Cara Membuat Burung Branjangan Ngeplong dan Gacor

Banyak sekali jenis burung kicauan yang bisa kita jumpai di dunia ini. Dari berbagai jenis burung kicau tersebut, ada satu burung yang memiliki banyak penggemar dikarenakan keunikan yang dimiliki.

Burung tersebut adalah burung branjangan. Burung branjangan memang banyak digemari karena memiliki keunikan dibandingkan dengan jenis burung kicauan yang lainnya.

Jenis burung ini karakternya juga sama dengan burung anis merah. Kicauan dari burung branjangan ini juga merdu.

Faktor Yang Mempengaruhi Branjangan

Faktor Penyebab Branjangan Macet Bunyi
Faktor Penyebab Branjangan Macet Bunyi

Ada beberapa faktor yang bisa membuat burung branjangan tidak mau berbunyi baik itu gacor atu ngeriwik. Beberapa penyebabnya antara lain :

  • lingkungan dalam kandang
  • Branjangan terkena kutu
  • Makanan yang kurang tepat
  • Kekurangan mineral atau vitamin
  • Burung stress

Branjangan yang malas bunyi terkadang juga diakibatkan oleh faktor lain, misalnya drop mental yang diakibatkan sangkarnya terjatuh.

Bisa juga karena diserang hewan predator yang lainnya. Tak hanya itu saja, kondisi mental yang masih labil khususnya untuk branjangan bakalan juga dapat menjadi salah satu penyebabnya.

Menurut pemelihara atau pecinta burung branjangan, karakter branjangan memang sulit ditebak.

Dengan demikian, Anda harus mengetahui apa yang dapat membuatnya terpancing agar mau bunyi. Tentu saja keberhasilan untuk merawat burung branjangan menjadi tantangan tersendiri untuk para pemiliknya.

Cara Membuat Burung Branjangan Ngeplong

Cara Membuat Burung Branjangan Ngeplong
Cara Membuat Burung Branjangan Ngeplong

Menggantang sangkar di tempat tinggi

Cara membuat burung branjangan ngeplong yaitu dengan menggantangkan pada tempat yang tinggi. Salah satu sifat burung branjangan yaitu senang berada di ketinggian.

Hal itu umunya dilakukan supaya mereka dapat melihat lebih jelas semua daerah kekuasaannya. Kemudian burung itu akan mengamati adanya ancaman dari burung sejenis atau burung predator.

Untuk itu anda bisa coba menggantang sangkarnya pada tempat lebih tinggi jika dibandingkan yang biasanya.

Kurangi jangkrik, tambah ulat hongkong

Selama ini, masih banyak pecinta burung kicau yang menilai ulat hongkong dapat mengakibatkan katarak pada burung. Sebab alasan itulah banyak orang yang banyak sekali memberikan pakan hidup ini pada burung branjangannya.

Pemberian ulat hongkong yang warnanya putih dinilai dapat merangsang branjangan bisa menjadikan rajin bunyi dan mempercepat kondisi ngeplong.

Ganti bubukan batu bata atau pasir secara berkala

Cara membuat burung baranjangan ngeplong yaitu dengan mengganti bubuk pasir secara berkala. Selain itu juga bisa membuat burung tetap sehat dan tidak mudah terinfeksi oleh tungau atau jamur.

Gantilah bahan lama dengan bahan yang baru, minimal satu bulan sekali. Usahakanlah sangkar agar selalu terjaga kebersihannya, khususnya di bagian dasarnya.

Dengan demikian burung akan merasa nyaman jika berada di dalamnya. Perasaan burung yang nyaman akan merangsang burung agar lebih rajin berbunyi.

Memancing bunyi dengan suara burung-burung kecil

Jika branjangan tidak kunjung bunyi meski sudah dipelihara lama, salah satu solusinya yaitu dengan memancingnya dengan suara burung-burung kecil yang bersuara receh. Misalnya saja seperti pleci, burung-madu, dan lain sebagainya.

Anda juga bisa mendekatkan sangkar burung-burung kecil itu pada sangkar burung branjangan, setiap hari. Maka, burung branjangan akan terpancing untuk berbunyi dan memiliki suara ngeplong.

Jemur yang cukup

Burung branjangan adalah jenis burung yang tahan panas. Namun mereka juga tidak akan kuat jika dalam kondisi panas yang berlebihan.

Lakukan sesuatu apabila burung mulai menghindari panas serta bersembunyi di bawah batu tenggeran maupun di tempat pakannya.

Segera ambil kemudian normalkan kondisinya pada tempat yang teduh, kemudian anda bisa mandikan burung baranjangan tersebut.

Tinggalkan Komentar