Mengetahui Ciri Khas Burung Elang Setiwel dan Habitatnya

Burung Elang adalah jenis burung predator yang memiliki banyak jenis. Salah satu jenis burung Elang yang perlu anda ketahui yaitu burung Elang Setiwel.

Elang Setiwel termasuk salah satu jenis Elang atau termasuk jenis burung pemangsa yang berasal dari keluarga Accipitridae serta Genus Hieraaetus.

Burung yang mempunyai nama ilmiah Hieraaetus Pennatus atau Booted Eagle ini termasuk salah satu jenis elang yang tidak termasuk jenis burung penetap di Indonesia.

Ciri Khas Burung Elang Setiwel

Ciri Khas Burung Elang Setiwel
flickr.com

Ciri khas burung Elang Setiwel berukuan sedang, yang mana panjang tubuhnya yaitu dari ujung paruh hingga pada bgaian ujung ekor kurang lebih sekitar 42 hingga 51 cm.

Sedangkan untuk berat tubuh Elang Setiwel yang jenis kelaminnya jantan sekitar 510 sampai 770 gram. Sedangkan untuk yang betina sekitar 840 hingga 1250 gram dengan rentang sayap sekitar 113 hingga 138 cm.

Ciri khas burung Elang Setiwel selanjutnya yaitu di bagian dada Elang ini berwarna coklat kemerahan ketika fase gelap, atau putih sedikit kuning tua pada waktu fase terang.

Elang Setiwel juga tidak berjambul, kaki berbulu. Lalu untuk bagian dagu, pipi, dan bagian bulu penutup ekor bawah kuning tua hingga berwarna coklat. Pada bagian tubuh bagian atas coklat dengan bintik-bintik hitam dan kuning tua.

Sedangkan untuk bagian sayap dan juga pada bagian ekor coklat lebih gelap. Dan ketika terbang, bulu-bulu primer yang memiliki warna gelap tampak begitu kontras.

Ciri khas dari burung Elang Setiwel ini pada bagian bulu penutup ekor berwarna pucat. Untuk bagian iris coklat, paruh kehitaman, sera dan juga bagian kaki kuning.

Daerah Persebaran Elang Setiwel

Daerah persebarannya yaitu berada di Afrika, Erasia brat daya, India barat laut, serta di Cina utara. Saat musim dingin bermigrasi ke selatan hingga ke Afrika, India, serta di Semenanjung Malaysia.

Habitat dan Kebiasaan Elang Setiwel

Habitat dan Kebiasaan Elang Setiwel
Oiseaux.net

Pada umumnya burung ini ada di kawasan di pinggir hutan. Terkadang juga tampak berputar-putar atau meluncur rendah di atas pohon. Seperti halnya di hutan terbuka dan hutan pohon jarum, padang rumput, gurun, serta di semi-gurun.

Terkadang juga ada di tebing laut, berbagai hutan, perkebunan eukaliptus, palem serta di kebun zaitun, serta berada di kawasan hutan lainnya di Maroko. Burung ini juga mempunyai tempat favorit di puncak pohon mati untuk beristirahat dan mengeluarkan pelet.

Makanan Elang Setiwel

Untuk jenis pakan dari burung Elang Setiwel pada umumnya ditangkap di permukaan tanah. Terkadang juga berburu dari tempat bertengger. Terkadang, Elang Setiwel ini berburu bersama dengan pasangannya.

Elang ini akan makan burung yang ukurannya lebih kecil hingga yang sedang. Diantaranya yaitu merpati, gagak, unggas, serta keluarga burung passerine. Bisa juga makan mamalia seperti tikus, tupai, kelinci, kadal, serta aneka serangga.

Musim Kawin Elang Setiwel

Pada saat sedang musim kawin, burung Elang Setiwel tiba, mereka akan menyusun sarang yang terbuat dari ranting-ranting pohon serta daun hijau yang ditempatkan di dekat batang atau di cabang utama pohon.

Terkadang juga didekatkan di tebing, maupun di pohon atau semak yang tumbuh di tebing. Burung ini juga kerap menggunakan sarang lama yang asalnya dari spesies lain, termasuk burung gagak, dan juga burung kuntul.

Pada umumnya menghasilkan 2 butir telur (kadang-kadang 1 atau terkadang juga 3). Telurnya yang berwarna putih kusam atau putih kehijauan, selanjutnya ada tandanya dengan bintik-bintik beraneka warna cokelat. Lalu untuk satu kopling diletakkan per tahun.

Tinggalkan Komentar