Mengetahui Cara Merawat Burung Branjangan Mabung Agar Cepat Tuntas

Mabung termasuk salah satu proses alami serta pasti di alami oleh semua jenis burung, termasuk juga pada burung branjangan. Maka dari itu, anda harus bisa di dalam masalah perawatannya.

Masa mabung atau moulting yang terjadi branjangan ini tidak dapat dibiarkan begitu saja, lain halnya dengan burung mabung di alam liar. Maka dari itu, anda harus bisa mengetahui bagaimana cara menjaga asupan protein burung serta menjaga keadaan mentalnya.

Dan ketika masa bertelur, tingkat protein yang diperlukan burung branjangan sangat banyak. Namun, ketika mabung juga protein yang diperlukan akan berlipat menjadi 2.5 kali lebih besar. Protein bermanfaat sekali dalam hal pertumbuhan bulu.

Cara Merawat Burung Branjangan Mabung

omkicau.com

Ternyata setiap bulu dari burung terdiri hampir 90% protein keratin untuk membangun sel-sel yang diperlukan. Maka dari itu, untuk anda yang memeliharanya protein dan nutrisi-nutrisi lainnya harus benar-benar bisa diperhatikan.

Pada burung branjangan sendiri masa mabung biasanya sekitar 1 sampai dengan 2 bulan. Pada masa tersebut anda sebaiknya bisa merawatnya dengan baik. Cara merawat burung branjangan mabung diantara seperti berikut ini;

1. Berikan Tempat Terbaik

Ketika sedang mabung, anda bisa menggantungkan sangkarnya di tempat yang sepi, yang jauh dari gangguan manusia serta gangguan dari hewan pengganggu yang lainnya. Apabila dibutuhkan, anda bisa melakukan full krodong supaya tingkat stress bisa berkurang. Selain itu juga bisa untuk meningkatkan konsentrasi untuk merontokkan bulunya.

2. Berikan Multivitamin Lebih Banyak

Pemberian mineral harus selalu anda perhatikan. Sebab, keperluan vitamin dan mineral ketika mabung cukup tinggi.

3. Jangan Dimandikan

Sebaiknya anda jangan membasahi atau memandikan burung yang sedang mabung, termasuk juga pada burung branjangan anda. Hal ini dapat untuk merangsang stres pada branjangan.

4. Rutin Melakukan Pemasteran

Cara merawat burung branjangan mabung yaitu jangan lupa untuk melakukan pemasteran pada saat mabung juga menjadi keputusan yang begitu tepat. Dan ketika mabung, konsentrasi burung hanya fokus di masalah perontokan bulu.

Dengan demikian melakukan pemasteran dinilai sangat baik. Sebab, saat mabung burung akan lebih terkonsentrasi pada suara master. Coba anda mencoba dengan mp3 player, sebab ini bisa terbilang mudah, murah, serta bisa dilakukan selama mungkin.

5. Jaga Kebersihan Burung dan Penjemuran

branjangan.weebly.com

Guna menjaga supaya branjangan tetap pada mental stabil, pastikan burung branjangan yang anda pelihara tersebut bisa bebas dari kutu, jamur, mikroba, cacing, dan parasit penggangu yang lainnya.

Berbagai macam cara bisa dilakukan untuk menghilangkan semua itu, salah satunya diantaranya yaitu tetap berikan penjemuran pada jenis burung. Penjemuran tersebut bermanfaat sekali untuk merontokkan kutu-kutu dan menjaga mental burung tersebut. Namun, jangan lakukan terlalu lama, yakni cukup 20 menit saja setiap harinya.

6. Menjaga Kebersihan Sangkar

Pembersihan kandang penting sekali untuk dilakukan. Hal ini disebabkan kotoran yang menumpuk bisa menyebabkan tumbuhnya jamur dan penyakit.

7. Menjaga Asupan Gizi

Pemberian protein 2 kali lebih besar jika dibandingkan hari. Hal ini lah yang menjadi salah satu perhatian utama apabila burung yang anda pelihara tersebut sedang mabung. Cara merawat burung branjangan mabung cobalah untuk memberikan EF yang kaya akan protein, misalnya saja seperti jangkrik, ulat hongkong, belalang, dan lain sebagainya.

Jangkrik juga bisa menjadi salah satu pilihan yang dinilai sangat tepat sebab terkenal memiliki protein yang cukup tinggi. Anda juga bisa mencoba untuk memberikannya yang banyak. Sebab, protein yang masuk akan cepat di proses untuk pembentukan bulu-bulu yang baru.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar