Mengenal Burung Branjangan Lumpur Australia (Grallina Cyanoleuca)

Para pecinta burung kicauan pastinya sudah mengenal jenis burung kicauan yang bernama burung Branjangan. Burung Branjangan adalah salah satu jenis burung kicauan yang memiliki kualitas kicauan yang bagus.

Kemudian, burung Branjangan juga merupakan jenis burung yang memiliki perilaku yang unik. Karena keunikan dan kualitas suara yang dimilikinya, maka banyak sekali para pecinta burung kicauan yang memelihara jenis burung ini.

Namun, perlu anda ketahui jika jenis burung Branjangan ternyata tidak hanya satu saja. Sebab ada salah satu jenis burung Branjangan yang memiliki keunikan dan berbeda dengan burung Branjangan pada umumnya. Salah satunya yaitu burung Branjangan Lumpur Australia.

Mengenal Burung Branjangan Lumpur Australia

Burung Branjangan Lumpur Australia
flickr.com

Branjangan Lumpur Australia termasuk salah satu jenis burung yang memiliki ciri khas warna pada bagian bulunya yang hitam dan putih. Akan tetapi berbeda dengan burung Kacer. Sebab, Branjangan Lumpur Australia ini juga dikenal dengan julukan burung peewee, peewit maupun jenis burung mudlark.

Untuk jenis burung ini bisa anda jumpai di daerah Australia, Timor leste serta di daerah Papua Nugini bagian selatan. Nama ilmiah dari Branjangan Lumpur Australia ini yaitu Grallina cyanoleuca. Atau jika dalam bahasa inggrisnya disebut dengan magpie-lark.

Perlu anda ketahui, jika sebelumnya burung ini dianggap sebagai anggota keluarga Corcoracidae. Akan tetapi, pada saat tahun 1801 diklarifikasikan pada salah satu anggota yang berasal keluarga Monarchidae serta berasal Genus Grallina.

Untuk burung Branjangan Lumpur Australia ini ciri khasnya memang lain dengan burung Branjangan yang pada umumnya dipelihara oleh para pecinta burung kicauan . Akan tetapi, terdapat warna sepeerti kilau yang berwarna kebiruan yang ada di bagian punggung berwarna hitam.

Sebelumnya juga ada yang menggambarkan jika burung ini termasuk jenis burung yang suka memakan serangga berupa lebah.

Ciri Khas Branjangan Lumpur Australia

Ciri khas burung Branjangan Lumpur Australia diantaranya memiliki ukuran tubuh yang bisa dikatakan sedang. Panjangnya kurang lebih sekitar 25 sampai dengan 30 cm. Lalu untuk berat tubuh Branjangan Lumpur Australia yang berjenis kelamin jantan sekitar 63·9–118 g dan untuk yang berjenis kelamin betina 70 sampai dengan 94·5 g.

Kemudian untuk Branjangan Lumpur Australia yang merupakan jenis neglecta mempunyai berat tubuh kurang lebih sekitar 71 sampai dengan 102 g untuk yang berjenis kelamin jantan. Sedangkan untuk yang berjenis kelamin betina kurang lebih sekitar 60 sampai dengan 90 g.

Selain itu, jenis burung Branjangan ini juga termasuk burung yang memiliki warna bulu motif yang belang. Yang mana dengan perut yang berwarna putih. Kemudian ada juga tanda di muka putih dan hitam.

Untuk Branjangan yang berjenis kelamin jantan beralis putih dan pada bagian tenggorokan yang berwarna hitam. Lalu, untuk bagian dahi, tenggorokan, bercak di telinga, dan juga leher burung betina warnanya putih. Burung muda juga punya alis serta tenggorokan yang warnanya putih.

Kebiasaan Hidup Branjangan Lumpur Australia

Kebiasaan Hidup Branjangan Lumpur Australia
hbw.com

Perlu anda ketahui, jika untuk jenis burung Branjangan ini biasa hidup di atas permukaan tanah. Akan tetapi, burung ini gampang sekali jika dijumpai di daerah Trans-Fly, Pulau Papua. Terlebih lagi pada tipe habitat yang terbuka.

Misalnya saja seperti savana, di sekitaran tepi sungai, dan juga di danau. Pada saat berkembangbiak Branjangan ini akan mebuat dan menyususn sarang yang terbuat dari lumpur berbentuk seperti halnya mangkuk. Sarang tersebut akan digunakan untuk mengerami telur-telurnya hingga proses menetas.

Tinggalkan Komentar