Begini Cara Membedakan Anis Merah Jantan dan Betina

Memiliki tampilan fisik yang hampir sama, cukup sulit membedakan anis merah jantan dengan betina. Supaya tidak keliru, perhatikan beberapa ciri berikut Anis merah adalah salah satu spesies yang cukup populer di kalangan para pencinta burung. Menyandang nama Latin Zoothera citrina, anis merah juga dikenal sebagai punglor merah atau punglor cacing. Selain karena warnanya yang menarik, kicauan burung yang satu ini lumayan menghibur dan enak didengar.

Oleh para pengamat, kicauan anis merah jantan dinilai lebih bagus dan variatif dibandingkan kicauan betinanya. Tak mengherankan jika harga burung jantan pun jauh lebih tinggi. Masalahnya, cara membedakan anis merah jantan dengan anis merah betina bukanlah hal yang mudah. Nah, bagi Anda yang masih awam, berikut panduan singkat untuk membedakan burung anis merah jantan dengan betina.

Ciri Khas Anis Merah Jantan

Anis Merah Jantan
Anis Merah Jantan

Salah satu ciri yang terlihat cukup jelas pada anis merah jantan adalah bulunya yang cerah dan mengilap. Bila dalam kondisi masih trotolan atau anakan, Anda tidak akan menjumpai warna kuning pada bagian sayapnya, yang sepenuhnya tampak adalah warna hitam. Ciri selanjutnya yang bisa diperhatikan pada anis merah jantan adalah bentuk kepalanya yang lonjong. Paruhnya terlihat tebal dan runcing apabila diamati dari atas. Sementara itu, posisi matanya sejajar dengan paruh. Lehernya panjang, begitu pula jari-jari kakinya. Secara keseluruhan, tubuh anis merah jantan tampak lebih panjang dan ramping. Tulang kloakanya runcing dan rapat. Jika berdiri, ia terlihat tegak dan gagah. Bahkan, bila berhadapan dengan anis merah lain, ia biasanya terlihat mengangkat kepala dan berkicau.

Ciri Khas Anis Merah Betina

Anis Merah Betina
Anis Merah Betina

Jika dilihat sekilas, warna bulu anis merah betina cenderung kusam, tidak terlalu terang atau mengilap. Pada saat masih anakan, Anda bisa mengenalinya dengan keberadaan bintik-bintik kuning pada bagian sayap. Semakin dewasa, bintik-bintik kuning ini akan terlihat memudar sehingga lebih sulit membedakannya dengan anis merah jantan. Berdasarkan bentuk paruhnya, anis merah betina memiliki paruh yang tipis. Lehernya pendek dan matanya tidak sejajar dengan paruh. Bentuk kepalanya cenderung lebih bundar. Kloakanya juga terlihat lebih lebar daripada anis merah jantan. Apabila anis merah betina dihadapkan dengan burung anis merah lainnya, Anda akan melihat gerakan seperti menggetarkan sayap. Lalu, ada bunyi seperti bersiul, bukan berkicau. Berbeda dengan anis merah jantan yang tegap, tubuh anis merah betina biasanya tampak bulat dan pendek.

Pilih Jantan Atau Betina?

Anis Merah Liar
Anis Merah Liar

Salah satu kebiasaan unik yang dimiliki burung anis merah adalah teler. Ini merupakan sebuah gerakan menggelengkan kepala ke kiri dan ke kanan sembari melemaskan tubuh. Gerakan ini sangat mirip seperti gerakan orang yang sedang mabuk. Sangat jarang burung yang bisa melakukan gerakan unik semacam ini. Selain itu, burung anis merah banyak dicari karena menghasilkan kicauan yang lantang dan merdu. Bukan hanya itu, spesies ini juga bisa mengeluarkan berbagai variasi kicauan bila dilatih dengan baik. Namun, anis merah jantanlah yang dinilai akan lebih maksimal menghasilkan kicauan ketimbang anis merah betina.

Meskipun demikian, bukan berarti anis merah betina tidak bernilai. Kehadiran burung berjenis betina ini ternyata bisa memancing kicauan para burung jantan. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda juga membelinya untuk melengkapi koleksi burung peliharaan Anda. Untuk membedakan anis merah jantan dan betina dibutuhkan ketelitian, kehati-hatian, serta pengalaman. Jika tidak, Anda bisa salah memilih dan mendapatkan burung yang tidaksesuai dengan harapan. Nah, apakah Anda ingin membeli anis merah jantan atau betina? Jangan lupa kenali ciri-ciri fisiknya terlebih dahulu.

Tinggalkan Komentar