumania.net

Sesudah anda semua mengetahui tentang berbagai macam penyebab dari burung Anis merah yang ngecir ini, sebaiknya anda segera mengatasinya dengan berbagai cara seperti berikut ini;

1. EF Peningkat Birahi

Anis Merah ngecir pada umumnya disebabkan over birahi. Maka dari itu, sebaiknya anda semua belajar bagaimana cara mengontrol birahi pada Anis Merah yang baik dan benar.

Biasanya untuk pemberian kroto, jangkrik, ulat hongkong, dan lainnya dapat untuk meningkatkan birahi. Di dalam menurunkan birahi, sebaiknya anda memangkas atau berikan EF penurun birahi. Diantaranya seperti ulat bambu dan lainnya. Anda bisa menyesuaikan dengan karakter anis merah Anda.

2. Konsisten

Sebaiknya anda semua jangan melewat jadwal yang sudah anda buat. Misalnya saja apabila setiap hari anda memandikan anis merah berdasarkan jadwal maka mandikanlah. Sebaiknya jangan ditunda-tunda. Apabila perawatan ini sellau dilakukan dengan tidak konsisten, bisa membuat anis merah anda ngecir.

3. Penjemuran

Dalam perawatannya sebaiknya jangan menjemur burung Anis merah terlalu lama. Sebab, ini dapat menjadikan ngecir. Hal ini disebabkan durasi penjemuran yang semakin lama dapat meningkatkan birahi anis merah.

Apabila burung sudah over birahi, masalah pada burung Anis Merah seperti ngecir ini dapat terjadi kapan saja. Untuk durasi penjemuran yang baik yaitu 1 jam perhari dan khusus untuk masa mabung, sebaiknya anda tidak melakukan penjemuran.

4. Memandikan Anis Merah

Anda sebaiknya juga bisa rutin memandikannya setiap pagi. Jika burung jarang dimandikan maka bisa meningkatkan birahinya dan menjadikannya tak terkontrol. Mandi yang baik yaitu mandi kurang lebih sekitar pukul 07.00 pagi.

Dan apabila birahi terlalu tinggi, mandi sering atau mandi es menjadi salah satu solusi paling ampuh untuk burung Anis Merah ini.

5. Pemberian Voer

Untuk mengatasi burung Anis Merah ngecir, maka pemberian voer sebaiknya juga bisa lebih banyak jika dibandingkan dengan EF atau kroto. Pastikan juga voer yang diberikan ini mempunyai protein yang rendah.

Untuk pemberiannya sebaiknya juga harus rutin, kalau bisa setiap hari. Manfaat dari voer yaitu untuk menyeimbangkan nutrisi lain selain protein hanya bisa dijumpai pada EF seperti kroto.

Tinggalkan Komentar