Cara Merawat Burung Branjangan Agar Bisa Gacor

Para pecinta burung kicauan pastinya ingin burung peliharaannya bisa sehat dan gacor. Melatih burung branjangan agar dapat cepat gacor memang butuh kesabaran dan ketelatenan.

Anda dapat melakukan beberapa hal mulai dari perawatan harian burung , makanan tambahan dan masih banyak lagi. Tak hanya itu saja, anda juga harus melatih mastering dengan memakai burung kicau lain agar burung tersebut dapat gacor. Salah satu jenis burung kicau tersebut adalah burung branjangan.

Banyak pecinta burung kicau yang merasa kesulitan merawat burung branjangan sampai bisa rajin bunyi serta bisa memiliki suara ngeplong.

Merawat Burung Branjangan
Merawat Burung Branjangan

Biasanya, permasalahan itu dialami para pemula yang belum begitu mengerti bagaimana cara merawat burung branjangan yang tepat dan benar. Burung branjangan termasuk salah satu spesies anggota keluarga Alaudidae.

Burung branjangan juga punya tubuh yang cukup mungil yaitu sekitar 10 cm hingga 14 cm yang menjadikannya begitu lincah. Walaupun burung ini ukurannya kecil, akan tetapi burung branjangan kerap ikut serta dalam perlombaan.

Selain itu juga sering menjadi master untuk burung lain. Burung ini punya suara kicauan yang nyaring dan juga cukup bervariasi.

Walaupun demikian, banyak pecinta burung kicau yang kesulitan dalam merawat branjangan. Terlebih lagi menjadikannya rajin bunyi dengan suara kicauan yang lantang.

Merawat Burung Branjangan Cepat Gacor

Supaya cepat gacor anda dapat melatihnya menggunakan burung lain atau bisa juga melalui MP3. Selain itu terdapat beberapa hal lain yang perlu diperhatikan.

Dilakukan penjemuran setiap hari serta pemberian makanan yang teratur dan juga penambahan makanan ekstra. Anda juga dapat memandikannya pada saat cuaca panas sebab burung ini tergolong burung yang cukup aktif.

Sangkar Burung Branjangan

Sangkar Burung Branjangan
Sangkar Burung Branjangan

Di alam liar burung ini termasuk jenis burung yang begitu lincah serta gemar terbang. Maka dari itu lebih baik tempatkan burung branjangan pada sangkar yang dengan ukuran besar serta berikan juga pohon-pohon kecil dan kerikil dibagian bawah.

Makanan

Hal pertama yang harus anda perhatikan tentang cara merawat burung branjangan supaya rajin bunyi serta cepat ngeplong yaitu memberikan beberapa jenis pakan / bervariasi setiap harinya.

Anda bisa menggantung seikat padi merah pada sangkarnya. Apabila sulit memperoleh padi merah, bisa juga memakai padi biasa atau padi putih.

Atau berikanlah racikan pakan bijian dengan komposisi seperti milet putih, beras merah, jewawut, ketan hitam, godem, dan juga gabah.

Campuran bijian itu dipercaya bisa menjadikan branjangan makin aktif dan juga bisa rajin berbunyi. Selain pakan utama biji-bijian, burung branjangan juga harus memperoleh pakan tambahan dari jenis serangga. Hal ini bisa memancing burung agar lebih rajin bunyi.

Perawatan Harian

Pada saat agi hari pukul 06.30 hingga pukul 07.00 burung branjangan diangin-anginkan. Dapat anda letakkan di teras maupun di samping rumah, dapat juga digantung dimana saja.

Sesudah burung ini dianginkan, mandikan burung dengan metode semprot. Pakailah shampo khusus burung. Burung branjangan merupakan burung yang gemar mandi pasir jadi bulunya sering kotor.

Jemur serta berikan makanan ekstra yang berupa jangkrik 2 / 3 ekor. Atau berikan juga kroto sebanyak 1 sendok teh saja. Menjemur burung tidak usah terlalu lama, 1-2 jam saja sudah cukup. Selanjutnya angin-anginkan selama kurang lebih 10 hingga 15 menit.

Sesudah diangin-anginkan, gantangkan burung pada tempat yang teduh, dapat ditaruh di dalam rumah. Saat siang hari pukul 12.00 hingga pukul 15.00 sore dengarkan burung suara master.

Suara master yang cocok untuk perawatan burung branjangan yaitu suara burung kenari, suara burung prenjak, suara burung gereja, suara jangkrik, serta suara burung tengkek.

Dan saat sore hari pada pukul 16.00 anginkan lagi burung branjangan tersebut di teras maupun di tempat lain. Sambil diangin-anginkan tersebut burung dapat anda berikan jangkrik 2 ekor. Pada waktu menjelang magrib burung dapat diperdengarkan suara master.

Lalu saat malam hari burung tidak harus dikerodong, namun jika cuaca dingin serta banyak burung / binatang pengganggu lebih baik dikerodong saja.

Tinggalkan Komentar