Mengetahui Ciri Khas Burung Elang Emas (Aquila chrysaetos)

Burung Elang emas adalah salah satu jenis burung pemangsa yang juga merupakan jenis burung Elang terbesar di dunia. Untuk burung Elang ini salah satu dari keluarga Accipitridae dan genus Aquila yang nama ilmiahnya yaitu Aquila chrysaetos.

Walaupun untuk jenis Elang berukuran besar, akan tetapi jenis burung Elang ini adalah burung Elang yang paling cepat di dunia. Ketika terbang kecepatannya mencapai 320 km/jam, namun masih kalah dengan alap-alap kawah yang memang merupakan jenis burung tercepat di dunia.

Untuk daerah teritorial dari burung Elang Emas ini yang paling luas yang mencapai sekitar 56 km2 yang digunakan untuk mencari mangsa . Diantaranya seperti kelinci, marmut, tupai tanahdan masih bayak lagi tang lainnya.

Ciri Khas Burung Elang Emas

Ciri Khas Burung Elang Emas
hbw.com

Ciri khas burung Elang Emas ini yaitu dengan ukuran mulai 66 sampai dengan 102 cm dari ujung paruh hingga pada bagian ujung ekor. Untuk ciri khas burung Eang Emas yang lainnya yaitu memiliki rentang sayap berkisar antara 180 sampai 230 cm.

Yang mana dengan berat tubuh kurang lebih sekitar 2,8 sampai dengan 4,5 kg untuk yang berjenis kelamin jantan. Sedangkan untuk jenis burung pemangsa berat tubuh elang emas yang betina sekitar 3,7 sampai 6,6 kg.

Ciri khas burung Elang Emas selanjutnya yaitu mempunyai corak bulu yang warnanya coklat gelap serta bercorak emas di bagian kepala sampai dengan bagian leher. Kemudian untuk yang di bagian ekor elang remaja, ada warna putih sekitar sepertiga dari pangkal ekor.

Terkadang untuk burung Elang yang remaja, ada juga warna putih yang ada di luar dan dalam pada bulu sayap sekunder yang membentuk corak seperti halnya bulan sabit.

Untuk burung Elang Emas ini mempunyai paruh yang tebal dan besar yang berwarna hitam dengan warna kuning yang ada di bagian hidung.

Dan untuk bagian kaki juga ditumbuhi denggan bulu dari paha sampai dengan bagian pergelangan kaki. Elang emas juga memiliki bagian kaki yang besar dengan dilengkapi cakar yang panjang, tebal, serta kuat.

Ciri khas burung Elang Emas lainnya yaitu pada jari kaki berwarna kuning yang ukuran jarinya dapat sebesar jempol orang dewasa. Kaki yang besar dan cakar yang tajam ini dimanfaatkan untuk memakan hewan yang ukurannya bahkan dikatakan lebih besar dari tubuhnya, misalnya saja seperti serigala, domba, serta rusa.

Habitat Elang Emas

Habitat Elang Emas
flickr.com

Jenis burung Elang ini juga gampang sekali beradaptasi di habitat yang baru, namun kerap berada di daerah dengan beberapa karakteristik ekologi yang sama. Elang Emas ini sering dijumpai di Eropa, Asia, Afrika Utara serta di Amerika Utara.

Perlu anda tahu, jika jumlah terbesar dari burung Elang Emas ini bisa dijumpai di daerah pegunungan. Burung ini juga sering berburu dan bersarang di pohon besar dan tebing pegunungan.

Akan tetapi, mereka tidak sepenuhnya terikat di kawasan ketinggian tinggi. Sebab, untuk jenis burung ini dapat berkembang biak di dataran rendah.

Kebiasaan Elang Emas

Seperti halnya jenis burung pemangsa yang lainnya, burung Elang Emas atau Golden Eagle kerap memangsa mamalia kecil. Atau makan jenis burung, bahkan terkadang memangsa binatang yang ukuran tubuhnya lebih besar.

Sebab ukuran tubuhnya yang besar, untuk burung pemangsa ini juga tidak jarang memangsa rusa. Kemudian juga memangsa kambing yang jelas – jelas ukurannya lebih besar jika dibandingkan ukuran burung tersebut.

Hal ini bisa terjadi sebab di dukung oleh faktor kecepatan dan juga faktor kekuatan cakarnya yang kuat serta naluri pemburunya yang dinilai sangat hebat.

Tinggalkan Komentar