Tips Paling Ampuh Untuk Meningkatkan Volume Cucak Ijo

Untuk anda semua yang hobi dengan burung kicauan pastinya sudah mengenal burung cucak ijo. Burung cucak ijo ini jika dilatih dan dipelihara dengan baik bisa memiliki kualitas yang baik dan bisa mengeluarkan suara yang gacor dan bervariasi.

Akan tetapi, ada kalanya cucak ijo memiliki volume tipis, padahal dari asalnya burung cucak ijo mempunyai volume yang lebih keras. Dan apabila masih bakalan, pastinya termasuk hal terhitung normal. Sebab, mungkin masih sedang pada tahap perkembangan. Akan tetapi apabila ternyata burung sudah dewasa, barangkali burung bisa memperoleh perawatan yang kurang tepat. Dengan demikian volumenya kurang maksimal.

hargacara.com

Tips Meningkatkan Volume Cucak Ijo

Kualitas burung peliharaan biasanya tergantung dengan perawatan harian yang diberikan. Apabila rawatan harian yang yang anda berikan pada burung bagus, pastinya kualitas dan bakat burung akan muncul dan tersalurkan dengan baik. Akan tetapi, sebaik apapun bakat dasar burung apabila mendapatkan perawatan harian yang kurang bagus, maka bakat burung tidak akan dimunculkan.

Maka dari itu, agar volume dasar burung anda dapat keluar dengan maksimal, sebaiknya anda memberikan perawatan khusus. Dalam hal ini, Anda bisa memberikan beberapa tips jitu untuk meningkatkan volume cucak ijo Anda.

Pengumbaran

Untuk meningkatkan volume cucak ijo, sebaiknya anda melakukan pengumbaran terhadap burung ini. Pengumbaran ini jika dilakukan maka manfaatnya akan sangat baik untuk kesehatan burung. Selain itu juga bisa untuk meningkatkan volume. Karena, pada saat burung sehat, secara otomatis semua kesehatan pada burung bisa menjadi meningkat, termasuk masalah volume tersebut.

Pengumbaran juga dapat anda lakukan setiap hari atau dilakukan setiap dua hari sekali. Semuanya bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan. Sedangkan untuk masalah durasinya, anda semua dapat menyesuaikannya dengan kondisi dan kebutuhan burung. Karena untuk yang paling penting bukan seberapa lama umbaran dilakukan. Akan tetapi seberapa konsistens anda dalam melakukannya. Maka dari itu, umbar burung secara rutin serta konsisten setiap hari.

Pengembunan

Pengembunan ternyata juga sangat penting dilakukan. Terlebih lagi untuk burung cucak ijo yang mempunyai volume kurang bagus. Dengan melakukan pengembunan, burung yang anda pelihara nantinya akan menjadi lebih rajin dan bahkan ngotot. Dengan demikian, volume burung akan keluar dengan lebih maksimal.

superkicau.com

Sedangan untuk idealnya, pengembunan ini bisa dilakukan setiap hari saat pagi hari. Sama seperti pengumbaran di atas, pengembunan sebaiknya juga dilakukan secara konsisten setiap hari. Hal ini merupakan cara yang paling jitu untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal.

Berikan Air Pengembunan

Cara meningkatkan volume cucak ijo selanjutnya yaitu dengan memberikan air yang telah diembunkan. Air rebusan merupakan air terbaik untuk diberikan pada burung. Akan tetapi untuk air yang paling baik yaitu air yang telah diembunkan selama semalaman. Sebab, air ini bisa menghilangkan suara serak pada burung dan bisa meningkatkan volume burung cucak ijo anda.

Mandi Sauna

Mandi sauna ini dilakukan dengan penjemuran. Untuk durasi penjemurannya hanya sebentar saja. Akan tetapi, apabila sampai berlebihan bisa sangat membahayakan kesehatan burung. Oleh sebab itu, cukup batasi durasi penjemuran hanya 45 menit sampai dengan 1 jam saja.

Pemberian Jamu Gendong

Sudah banyak penghobi cucak ijo yang memberikan jamu gendong untuk burung yang dipeliharanya. Pemberiannya cukup sekali saja dalam seminggu. Untuk jenis jamu ini, diyakini bisa menjadikan burung cucak ijo bertambah lincah dan juga bisa bertambah sehat. Bahkan ada juga yang meyakini, jika jamu gendong ini dapat meningkatkan volume cucak ijo. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika sesekali anda mencobanya.

Tinggalkan Komentar