Cara Mengetahui Ciri Ciri Burung Branjangan Jantan

Burung kicauan yang ada di alam ini memang sangt banyak dan juga bervariasi. Tiap-tiap jenisnya juga memiliki keunikan dan keunikan tersendiri. Selain itu, berbagai jenis burung kicauan tersebut juga memiliki jenis pakan yang berbeda.

Salah satu jenis burung kicaun yang perlu anda ketahui yaitu burung Branjangan. Burung Branjangan merupakan salah satu jenis burung pemakan biji-bijian yang memiliki keistimewaan. Kicauan burung ini jug berkualitas jika dipelihara dengan baik.

Pada umumnya burung Branjangan yang memiliki kicauan yang berkualitas yaitu burung Branjangan yang berjenis kelamin jantan. Bagi anda yang ingin memelihara jenis burung ini, maka sebaiknya anda harus bisa memilih burung Branjangan yang berjenis kelamin jantan.

Ciri Ciri Burung Branjangan Jantan

Ciri Ciri Burung Branjangan Jantan
omkicau.com

Untuk pecinta burung kicauan yang masih pemula, banyak juga yang masih belum mengetahui perbedaan ciri ciri burung Branjangan jantan dan yang berjenis kelamin betina.

Padahal apabila anda telah dapat membedakan jenis tersebut, maka bisa menentukan seperti apa cara untuk menentukan mana yang akan dimanfaatkan sebagai indukan.

Perlu anda kethui, jika dilihat dari sekilas untuk burung Branjangan jantan ini pada umumnya lebih cerewet suaranya dan suka gacor dari pada dengan burung Branjangan yang berjenis kelamin betina.

Tak hanya itu saja, ada juga beberapa perbedaan lain yang dapat digunakan untuk pedoman membedakan antara ciri ciri burung Branjangan jantan. Dengan demikian bisa menjadikan para penggemarnya merasa kebingungan.

Hal tersebut dikarenakan apabila secara fisik antara burung Branjangan betina dan yang berenis kelamin jantan memiliki bentuk yang hampir sama. Entah itu jika dilihat dari warna bulu, ukuran tubuh, paruh dan bagian yang lainnya.

Perbedaan Burung Branjangan Jantan dan Betina

Berikut ini adalah perbedaan antara burung Branjangan yang berjenis kelamin jantan dan yang berjenis kelamin betina :

Warna Bulu

Ciri ciri burung Branjangan jantan diantaranya memiliki bulu yang terlihat lebih mengkilap jika dibandingkan dengan burung Branjangan yang berkenis kelamin betina yang bulunya terlihat kusam.

Ukuran Jambul

Tak hanya itu saja, pada ukuran jambul dari burung Branjangan yang berjenis kelamin jantan juga lebih panjang dari pada yang dimiliki oleh burung Branjangan yang berjenis kelamin betina. Akan tetapi jika masih muda memang cukup sulit untuk membedakannya.

Suara

Jika dilihat dari segi suara burung Branjangan yang berjenis kelamin jantan ini juga lebih ngerol dan juga bisa lebih gacor jika dibandingkan yang berjenis kelamin betina yang kurang bervariasi dan juga sering terputus-putus.

Paruh

Burung Branjangan Jantan
memelihara.com

Untuk bagian paruh burung Branjangan yangb berjenis kelamin jantan ini mempunyai ciri khas sedikit terang yang ada di bagian bawah. Kemudian untuk yang berjenis kelamin betina cenderung gelap dengan warna hitam yang sedikit kecokelatan.

Mata

Untuk bagian mata dari burung Branjangan yang berjenis kelamin jantan juga lebih tajam dan terdapat bulu halus yang berwarna hitam.

Bulu Dada

Burung Branjangan yang jenis kelaminnya jantan ciri khasnya bulu dada yang lebih halus dan mengkilap dari pada bulu dada yang dimiliki oleh burung yang betina.

Ekor

Sedangkan untuk bagian ekor burung Branjangan yang berjenis kelamin jantan lebih mekar dan juga terlihat lebih terbuka.

Anakan

Apabila masih dalam usia anakan, ciri ciri burung Branjangan jantan yaitu memiliki kepala yang ukurannya lebih besar dari pada dengan burung Branjangan yang berjenis kelamin betina.

Dengan mengetahui ciri ciri burung Branjangan jantan dan betina, anda bisa dengan mudah memilih burung Branjangan yang jenis kelamin jantan untuk anda pelihara.

Tinggalkan Komentar