Mengetahui Jenis Burung Elang Brontok atau Changeable Hawk Eagle

Elang Brontok termasuk salah satu jenis burung pemangsa yang merupakan anggota dari suku Accipitridae. Tak hanya dikenal dengan sebutan brontok, burung ini juga populer dengan nama Changeable Hawk eagle (CHE). Burung Elang Brontok ini memiliki nama ilmiah Spizaetus cirrhatus.

Elang Brontok memang termasuk penjelajar yang luas, sebab burung Elang ini bisa anda temui mulai dari kawasan Asia selatan di India dan Sri Lanka, tepi tenggara Himalaya, selanjutnya ke timur serta di bagian selatan melintasi Asia Tenggara sampai dengan ke Filipina dan Indonesia.

Lalu, jika di wilayah Indonesia, burung Elang ini dapat anda jumpai di daerah Pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, dan juga bisa dijumpai di kawasan Sunda Besar. Burung ini juga masuk pada kelompok jenis burung pemangsa yang ukurannya besar. Jenis burung Elang Brontok ini juga ada beberapa.

Jenis Burung Elang Brontok

Mengetahui Jenis Burung Elang Brontok atau Changeable Hawk Eagle
flickr.com

Harus anda tahu, apabila burung Elang ini merupakan salah satu jenis elang yang ukurannya besar (Indonesia) yang memiliki panjang tubuh 60 – 72 cm. Yaitu apabila diukur dari ujung paruh hingga ujung ekor sekitar.

Burung ini juga memiliki rentang sayang kurang lebih sekitar 127 sampai dengan 138 cm dan berat tubuh kurang lebih 1.2 to 1.9 kg. Jenis burung Elang Brontok ini terdapat 3 jenis.

1. Elang Brontok Hitam

Elang brontok hitam adalah jenis Elang Brontok yang juga sering disebut changeable hawk eagle dark morph atau CHE-DM. Sedangkan dalam warna dari elang CHE-DM pada waktu usia anakan yang dinamakan dengan brancher berwarna cokelat tua hingga usia juvenil (mabung).

Pada saat memasuki usia mature yang telah dewasa Elang ini berubah menjadi hitam. Untuk perbedaan Elang Brontok Hitam dengan Elang Hitam ini berada pada pangkal paruh dari kedua jenis elang tersebut.

2. Elang Brontok Putih

Burung Elang Brontok Putih
flickr.com

Elang Brontok Putih juga disebut dengan changeable hawk eagle light morph atau CHE-LM. Untuk warnanya bentuk yang normal yaitu dengan warna coklat yang ada di sebelah atas.

Lalu untuk warna putih berada di sisi bawah tubuh serta pada bagian ekor yang coklat kemerahan. Yaitu dengan garis-garis hitam yang melintang di bagian sayap serta pada bagian ekor yang tampak jelas pada saat terbang.

Lalu ada juga coret-coret membujur berwarna hitam pada bagian leher serta bercak-bercak kecoklatan di dada. Jenis burung Elang Brontok ini hampir sama dengan Elang Flore (flores hawk eagle) serta Elang Sulawesi.

3. Elang Brontok Cokelat

Elang Brontok Cokelat biasa disebut dengan changeable hawk eagle pale morph atauCHE-PM. Sedangkan pada warna dari elang CHE-PM hampir sama dengan CHE-LM akan tetapi warna lebih kusam.

Perkembangbiakan Elang Brontok

Elang brontok termasuk salah satu jenis Elang yang biasa hidup soliter serta akan tampak berpasangan ketika dia memasuki musim kawin. Kurang lebih antara bulan April sampai dengan Agustus atau Oktober.

Setelah itu akan bertelur di pohon yang tinggi serta terbuat dari ranting-ranting. Dalam perkembangbiakannya akan mempunyai satu butir telur. Telurnya memiliki warna putih yang terdapat bintik kemerahan.

Lalu untuk indukan Elang Brontok tersebut akan mengasuh anaknya hingga usianya 6 bulan. Elang ini juga kerap di daerah terbuka, diantaranya di padang rumput, hutan savanna, serta di jenis hutan terbuka lainnya.

Burung ini juga mempunyai kemampuan terbang yang cukup baik dan sangat tinggi. Makanan jenis burung Elang Brontok ini berupa mamalia keci, reptil sampai ayam hutan.

Tinggalkan Komentar