Mengetahui Penyakit Gondok Pada Lovebird Peliharaan Anda

Lovebird adalah burung kicauan yang unik dan lucu. Maka tidak heran jika burung ini banyak sekali digemari oleh para pecinta burung kicauan.

Bulunya yang indah dan berwarna warni menjadikan tampilan burung ini menjadi semakin terlihat cantik dan menarik. Suaranya pun juga dikenal merdu dan juga bervariatif.

Dengan demikian keindaannya pada suara dan bulunya membuat burung ini semakin banyak dipelihara untuk melengkapi koleksi burung kicauan.

Akan tetapi di dalam memelihara burung cantik ini pasti ada masalah yang harus anda ketahui. Sebab banyak jenis penyakit pada lovebird juga bisa terjadi pada burung peliharaan anda.

Penyakit Gondok Pada Lovebird
Penyakit Gondok Pada Lovebird

Jenis penyakit pada lovebird diantaranya yaitu penyakit nyilet pada lovebird atau cacingan. Semua itu harus anda ketahui dan segera diatasi jika terjadi pada burung anda.

Akan tetapi, selain penyakit itu ada juga penyakit pada lovebird yang jika tidak segera diatasi akan menyebabkan pada kematian. Penyakit tersebut adalah gondok.

Gondok tidak hanya terjadi pada manusia saja, akan tetapi bisa juga menyerang pada burung lovebird anda. Penyakit gondok pada lovebird atau pada jenis burung kicauan yang lain sangatlah sering terjadi.

Untuk penyebabnya bisa dikatakan cukup banyak dan juga beraneka ragam. Akan tetapi yang jelas penyakit ini akan menjadikan burung kesayangan Anda menjadi kehilangan suaranya yang lantang dan juga merdu.

Maka dari itu anda harus tau tentang penyakit gondok pada lovebird. Tujuannya agar anda bisa mencegah dan mengatasi jika lovebird yang anda pelihara terjangkit penyakit tersebut.

Penyakit Gondok pada Lovebird

Gondok memang merupakan jenis penyakit yang sering menyerang manusia, akan tetapi juga bisa menyerang pada burung.

Pada umumnya untuk penyebab dari penyakit gondok pada lovebird sendiri biasanya telah dikarenakan perawatan yang salah dan lingkungan yang kurang kondusif.

Pada saat kelenjar tiroid terjadi pembesaran, dengan begitu akan memberi tekanan yang berlebih pada jantung, sistem paru-paru, kantung udara sampai pada organ pencernaan pada burung.

Tekanan yang berlebih di jantung dapat mengakibatkan penumpukan cairan pada sistem pernafasannya. Penyakit ini juga berakibat pada suara burung yang menjadi hilang atau suara kicauan merdunya menjadi rusak.

Dan pada kasus yang parah mampu menjadikan suara burung ini menjadi hilang dan tidak mau berkicau lagi.

Gejala Penyakit Gondok

Gejala Penyakit Gondok
Gejala Penyakit Gondok

Burung yang terkena gondok akan mengalami kejang-kejang, bisa juga mendadak mati. Khususnya akibat adanya tekanan pada jantung serta pada pembuluh dasar besar.

Terkadag lovebird anda akan mengalami penurunan bobot badan secara drastis, akibat menurunnya nafsu makan. Dan ditandai juga dengan kesulitan menelan pakan sebab tenggorokannya menyempit.

Lovebird yang terkena penyakit gondok akan sulit bernafas / sesak nafas, dan terkadang disertai dengan suara mencicit. Suara burung lovebird juga bisa mengalami perubahan saat terkena penyakit gondok ini.

Cara Mengatasi Gondok pada Lovebird

Burung yang terserang gondok harus memperoleh perawatan dengan teratur. Pisahkan juga hewan piaraan lainnya dengan burung anda tersebut.

Tujuannya supaya perawatan lebih fokus, Anda dapat memakai sangkar khusus maupun sangkar darurat. Letakkanlah sangkar pada lingkungan kaya oksigen serta bebas polusi udara ataupun dari polusi suara.

Bersihkan juga sangkar lovebird dari segala kotoran serta jamur yang menempel. Agar hasil semakin efektif, sangkar sebaiknya disiram dan disemprot dengan memakai desinfektan.

Lakukan hal tersebut dengan rutin. Sebab jika anda tidak segera melakukan hal hal untuk mengatasinya, bisa saja lovebird kesayangan anda akan mati.

Tinggalkan Komentar