Cara Membuat Pakan Kering Dari Ulat Hongkong Untuk Burung Kicauan

Salah satu pakan burung kicauan yang paling populer yaitu ukat hongkong. Ulat hongkong termasuk salah satu jenis ulat yang mirip dengan larva. Pada umumnya serangga seperti ulat hongkong ini untuk diberikan pada burung sebagai ekstra fooding. Hal ini tak lain disebabkan karena tingginya kandungan protein yang ada pada ulat hongkong. Jadi, tak heran banyak orang yang menjadikan ulat hongkong menjadi salah satu pakan favorit kicau mania untuk burung kicauannya. Misalnya saja seperti pakan kering dari ulat hongkong.

jualo.com

Akan tetapi, selain karena tingginya kandungan protein yang ada pada UH, ada juga kekurangan pada Ulat hongkong yang kurang baik untuk burung peliharaan. Lapisan kulit yang terdapat pada ulat hongkong yang tebal ini menjadikan sulit dicerna oleh burung.

Yang mana bisa menjadikan lapisan kulit tersebut nantinya akan dikeluarkan kembali bersama dengan kotoran burung. Tak hanya sulit dicerna, kerasnya cangkang yang terdapat pada ulat hongkong juga sering menjadi masalah untuk burung-burung kecil seperti Kolibri maupun burung Pleci.

Maka dari itu, penghobi burung kecil kerap memberikan ulat hongkong pada burung kecil pada saat UH sedang berwarna putih atau berganti kulitnya. Akan tetapi untuk lebih baiknya, sebaiknya anda semua juga mengetahui terlebih dahulu kandungan nutrisi pada ulat hongkong. Karena sebagai gambaran manfaat dan kegunaan pemberian ulat hongkong untuk burung kicauan.

Kandungan Nutrisi pada Ulat Hongkong

  • Protein kasar : 48 persen.
  • Kandungan Abu : 40 persen.
  • Lemak kasar : 40 persen.
  • Kadar air : 57 persen.
  • Ekstrak non nitrogen : 8 persen

Walaupun kandungan protein yang dimiliki oleh ulat hongkong ini tergolong tinggi, terdapat anggapan dan pendapat dari para pecinta burung kicauan apabila pemberian UH yang terlalu banyak akan berakibat kurang baik bagi burung. Sebab, pakan tambahan ini dianggap panas apabila terlalu banyak untuk burung.

Untuk masalah lain yang sering terjadi pada waktu penyimpanan UH adalah wadah penyimpanan sering diserang oleh kawanan semut. Dan terkadang juga sering dimakan oleh cicak-cicak yang ada di sekitar wadah ulat hongkong tersebut.
Pakan Kering dari Ulat Hongkong

Untuk pemberian ulat hongkong, sebaiknya anda juga mengetahui pembuatan pakan kering dari ulat hongkong yang dikeringkan. Keuntungan mengkeringkan UH ini memang dinilai cukup banyak. Kemudian untuk proses ini bisa anda coba sendiri di rumah.

Ada banyak sekali manfaat dan keuntungan mengkeringkan UH untuk dijadikan sebagai pakan tambahan burung kicauan ini. Diantaranya yaitu bisa menjadi lebih awet dan tahan lama, bebas pakan dan juga bebas serangan semut ataupun cicak.

Kemudian, untuk kandungan lemak dan airnya juga bisa berkurang cukup banyak, karena dikeringkan. Selanjutnya, ulat hongkong yang dikeringkan menjadikan cangkang UH menjadi mudah dicerna dan juga tidak keras.

Cara Membuat Pakan Kering Dari Ulat Hongkong

jitunews.com

Untuk membuat pakan kering dari ulat hongkong, sebaiknya anda bersihkan ulat hongkong dari yang mati dan juga kotoran yang tidak diperlukan. Matikan ulat hongkong dengan cara dimasukkan ke dalam freeser selama 15 s/d 20 menit, pastikan ulat hongkong tersebut sudah mati semua.

Letakkan pada nampan yang bersih yang sebelumnya diberi taburan tepung supaya ulat hongkong kering tidak lengket pada dasar loyang. Selanjutnya masukkan ke dalam oven dengan api yang sedang saja selama 30 menit hingga matag sempurna.

Sesudah itu, ulat hongkong bisa didinginkan serta disimpan ke dalam wadah yang tertutup dan bersih. Berikan ulat hongkong pada burung secukupnya dan seperlunya saja. Berikan pakan kering dari ulat hongkong ini dengan baik dan benar.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar