Mengetahui Penyebab Burung Cendet Ngetem Di Lapangan

Banyak sekali permasalahan burung cendet peliharaan yang kerap dijumpai oleh para pemelihara burung cendet. Salah satunya yaitu burung cendet ngetem di lapangan. Ngetem yang menimpa burung Cendet diantaranya merupakan suatu kejadian yang menjadikannya harus berhenti berkicau beberapa saat kemudian dilanjutkan kembali.

Pada umumnya, burung Cendet ngetem di lapangan atau di arena lomba ini menjadikan waktu tersita beberapa menit untuk melanjutkan kicauannya. Dengan demikian, nilai yang harus diperolehnya menjadi berkurang. Dan ini dapat berpotensi menghambat burung Cendet untuk memperoleh juara pertama pada lomba burung kicauan tersebut.

Penyebab Burung Cendet Ngetem di Lapangan

Penyebab Burung Cendet Ngetem di Lapangan
caraputu.com

Burung Cendet yang ngetem biasanya tidak terjadi dengan mendadak. Namun, ada penyebab yang menjadikannya harus berhenti berkicau sejenak. Sedangkan untuk penyebab yang paling umum terjadi pada burung Cendet ngetem di lapangan yaitu kurangnya pengalaman bertanding.

Bisa juga dikarenakan usianya yang masih terlalu muda ikut dalam kontes burung kicauan. Selain itu, ada penyebab burung cendet ngetem yang lainnya, seperti berikut ini;

Burung Cendet Mengalami Gangguan Kesehatan

Burung cendet yang ngetem di arena lomba penyebabnya bisa juga katrena kondisi fisik yang kurang sehat. Pada umumnya, burung Cendet yang sedang ada gangguan kesehatan bisa berpotensi tidak konsentrasi ketika berkicau.

Sehingga, burung Cendet akan merasa kesulitan mengeluarkan seluruh kicauannya dengan sempurna dan harus berhenti sejenak untuk sekedar mengambil napas dan ingin istirahat.

Maka dari itu, anda harus bisa memperhatikan perawatan burung Cendet mengenai masalah kualitas pakan yang disantapnya. Selain itu, anda semua harus rutin memandikan dan juga menjemurnya.

Tak hanya itu saja, bila sekiranya burung peliharaan anda sedang dalam keadaan kurang sehat, maka sebaiknya jangan dipaksakan mengikuti lomba agar tidak melakukan ngetem yang bisa mengurangi nilainya.

Suara Isian Burung Cendet Kurang

Burung Cendet ngetem di lapangan juga bisa disebabkan oleh minimnya penguasaan suara isian atau suara masterannya. Hal ini yang menjadikan burung Cendet akan kesulitan di dalam beralih nada ketika lagu yang dibunyikannya tersebut akan berakhir.

Oleh sebab itu, ketika burung Cendet akan beralih ke lagu yang baru maka harus berhenti beberapa saat dan melanjutkan kembali kicauannya. Lain halnya dengan urung Cendet yang sudah menguasai banyak suara masteran, mereka tidak harus ngetem saat harus berganti lagu.

Maka dari itu, ketika anda melatih kicauan burung Cendet, sebaiknya tidak hanya mendorongnya agar bisa gacor atau rajin bunyi. Namun, penting juga anda untuk memperkaya variasi kicauannya supaya tidak melakukan ngetemketika berada di lapangan.

Belum Biasa Di Lokasi Perlombaan

Burung Cendet Ngetem Di Area Lomba
cendet-jatim.blogspot.com

Burung cebelum terbiasa berada di arena perlombaan. Burung Cendet yang ndet ngetem di lapangan juga bisa disebabkan burung cendet peliharaan anda itu sangat jarang berada di arena lomba baik. Baik itu bertanding ataupun hanya sekedar latihan, karena hal tersebut bisa menjadikannya kurang percaya diri dan tidak maksimal dalam berkicau.

Burung Cendet yang tidak percaya diri akan merasa kesulitan dalam mengeluarkan semua suara isian yang dipelajarinya. Dengan demikian, burung cendet harus ngetem beberapa saat baru mau melanjutkan kicauannya.

Bagi anda yang memelihara burung cendet untuk dijadikan burung lomba, maka sebaiknya dilatih sejak dini dengan membawanya pada tempat yang lebih luas dan ramai.

Dengan melakukan berbagai cara terssebut, maka burung cendet anda akan berkualitas dan percaya diri di area lomba. Permasalahan burung cendet ngetem di lapangan tidak akan anda temui lagi.

Tinggalkan Komentar