Ciri Ciri Burung Perkici Pelangi dan Daerah Persebarannya

Burung Perkici merupakan jenis burung paruh bengkok yang memiliki warna indah.

Sebab warna bulunya yang terdiri dari beberapa jenis warna yang agak gelap dengan corak yang lain dengan jenis burung ocehan lainnya.

Burung paruh bengkok yang cantik ini sudah banyak dipelihara oleh para pecinta burung kicauan di rumahnya.

Daerah Persebaran Burung Perkici Pelangi

Burung Perkici Pelangi adalah burung yang ciri ciri nya memang indah sekali. Dan daerah persebarannya juga hanya terbatas di wilayah Indonesia serta Australia saja.

Burung ii di Indonesia tersebar sebagian besarnya di wilayah timur dan ada juga di arah barat mulai dari Jawa, Bali, Sulawesi, Maluku, Papua, Nusa Tenggara.

Burung Perkici Pelangi ini juga banyak menyebar di bagian timur Indonesia, dan ada yang memanggilnya dengan Kwiesier dan Pirihu.

Ciri Ciri Burung Perkici Pelangi

Ciri Ciri Burung Perkici Pelangi
Ciri Ciri Burung Perkici Pelangi

Adapun ciri ciri burung perkici pelangi ini memiliki ukuran tubuh yang lumayan besar dengan panjang hingga mencapai 30 cm.

Pada warna bulunya juga memiliki corak yang terdiri atas lima jenis warna. Antara lain yaitu biru tua, merah, hitam, hijau tua, serta warna kuning.

Warna biru tua juga terlihat menutupi bagian mahkota kepala serta area kedua pipinya.

Sedangkan untuk warna merah terlihat di bagian paruh, punggung yang seperti garis tipis, dada, serta pada bagian pangkal perutnya.

Lalu untuk warna hitam juga tampak di bagian bawah kepala, tenggorokan, dada yang seperti garis-garis, serta bagian perutnya.

Warna hijau juga bisa dilihat menutupi area tengkuk, punggung, sayap, ekor, sampai bagian perutnya.

Kemudian untuk warna kuning ada di bagian bawah kepala dekat tengkuk serta di sekitaran bawah perut dan juga di dekat kakinya.

Dibagian kepala ada yang seperti duri kecil dan paruh bengkoknya tampak panjang dan besar.

Untuk bagian matanya juga berwarna hitam yang mana iris berwarna merah dan berukuran tidak terlalu besar yang berbentuk bulat.

Bagian ayapnya agak besar dan panjang hingga ujungnya menyentuh pangkal ekornya.

Kaki nya berukuran agak panjang dan berwarna hitam kecokelatan dan kukunya tampak sedang.

Perilaku Burung Perkici Pelangi

Perilaku Burung Perkici Pelangi
Perilaku Burung Perkici Pelangi

Burung perkici pelangi pada umumnya mendiami area hutan hujan yang cukup lebat dan habitat terbuka yang masih ditumbuhi pepohonan.

Dan pada saat mencari makanan pada saat siang hari, burung ini kerap bergerak dalam bentuk kelompok yang jumlah kawanannya bisa mencapai 5 hingga 20 ekor.

Jenis burung ini makan berbagai jenis makanan mulai dari buah-buahan, nektar bunga, getah pohon, biji-bijian, kemudian juga menyantap serangga.

Kemudian burung Perkici Pelangi juga mempunyai sifat agresif pada burung lain yang mencoba mendekati area tempatnya mencari makanan dan mendekati sarangnya.

Bahkan jika didekati burung ini bisa langsung menyerang hingga burung lain tersebut pergi dari daerah kekuasaannya.

Suara Burung Perkici Pelangi

Ciri ciri burung Perkici Pelangi jika dilihat dari suaranya yaitu terdengar agak melengking dengan volume yang lumayan tinggi namun terdengar datar.

Tak hanya itu saja, burung Perkici Pelangi juga kerap terdengar berisik pada waktu mengeluarkan kicauannya.

Namun untuk nada kicauannya tidak semerdu jenis burung Perkici lainnya yang biasanya mempunyai kicauan bervariasi dan cukup nyaring.

Meskipun suara kicauan burung Perkici Pelangi ini masih terdengar kurang nyaring dan agak monoton, namun tetap banyak yang suka dengan burung ini untuk dijadikan burung peliharaan.

Sebab burung ini memiliki corak warna bulunya yang dihiasi oleh variasi warna cerah dan terang.

Tinggalkan Komentar