Mengetahui Cara Operasi Kista Pada Burung Kenari

Cara operasi kista pada burung kenari perlu anda lakukan, jika mendapati burung kenari peliharaan anda terkena kista.

Jika anda melihat seperti halnya benjolan besar yang bentuknya bulat atau memanjang yang tumbuh di bagian tubuh burung kenari anda sebaiknya waspada.

Sebab bisa jadi benjolan itu merupakan penyakit kista. Untuk jenis penyakit kista gampang dikenali, sebab gejalanya secara fisik bisa terlihat jelas.

Sebenarnya penyakit ini juga sering menyerang pada burung kicauan lainnya, akan tetapi, seringkali burung kenari ini yang paling banyak terserang.

Namun, jangan khawatir jika kenari anda terkena penyakit ini. Sebab kista tidak punya efek kematian secara langsung.

Dan bila kista dibiarkan begitu saja, benjolan yang ada di tubuh burung kenari itu lama-kelamaan bisa jadi mengering.

Namun, jika tidak segera dihilangkan kadang tumbuh besar dan bisa mengganggu burung kenari peliharaan anda itu.

Cara Operasi Kista pada Burung Kenari dan Pencungkilan

Cara Operasi Kista Pada Burung Kenari
Cara Operasi Kista Pada Burung Kenari

Menunggu benjolan yang besar tersebut untuk mengering memang perlu waktu yang lama. Jadi, perlu dilakukan pengobatan penyakit kista untuk mempercepat penyembuhannya.

Ada dua cara yang bisa anda coba lakukan, yaitu dengan cara pencungkilan dan metode pembedahan. Cara operasi kista pada burung kenari tidaklah sulit.

Metode Pencungkilan

Metode pencungkilan bisa anda lakukan jika benjolan penyakit kista yang tumbuh suda tampak hampir keluar dari kulitnya, atau seperti akan pecah.

Cobalah untuk menyentuh benjolan, lalu cobalah untuk sedikit menekan. Anda juga dapat memanfaatkan kuku jari yang sedikit panjang di dalam mencungkil benjolan kista itu sampai keluar dari kulitnya.

Sesudah keluar, maka dapat dipastikan bekas benjolan pada kulit kenari akan keluar darah yang lumayan banyak.

Agar pendarahannya bisa berhenti, dan untuk menghindarkan terjadinya infeksi kulit, dianjurkan di kulit bekas benjolan tadi dioleskan menggunakan obat merah (yodium tenture).

Cara Operasi Kista pada Burung Kenari

Cara operasi kista pada burung kenari bisa dilakukan saat benjolan yang tumbuh pada kulit kenari terlihat sudah menumpuk di bawah kulit.

Apabila ciri-ciri  penyakit burung kenari itu sudah tampak, jadi harus dilakukan teknik pembedahan untuk mengeluarkan beberapa benjolan yang sudah menumpuk di kulit kenari itu. membikin

Anda bisa lakukan dengan membuat sayatan kecil di benjolan kulit kenari supaya benjolan dalam kulit dapat diangkat keluar.

Pembedahan Kista Pada Burung Kenari
Pembedahan Kista Pada Burung Kenari

Untuk melakukannya, anda butuh beberapa alat seperti pisau atau cutter, obat merah atau betadine, alkohol, pinset maupun penjepit. Selain itu siapkan juga kain untuk mengelap luka.

Pertama buat sayatan kecil dengan pisau atau cutter di bagian kulit benjolan kista di bagian atas, lakukan pada kulit yang terlihat sudah mengering.

Sayatannya bisa anda buat memanjang suapaya memudahkan pengeluaran isi benjolan.

Akan tetapi jika tidak memungkinkan anda bisa membuat sayatan bentuk menyilang.

Setelah itu , ambil pinset atau penjepit untuk membuka kulit tadi supaya sedikit melebar, namun jangan terlalu dipaksakan.

Anda bisa membukanya dengan perlahan.

Selanjutnya jika telah tampak ada rongga yang cukup untuk mengeluarkan benjolan kista itu, segera keluarkanlah isi benjolan kista menggunakan jari yang menekan mendorong keluar.

Sesudah isi keluar, biasanya darah juga banyak kelua, maka obati dengan obat luka pada umumnya.

Tunggu hingga beberapa hari ke depan, jika cara operasi kista pada burung kenari yang anda lakukan tidak bersih bisa timbul kista lagi. Sehingga dalam melakukan operasi kista pada burung kenari tersebut harus dilakukan sampai bersih.

Tinggalkan Komentar