Home » Kabar Burung » Mengetahui Cara Merawat Indukan Kenari Sebelum Dikawinkan

Mengetahui Cara Merawat Indukan Kenari Sebelum Dikawinkan

Untuk anda semua yang merupakan pecinta burung Kenari, tentu saja ingin burung kenari peliharaannya bisa sehat dan cepat dikawinkan. Hal ini memang diilai sangat wajar, sebab para pemelihara ingin burungkenarinya segera memberikan keturunan.

Dan setelah mendapatkan keturunan baru dilatih supaya bisa menjadi burung kicauan terbaik. Namun, sebelum dikawinkan indukan burung kenai harus diberikan perawatan tersendiri.

Sebelum mempersiapkan proses perkawinan, sebaiknya anda telah tau mana burung Kenari yang stelah birahi atau yang belum birahi. Supaya bisa tau burung Kenari siap kawin atau belum yaitu dengan cara melihat sarang burung Kenari.

Sebelum kawin nantinya, burung Kenari yang berjenis kelamin betina akan menjadikan sarang. Apabila, sarang tersebut belum rapi bisa diartikan jika burung kenari tersebut belum siap kawin.

Akan tetapi, jika sarang sudah rapi berarti burung Kenari tersebut bisa dikatakan sudah siap kawin. Untuk burung Kenari yang berjenis kelamin jantan, pada umumnya sering berkicau atau gacor serta sering terlihat menabrakkan diri ke jeruji sangkar.

Supaya kedua pasangan burung Kenari tersebut bisa meningkat, anda bisa melakukan beberapa cara yang mudah. Pertama, sebaiknya anda bisa sering menjemur burung Kenari betina, terutama pada saat pagi hari.

Waktu penjemuran yang yang baik yaitu dilakukan pada pukul 07.00 sampai dengan pukul 09.00. Penjemuran ini bisa menjadikan burung Kenari betina lebih cepat birahi.

Nah, selain itu sebaiknya anda jangan lupa untuk menambahkan multivitamin pada asupan makanannya. Tujuannya yaitu untuk merangsang birahi dari burung.

Cara Merawat Indukan Kenari Sebelum Dikawinkan

burungkicau.net

Tak hanya itu saja, sebaiknya anda juga bisa mengerti calon indukan untuk ternak burung Kenari yang baik untuk keturunannya nantinya. Guna mengetahui calon indukan yang baik ini juga cukup mudah.

Jadi, anda semua tinggal memilih keturunan burung kenari yang berasal dari indukan berkualitas. Selanjutnya, pastikan jika burung tersebut belum pernah melakukan reproduksi atau kawin. Berikut ini adalah cara merawat indukan kenari sebelum dikawinkan.

Indukan Diusahakan Sehat

Kesehatan dari dua indukan burung Kenari harus selalu dijaga sebelum kawin. Selanjutnya, anda harus bisa mengetahui bagaimana indukan burung Kenari yang sehat.

Untuk ciri khas dari burung Kenari yang sehat yaitu tampak lincah, mata bersinar. Selain itu juga tidak ada kotoran yang menempel pada bagian dubur. Biasanya burung tersebut juga rajin gacor (pejantan). Selanjutnya kenari juga tidak obesitas atau kegemukan.

Burung Kenari Terbebas dari Kutu

wikicau.com

Cara merawat indukan burung Kenari sebelum dikawinkan yaitu diusahakan burung Kenari jantan dan betina harus terbebas dari kutu. Jika kutu-kutu yang bersarang tadi dibiarkan, bisa saja menggerogoti tubuh burung tersebut.

Pemangkasan Bulu sekitar Kloaka

Bulu-bulu halus yang ada pada sekitar kloaka sebaiknya dipangkas terlebih dahulu supaya proses kawin bisa berjalan dengan sempurna. Karena jika anda tidak memangkasnya, bulu tersebut dapat menghalangi proses perkawinana antara kedua indukan burung Kenari.

Pemotongan Kuku Burung Kenari yang Panjang

Seiring bertambahnya usia, bagian kuku burung Kenari akan semakin panjang. Maka dari itu, sebelum kawin, sebaiknya anda memotongnya. Hal ini bisa dilakukan untuk mewaspadai adanya pasangan burung Kenari yang terluka dikarenakan bagian kuku yang panjang.

Kedua burung Kenari Harus Birahi

Sebelum dikawinkan, sebaiknya anda juga harus memastikannya jika kedua burung Kenari tersebut harus sudah birahi. Karena, jika hanya salah satu pasangan yang birahi, maka pembuahan bisa menjadi sulit terjadi.

Tak hanya itu saja, proses kawin dengan salah satu pasangan yang birahi akan menjadika kemungkinan kegagalan lebih besar. Cara merawat indukan Kenari sebelum dikawinkan ini harus dilakukan dengan baik dan benar.

Tinggalkan Komentar