Mengetahui Ciri Ciri Penyakit Patek Pada Lovebird

Avian pox adalah jenis penyakit yang lebih dikenal dengan cacar unggas atau patek. Patek merupakan salah satu jenis penyakit yang menyerang pada puluhan spesies unggas.

Sekiranya sudah ada 60 jenis unggas yang dilaporkan pernah terserang penyakit avian pox. Dari ayam, kalkun, burung hantu, burung predator (elang), kenari dan jenis burung finch lainnya, lovebird, dan puluhan jenis burung kicauan.

Serangan penyakit patek ini bisa terjadi sepanjang tahun. Dengan demikian harus diwaspadai khususnya oleh para penangkar burung.

Walaupun tidak menular pada manusia, akan tetapi penyakit patek pada burung ini bersifat menular terhadap sesama burung yang ada di sekitarnya.

Apabila burung peliharaan anda terkena patek khususnya lovebird, maka anda harus segera memberikan solusi agar tidak sampai lovebird anda mati.

Patek bisa menggerogoti bagian tubuh lovebird yang ditempelinya. Apabila penyakit ini melekat pada kaki, maka pada akhirnya kaki tersebut dapat patah dan lunak. Sebab telah temakan oleh jamur patek.

Apabila terletak pada paruh maka akhirnya paruh itu akan terlepas serta bisa sampai terpotong. Penyakit ini memang cukup berbahaya dan menular.

Jadi apabila anda melihat salah satu burung anda terkena penyakit patek, langsung saja anda berikan penanganan dengan benar dan dijauhkan dari burung lovebird lainnya supaya tidak menular.

Ciri ciri Penyakit Patek Pada Lovebird

Ciri ciri Penyakit Patek Pada Lovebird 
Ciri ciri Penyakit Patek Pada Lovebird

Untuk ciri ciri penyakit patek pada lovebird ini pada bagian tubuhnya baik itu pada kaki, tubuh, maupun paruhnya terdapat bintih-bintik merah.

Terkadang juga mengenai pada daerah mata yang mudah terlihat. Ciri ciri penyakit patek pada lovebird juga ada benjolan seperti bisul dan berwarna hitam pada bagian patek tersebut.

Penyakit patek tidak hanya menyerang mata saja, akan tetapi seluruh bagian dari tubuh burung lovebird. Awalnya penyakit ini akan menempel di bagian tubuh burung yang tidak berbulu dan dengan sangat cepat bisa menyebar ke area lainnya apabila tidak langsung ditangani dengan benar.

Apabila anda melihat adanya benjolan yang tampak seperti bisul yang tampak menempel di area sekita mata lovebird, kemudian anda tidak melihat mata lovebird berair atau mengeluarkan kotoran putih, maka bisa dipastikan jika lovebird anda terserang penyakit patek.

Jenis Patek Pada Lovebird

Jenis Patek Pada Lovebird
Jenis Patek Pada Lovebird

Jenis penyakit lovebird yang berupa patek ini juga ada dua macam, diantaranya patek kering dan patek basah. Jika patek kering tidak begitu bahaya dan dapat di atasi dengan mudah.

Namun jika jenis patek basah ini bisa berbahaya dan sulit di atasi. Tandanya jika patek basha pada bagian tubuh lovebird yang terkena patek ini akan tampak basah dan juga berair.

Apabila tidak segera anda tangani dengan sebaik mungkin, dari berbagai pengalaman, maka burung anda yang terserang penyakit patek ini tidak akan bertahan lebih dari 40 hari.

Penyakit patek yang menyerang unggas ini memang terbilang ganas dan juga menular. Biasanya penyakit ini diakibatkan oleh bakteri yang menyerang tubuh burung pada waktu keadaan burung sedang lemah.

Pada umumnya penyakit patek akan menyerang burung yang baru berpindah tempat dari tempat yang bersih menuju ke tempat yang keadaannya kotor.

Penyakit patek ini jika dibiarkan membuat burung meninggal jika tidak segera diatasi. Jadi dari waktu ke waktu, patek akan masuk pada bagian tubuh yang dalam serta menyebar pada bagian tubuh lain.

Misal pada mulanya hanya terkena di bagian mata, kedepannya bisa jadi menular kebagian tubuh seperti pada bagian kaki, paruh, sayap, dan juga bagian tubuhnya.

Komentar Facebook

Komentar Blog