Melatih Kolibri agar Siap Lomba

Secara fitrah, kolibri merupakan burung petarung. Karena itu pula mereka banyak diminati penggemar burung. Meski cenderung memiliki jiwa petarung, tidak gampang membuat kolibri mampu beraksi dalam lomba. Butuh perawatan dan pelatihan yang telaten setiap harinya agar menjadikannya burung lomba yang gacor.

Pola perawatan memiliki pengaruh paling besar untuk membuat seekor kolibri menjadi burung lomba yang jago. Ada beberapa fase dalam pelatihan awal bagi kolibri untuk bisa ikut lomba, yaitu:

1. Fase Perawatan

Soure - youtube
Soure – youtube
  • Jika cuaca cerah dan tidak sehabis hujan, setiap pagi embunkan kolibri di luar. Lakukan pagi-pagi sebelum matahari bersinar cerah.
  • Beri makan kroto setiap hari.
  • Jemur di tempat tersendiri yang tidak terlihat oleh burung lain dari jenis apa pun.
  • Jaga selalu kebersihan sangkar.
  • Atur pola makan yang mengandung kadar gula, jangan terlalu banyak, tapi juga jangan sampai kekurangan.

2. Fase Adaptasi Lomba

Jika jam terbang lomba kolibri Anda masih sedikit atau bahkan belum pernah, sering-seringlah melakukan adaptasi atau pembiasaan kondisi lomba. Hal ini bisa dilakukan dengan sering membawa kolibri ke arena latihan bersama atau perlombaan.

Cara ini dilakukan untuk melatih mental kolibri jika belum mengetahui kondisi lomba, atau untuk menambah jam terbang jika belum sering mengikuti lomba. Pada awal-awal lomba, jangan memaksakan kolibri untuk bisa menang karena untuk menjadi jagoan lomba, dibutuhkan waktu yang tidak singkat.

3. Fase Pemasteran

Source - youtube
Source – youtube

Pemasteran maksudnya adalah proses melatih burung untuk menirukan suara kicau burung lain. Caranya, dengan memperdengarkan suara kicau burung lain dari rekaman pada burung yang sedang kita latih. Suara yang diperdengarkan adalah suara dari burung sejenis.

4. Fase Pengerodongan

Pengerodongan adalah menutup dengan kain sebagian atau seluruh bagian pada sangkar sehingga kolibri yang berada dalam kandang memiliki keterbatasan melihat gerak-gerik dan pemandangan yang luas karena kandang menjadi gelap.

Pengerodongan dilakukan saat siang sampai sore hari agar kolibri bisa lebih tenang jadi energinya tidak banyak terbuang. Pada sore hari, bukalah kerodongnya agar burung bisa berkicau bebas. Lakukan kembali pengerodongan di malam hari saat burung beristirahat agar istirahatnya lebih maksimal.

5. Fase Persiapan menuju Lomba

Source - tokopedia
Source – tokopedia
  • Karantina

Karantina harus dilakukan tujuh hari sebelum perlombaan, yaitu dengan memisahkan kolibri yang akan diperlombakan dari burung lain, baik yang sejenis maupun tidak sejenis.

  • Penempelan Kolibri Beda Jenis Kelamin

Sehari sebelum perlombaan, sediakan kolibri betina dan tempelkan pada si calon jagoan lomba. Hal ini dilakukan untuk mendongkrak mental bertarungnya.

  • Pemberian Suplemen Makanan

Sebelum ikut lomba, beri kolibri suplemen makanan agar daya tahan tubuh dan mentalnya juga meningkat.

Jika sudah berada di arena lomba, tetap letakkan burung di dalam sangkar dalam kondisi masih dikerodong. Letakkan di tempat yang teduh dan jangan dekat-dekat dengan burung peserta lain. Gunakan kerodong tebal agar burung tidak bisa melihat ke luar. Setengah jam sebelum digantang, beri makan dalam kondisi burung tetap dikerodong dan tetap jauhkan dari peserta burung lainnya agar burung tetap bisa fokus.

Jika sudah tiba saatnya lomba, lepaskan semua cepuk yang berisi makanan dan minuman, buang semua sisa makanan yang ada dalam sangkar agar burung bisa tetap konsentrasi.

Langkah-langkah dari fase di atas tidak menjamin seekor burung menjadi jagoan dalam sebuah lomba. Semua kembali kepada keberuntungan, apakah burung lain tidak ada yang lebih baik dan bagus daripada burung kita atau tidak. Jam terbang juga sangat memengaruhi. Maka bersabarlah hingga burung Anda menjadi jagoan lomba dan jangan pernah bosan merawat dan melatihnya.

Tinggalkan Komentar